Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Mau Kuliah di Luar Negeri? Yuk Ikuti Tips-Tips Berikut Ini

oleh | Feb 10, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips Kuliah di Luar Negeri – Beberapa pelajar Indonesia banyak yang bermimpi bisa berkuliah di luar negeri. Namun, melanjutkan studi di luar negeri perlu mempersiapkan hal yang banyak. Kamu perlu menyusun rencana yang matang dalam menentukan negara tujuan, kampus, jurusan, serta biaya kuliah.

Memang kuliah di luar negeri ada banyak tantangan. Kamu harus melakukan penyesuaian diri yang tidak mudah. Lingkungan budaya yang berbeda, biaya hidup tinggi, selera makanan yang berbeda, serta musim yang berbeda.

Banyak sekali pelajar yang tertarik ingin kuliah di luar negeri. Selain mendapatkan ilmu juga mendapatkan pengalaman baru di negara orang lain. Salah satu faktornya adalah pengalaman kuliah di luar negeri akan memudahkan para pelajar untuk berkarir.

Jika kamu ingin berkuliah di luar negeri, kamu perlu tahu apa saja persiapannya. Berikut beberapa tips yang bisa disimak bagi kamu yang tertarik kuliah di luar negeri.

Memilih Tujuan Negara, Kampus dan Jurusan

Banyak pertimbangan ketika kamu akan memilih tujuan negara, kampus, dan jurusan di luar negeri yang akan diambil. Kamu perlu melakukan riset terkait bahasa, budaya, negara, dan kebiasaan di negara tersebut. Jangan lupa untuk mencari informasi yang lengkap di website resmi kampus.

Baca juga Ingin Kuliah sambil Kerja? Yuk, Praktikkan Tips-Tips Ini!

Lengkapi Persyaratan Pendaftaran

Setelah mantap memilih negara, kampus, dan jurusan yang diambil, jangan lupa untuk kamu mempersiapkan segala persyaratannya. Persiapkan segala berkas dan persyaratan untuk pendaftaran. Mengenai berkas dan persyaratan yang harus dipenuhi, kamu bisa mengunjungi website resmi universitas yang dituju.

Karena akan memakan proses yang panjang sebaiknya kamu mempersiapkan dari awal. Kamu perlu melengkapi dokumen seperti dokumen kemampuan bahasa asing. Persiapkan juga ijazah yang sudah diterjemahkan di bahasa negara yang ingin kamu tuju.

Mencari Informasi Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Kamu bisa browsing terkait informasi beasiswa kuliah di luar negeri. Persyaratan beasiswa di luar negeri berbeda-beda untuk setiap jenis programnya. Informasi terkait rincian siapa yang menyelenggarakan beasiswa, jumlah beasiswa yang diberikan, serta jumlah biaya yang akan ditanggung.

Persiapkan Dokumen Penting

Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen penting seperti visa dan paspor. Persiapkan dari jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan tiba. Selain itu, jangan lupa membawa dokumen penting lainnya, seperti ijazah.

Sebaiknya kamu menyimpan di dalam satu tempat yang aman. Jadi, kamu tidak perlu bingung dokumen akan tercecer di mana-mana.

Mencari Tiket Pesawat untuk Pulang Pergi

Harga tiket pesawat memang hal yang sangat menguras kantong. Selama kuliah di luar negeri, sebaiknya jangan terlalu sering untuk pulang ke Indonesia. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di sana atau berlibur bersama teman.

Bisa juga habiskan waktu libur untuk part time dan bisa menghasilkan uang tambahan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya tiket. Ketika ingin pulang ke Indonesia kamu bisa browsing harga tiket pesawat yang lebih murah.

Mempersiapkan Biaya Hidup

Melanjutkan studi di luar negeri memang tidak menghabiskan biaya yang sedikit, apalagi biaya hidup di sana lebih banyak. Baik untuk uang makan, uang transportasi, bahkan uang tempat tinggal.

Persiapkan untuk budget yang lebih. Kamu juga bisa berkuliah sambil bekerja tetapi harus pintar membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Kamu bisa mengambil pekerjaan part time karena tidak terlalu mengganggu jadwal kuliahmu.

Menguasai Bahasa Asing

Jangan lupa untuk mengasah bahasa asingmu agar dapat lebih lancar. Kamu bisa belajar sendiri atau mengikuti kursus bahasa asing. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa terlebih jika negara yang kamu tuju bukan menggunakan Bahasa Inggris.

Lebih Banyak Bersosialisasi

Carilah teman-teman sebanyak mungkin. Ikuti juga perkumpulan atau komunitas mahasiswa Indonesia yang kuliah di negera tersebut. Kamu juga bisa menjalin komunikasi dengan teman-teman yang asli tinggal di sana.

Mau Kuliah di Luar Negeri? Yuk Ikuti Tips-Tips Berikut Ini. Sebelum memutuskan kuliah di luar negeri kamu perlu mempersiapkan banyak hal. Semoga artikel di atas dapat memberi kamu tips-tips kuliah di luar negeri.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…