Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Mau Kuliah di UII? Yuk, Simak di Sini Berbagai Jalur Seleksinya!

oleh | Agu 22, 2022 | Blog, PTS | 0 Komentar

Jalur Seleksi UII – Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Kampus ini termasuk perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia. Kampus ini membuka program studi yang telah terakreditasi nasional bahkan internasional, tak heran banyak pelajar yang ingin melanjutkan studi di UII.

Terdapat beberapa pola seleksi masuk UII yaitu Computer Based Test (CBT), Seleksi Berbasis Rapor (Siber), Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), Penelusuran Hafiz Al-Qur’an (PHA), PMB Bersama, dan Paper Based Test (PBT). Bagi kamu yang ingin kuliah di UII, yuk simak jalur seleksinya berikut ini.

Computer Based Test (CBT)

CBT merupakan pola seleksi yang dilakukan secara daring, baik yang dilaksanakan di Sekolah Mitra (beberapa lokasi di luar Kampus Terpadu UII) maupun yang dilaksanakan secara jarak jauh (CBT From Home). Seleksi CBT di Sekolah Mitra diselenggarakan di SMA/MA di beberapa wilayah kota/kabupaten yang menjadi mitra UII sebagai penyelenggara seleksi CBT (test center). Hasil seleksi ini dapat diketahui segera setelah tes selesai.

Ada lima jenis CBT, antara lain:

  • CBT di Kampus UII
  • CBT di Kampus UII Kedokteran
  • CBT di Sekolah Mitra
  • CBT From Home
  • CBT From Home Kedokteran

Seleksi Berbasis Rapor (Siber)

Seleksi ini merupakan pola seleksi penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi berdasarkan nilai rapor siswa (semester 1, 2, 3, 4, dan 5). Caranya dengan mengisi nilai rapor dan unggah dokumen persyaratan lainnya yang diperlukan, lalu melihat pengumuman sesuai jadwal. Seleksi ini terdapat 2 yaitu, Siber Non Kedokteran dan Siber Kedokteran.

Ketentuan syarat tahun kelulusan untuk pendaftar Siber (prodi selain Kedokteran):

  • Siber dibuka untuk pendaftar lulusan SMA/SMK/MA/pondok pesantren tahun 2022 dan sebelumnya (tidak ada batasan tahun kelulusan).
  • Pendaftar Siber yang merupakan lulusan Pondok Pesantren tidak dikenai kewajiban adanya surat keterangan sedang/telah melaksanakan pengabdian.

Persyaratan pendaftar Siber Prodi Kedokteran:

  • Lulusan SMA/MA/pondok pesantren (jurusan IPA) yang lulus pada tahun 2020, 2021, atau 2022.
  • Pada tanggal 31 Agustus 2022 berusia maksimal 21 tahun.
  • Memiliki rapor yang mencantumkan nilai mata pelajaran Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika. Nilai yang digunakan adalah Nilai Pengetahuan.

Pilihan Jalur Siber Prodi Kedokteran:

  • Jalur Reguler: hasil seleksi berdasarkan isian nilai rapor akan menentukan kelulusan dan juga menentukan besarnya Dana Catur Darma. Semakin tinggi skor seleksi berdasarkan isian nilai rapor maka semakin rendah nilai Dana Catur Darma yang diwajibkan.
  • Jalur Mandiri: hasil seleksi berdasarkan isian nilai rapor akan menentukan kelulusan, sedangkan besaran dana Catur Darma ditentukan secara mandiri oleh orang tua/wali pendaftar.

Baca juga Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Penelusuran Pemimpin Muda (PPM)

Seleksi ini merupakan pola seleksi penerimaan calon mahasiswa bagi siswa yang memiliki pengalaman menjadi pengurus organisasi siswa di tingkat SMA/SMK/MA. Pola seleksi ini dengan penilaian potensi calon mahasiswa berdasarkan asesmen nilai rapor dan pengalaman menjadi pengurus organisasi siswa, seperti OSIS, Pramuka, Paskibra, Rohis Sekolah, atau Pengurus Ekstrakurikuler Siswa (Keilmuan, Olahraga, atau Seni).

Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB)

Pola seleksi yang dilakukan untuk memberi kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi di bidang akademik, olahraga, seni, dan budaya tanpa melalui ujian tertulis. Seleksi ini juga ditawarkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T), yang menghendaki masuk pondok pesantren dengan beasiswa, yang menghendaki beasiswa atlet & juara seni, dan/atau berlatar belakang dari keluarga kurang mampu (duafa) dan memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memiliki prestasi akademik yang tinggi untuk menjadi mahasiswa UII.

Penelusuran Hafiz Alquran (PHA)

Seleksi ini merupakan pola seleksi yang ditujukan untuk siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang tinggi dan hafal Al-Qur’an minimal 10 juz. Seleksi ini membuka peluang kuliah bagi para Hafiz dan Hafizah Al-Qur’an lulusan SMA/sederajat melalui pola seleksi dengan proses asesmen berdasarkan nilai rapor dan tes hafalan Al-Qur’an minimal 10 juz serta wawancara.

PMB Bersama

PMB Bersama APTISI V DIY

Seleksi ini merupakan pola seleksi penerimaan calon mahasiswa yang dilakukan melalui proses seleksi pihak ketiga. Keseluruhan proses seleksi dilaksanakan oleh pihak APTISI Wilayah V DIY melalui laman pmb.jogjaversitas.id. Para peserta seleksi diharuskan mengikuti aturan serta prosedur yang ditetapkan oleh pmb.jogjaversitas.id. Hasil akhir seleksi ini akan menentukan penerimaan calon mahasiswa pada suatu prodi di suatu perguruan tinggi yang dipilih.

PMB Bersama BKSPTIS

Seleksi ini merupakan pola seleksi penerimaan calon mahasiswa yang dilakukan melalui Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Keseluruhan proses seleksi dilaksanakan oleh pihak BKSPTIS melalui laman pmb.bksptis.or.id. Para peserta seleksi diharuskan mengikuti aturan serta prosedur yang ditetapkan oleh pmb.bksptis.or.id. Hasil akhir seleksi ini akan menentukan penerimaan calon mahasiswa pada suatu prodi di suatu perguruan tinggi yang dipilih.

Khusus untuk program studi Kedokteran, proses seleksi terdiri atas dua tahap seleksi, yaitu

  1. Seleksi tahap pertama melalui CBT From Home, Siber FK, PSB, atau PHA
  2. Seleksi kedua berupa Ujian Tahap II

Ujian Tahap II (khusus Prodi Kedokteran)

Ujian ini khusus ditujukan untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Kedokteran (FK) dan telah dinyatakan lolos seleksi dari salah satu pola yang ditetapkan: CBT From Home, Siber FK, PSB, atau PHA.

Materi Ujian Tahap II, meliputi:

  1. Psikometri
  2. Materi Kedokteran Dasar (materi pelajaran Fisika, Biologi, dan Kimia setingkat pengetahuan SMA yang terkait topik Kedokteran Dasar)
  3. Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ), khusus bagi pendaftar yang beragama Islam
  4. Bahasa Inggris

Paper Based Test (PBT) di Sekolah Mitra

PBT di Sekolah Mitra merupakan pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis di sekolah mitra UII yang berada di daerah (utamanya di luar wilayah Yogyakarta). Khusus program studi Kedokteran tidak disertakan pada pola seleksi ini. Soal yang diujikan pada PBT di Sekolah Mitra, yaitu:

  • Pengetahuan Agama Islam
  • Bahasa Inggris
  • Logika & Penalaran Analitik
  • Matematika & Aritmatika

Mau Kuliah di UII? Yuk, Simak di Sini Berbagai Jalur Seleksinya! di atas ya. Semoga bermanfaat!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang Membuka Jalur Ketua OSIS | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Mau Kuliah di UII? Yuk, Simak di Sini Berbagai Jalur Seleksinya! […]
  2. Simak Jurusan UII, Gelar Lulusan, dan Akreditasinya di Sini! | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Mau Kuliah di UII? Yuk, Simak di Sini Berbagai Jalur Seleksinya! […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…