Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Mau Masuk Jurusan Perbankan Syariah? Simak Dulu Informasi Ini!

oleh | Jan 13, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Perbankan Syariah – Dunia perbankan merupakan bidang yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia. Perbankan berpengaruh besar terhadap perekonomian baik itu untuk individu maupun dalam lingkup yang lebih besar seperti perusahaan bahkan negara.

Melihat pentingnya hal ini, banyak perguruan tinggi yang membuka perkuliahan di bidang perbankan. Selain perbankan secara umum, ada juga perguruan tinggi yang khusus membuka perkuliahan untuk perbankan syariah. Jurusan ini dibuka karena kebutuhan akan ahli di bidang keuangan yang memahami aturan-aturan agama.

Jurusan perbankan syariah cukup banyak diminati. Biasanya, jurusan ini dibuka oleh perguruan tinggi keagamaan Islam. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang jurusan perbankan syariah di bawah ini!

Mengenal Jurusan Perbankan Syariah

Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Di dalam agama ini, terdapat peraturan atau hukum tentang keuangan. Beberapa produk yang ada di dunia perbankan seperti pinjaman berbunga akan dianggap riba dan haram sehingga banyak orang yang menghindarinya.

Supaya penyelenggaraan perbankan ini tetap sesuai dengan syariat Islam, dibukalah pendidikan khusus di bidang perbankan syariah. Mahasiswa yang berada di jurusan ini akan belajar tentang segala hal terkait perbankan dan sistem keuangan. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari hukum Islam sehingga sistem keuangan bisa sesuai dengan syariat.

Sistem perbankan yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan perbankan syariah tentunya berbeda dengan bank konvensional. Mahasiswa belajar untuk merancang dan mengelola keuangan menggunakan prinsip ajaran Islam. Berbagai produk seperti pembiayaan, pinjaman, wakaf, atau zakat, seluruhnya akan dibuat untuk sesuai dengan syariat Islam.

Baca juga 8 Pilihan Jurusan untuk yang Tertarik Kuliah di Bidang Agama.

Materi Perkuliahan Perbankan Syariah

Perkuliahan di perbankan syariah tidaklah jauh berbeda dengan jurusan-jurusan lainnya. Mahasiswa akan mengikuti perkuliahan selama 8 semester atau 4 tahun untuk bisa memiliki kompetensi yang telah ditentukan oleh jurusan. Mata kuliah yang bisa diambil pun telah disesuaikan oleh standar kompetensi lulusan ini.

Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki standar yang berbeda-beda. Hal ini memiliki pengaruh besar terhadap mata kuliah yang perlu diambil oleh mahasiswa. Masing-masing kampus akan memiliki rancangan kurikulum dan mata kuliah yang berbeda. Sebagai contoh, berikut ini daftar mata kuliah perbankan syariah di IAIN Batusangkar.

jurusan perbankan syariah
jurusan perbankan syariah

Pilihan Perguruan Tinggi

Perbankan syariah merupakan jurusan yang telah diajarkan di banyak perguruan tinggi. Berbagai kampus Islam yang ada di Indonesia telah membuka perkuliahan di jurusan ini baik itu perguruan tinggi Islam negeri atau pun swasta. Beberapa di antaranya bahkan telah mendapatkan akreditasi A atau Unggul dari BAN-PT.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan perbankan syariah yaitu:

  • UIN Sunan Kalijaga
  • UIN Syarif Hidayatullah
  • Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • IAIN Tulungagung
  • IAIN Salatiga
  • UIN Maulana Malik Ibrahim
  • IAIN Batusangkar
  • IAIN Surakarta

Itulah penjelasan tentang Mau Masuk Jurusan Perbankan Syariah? Simak Dulu Informasi Ini! Jurusan ini cukup populer dan memiliki banyak peminat. Jika ingin masuk jurusan ini, kamu bisa memilih kampus yang membuka jurusan perbankan syariah.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!