Mencari Beasiswa untuk Kuliah di Indonesia? Yuk, Simak Daftarnya!

oleh | Des 18, 2021 | Biaya Kuliah, Blog | 0 Komentar

Beasiswa Kuliah Indonesia – Bukan menjadi sebuah rahasia lagi kalau biaya yang diperlukan untuk melanjutkan pendidikan tidaklah murah. Biaya bisa menjadi salah satu masalah ketika memasuki dunia perkuliahan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalah biaya ini yaitu dengan mendaftar beasiswa. Adanya beasiswa memungkinkan seseorang untuk mendapat bantuan biaya pendidikan. Tidak hanya itu, beberapa beasiswa juga memberikan keuntungan lebih seperti uang saku dan pelatihan.

Ada banyak beasiswa bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di Indonesia. Beasiswa ini ditawarkan oleh berbagai lembaga dengan keuntungan yang berbeda-beda. Tertarik untuk mendapatkan beasiswa? Yuk, cek informasinya di bawah ini!

KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah mungkin menjadi beasiswa yang paling dikenal oleh mahasiswa di Indonesia. Beasiswa ini merupakan program pemerintah untuk membantu mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi. Mahasiswa KIP Kuliah akan bebas biaya pendidikan dan mendapat uang saku untuk keperluan hidup.

Beasiswa KIP Kuliah diberikan untuk banyak mahasiswa baik di PTN atau PTS tertentu. Jika tertarik, kamu perlu mendaftarkan diri ke laman KIP supaya bisa mendapatkan beasiswa.

Beasiswa Kuliah Kedinasan

Berbagai perguruan tinggi kedinasan di Indonesia mengadakan program ikatan dinas. Program ini memungkinkan peserta didik untuk bebas biaya kuliah secara penuh. Beberapa perguruan tinggi bahkan ada yang memberikan uang saku. Lalu, setelah lulus, mahasiswa akan diangkat menjadi pegawai pemerintah.

Beasiswa kuliah kedinasan di Indonesia diberikan di beberapa perguruan tinggi seperti AKPOL, PKN STAN, Poltek SSN, STIN, dan lain sebagainya.

Baca juga Ikatan Dinas Adalah: Pengertian dan Contoh Perguruan Tinggi.

Beasiswa Bank Indonesia

Bank Indonesia menawarkan bantuan pendidikan berupa beasiswa kepada mahasiswa jenjang Sarjana di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mahasiswa yang lolos seleksi akan mendapat dukungan biaya pendidikan, tunjangan studi, dan juga biaya hidup.

Selain itu, awardee Beasiswa Bank Indonesia juga akan masuk ke komunitas. Di sini, mahasiswa akan mendapatkan pelatihan secara berkala, terencana, dan terarah untuk meningkatkan kompetensi.

Beasiswa BCA

Beasiswa kuliah lainnya bisa kamu dapatkan dari salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank BCA. Beasiswa ini ditujukan untuk lulusan SMA/sederajat yang berprestasi. Beasiswa diberikan dalam bentuk program bisnis dan perbankan serta teknik informatika. Pelaksanaan programnya sendiri yaitu 2,5 tahun di BCA Learning Institute.

Awardee Beasiswa BCA akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti bebas biaya pendidikan, uang saku, makan siang, asrama, dan shuttle bus. Selain itu, mahasiswa yang mengikuti pelatihan teknik informatika juga akan mendapatkan fasilitas laptop.

Quipper Scholarship Award

Quipper merupakan sebuah platform belajar daring. Platform ini menyediakan program beasiswa kuliah S1 yang telah dimulai sejak tahun 2020. Quipper telah bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi baik negeri atau swasta di Indonesia untuk mengadakan beasiswa kuliah ini.

Penerima beasiswa dari Quipper ini akan mendapatkan full scholarship. Artinya, kuliah dari penerima akan ditanggung secara penuh selama masa studi. Selain itu, ada juga beasiswa sebagian yang menanggung biaya kuliah sebesar 25% sampai 75%.

APERTI BUMN

Pilihan beasiswa lainnya yang bisa kamu coba yaitu APERTI BUMN. Beasiswa ini diberikan untuk lulusan SMA/sederajat yang tertarik untuk meneruskan studi di perguruan tinggi dalam naungan APERTI BUMN. Penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa secara penuh selama masa studi.

Seleksi untuk beasiswa ini mirip seperti beasiswa lainnya. Pelamar diseleksi berdasarkan nilai rapor dan melanjutkan ke tahap berikutnya seperti wawancara.

Beasiswa Cargill Global Scholars

Beasiswa Cargill Globar Scholars merupakan bantuan pendidikan yang diberikan untuk mahasiswa jenjang S1. Penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan pendidikan sekitar 35 juta rupiah selama dua tahun.

Selain bantuan pendidikan, penerima beasiswa ini juga akan memperoleh keuntungan lain seperti mentor akademik, seminat, dan sesi networking.

Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia

Bagi yang sedang menjalankan studi S1, bisa mencoba untuk mendaftar beasiswa dari Van Deventer-Maas Indonesia. Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa tahun ke dua sampai akhir masa studi.

Awardee beasiswa akan mendapat berbagai keuntungan seperti uang saku, bonus TOEFL, dan juga bonus lulus tepat waktu. Selain itu, tersedia juga pelatihan pengembangan diri yang tentu biayanya ditanggung yayasan.

Mencari beasiswa untuk kuliah di Indonesia? Yuk, simak daftarnya! Berbagai beasiswa di atas bisa kamu pilih jika ingin mendapatkan bantuan pendidikan. Jangan lupa untuk rajin mengecek laman resmi pemberi beasiswa supaya tidak tertinggal informasi!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…