Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Mendalami Jurusan Kedokteran di Unika Atma Jaya

oleh | Mei 19, 2022 | Blog, Kedokteran, PTS | 0 Komentar

Kedokteran Atma Jaya – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Atma Jaya termasuk fakultas di kampus swasta terbaik di Indonesia. Fakultas ini berada di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. FKIK Unika Atma Jaya memiliki beberapa program studi salah satunya yaitu Kedokteran.

Program studi S1 Pendidikan Dokter telah terakreditasi A oleh LAM-PTKes. Lama masa studi untuk prodi Sarjana Kedokteran yaitu maksimal 13 semester. Prodi ini didirikan guna mengembangkan pendidikan dan penelitian di bidang kedokteran serta kesehatan.

Prodi Sarjana Kedokteran merupakan integrasi berbagai disiplin ilmu dan keterampilan dengan mengutamakan sikap KUPP (Kristiani, Unggul, Profesional, dan Peduli). Simak lebih lengkap mengenai Kedokteran Unika Atma Jaya berikut ini.

Sejarah Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya

Gagasan untuk mendirikan fakultas kedokteran telah ada sejak lahirnya Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya pada tahun 1960. Lahirnya gagasan untuk mendirikan fakultas kedokteran tercipta atas ide beberapa tokoh yang ada di Yayasan Atma Jaya. Pada tahun 1964, dimulailah untuk mendirikan fakultas kedokteran di lingkungan pendidikan Katolik.

Akhirnya pada 27 Desember 1967 dikeluarkan Surat Keputusan Yayasan Atma Jaya tentang pendirian Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya. Kuliah dimulai bulan Maret 1968 di Kompleks Rumah Sakit St. Carolus dan praktikum menggunakan laboratorium FKUI.

Pada tanggal 12 September 1969 FK Unika Atma Jaya mendapatkan status terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam tahun 1969 mulai dibangun sebuah gedung permanen untuk sarana perkuliahan di kampus Semanggi dengan bantuan Directoraat International Technishce Hulp (DITH) suatu lembaga Pemerintah Belanda.

Rumah Sakit Atma Jaya mulai digunakan untuk pendidikan klinis dokter pada tahun 1976. Sebelum Rumah Sakit Atma Jaya selesai dibangun, sebagian besar pendidikan klinik dilakukan di Rumah Sakit St. Carolus dan dibantu oleh Rumah Sakit Gatot Subroto, Puskesmas Melani, dan lainnya.

Mulai tahun akademik 1991/1992 seluruh proses pembelajaran diadakan di Kampus Pluit, yang terpisah lebih kurang 12 km dari kampus Semanggi dan berada satu lokasi dengan Rumah Sakit Atma Jaya. FK Unika Atma Jaya telah meluluskan dokter-dokter pertamanya pada tahun 1976.

Kurikulum Program Studi Sarjana Kedokteran Unika Atma Jaya

Baca juga Sejarah, Kurikulum, dan Mata Kuliah Kedokteran di Universitas Diponegoro

Profil Lulusan Program Studi Sarjana Kedokteran

  • Sarjana Kedokteran yang berperan sebagai pengambil keputusan (decision maker), pemimpin masyarakat (community leader), manajer (manager), komunikator (communicator).
  • Sarjana Kedokteran yang berperan dalam kegiatan preventif dan promotif di bidang kedokteran perkotaan, terutama bidang gerontologi dan geriatri, kedokteran adiksi, dan penyakit infeksi.
  • Sarjana Kedokteran yang berperan dalam peningkatan kualitas hidup.

Fasilitas

Dalam proses belajar mengajar, Unika Atma Jaya menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, antara lain.

  • Perpustakaan
  • Laboratorium terdiri dari Museum Anatomi, Laboratorium Biomedik, Laboratorium Skill Lab, Laboratorium Penelitian, Laboratorium Komputer, Ruang Kelas, dan Smart Classroom.
  • Rumah Sakit Pendidikan. FKIK UAJ mempunyai RS Pendidikan utama sendiri, yaitu Rumah Sakit Atma Jaya, yang berlokasi sama dengan FKIK UAJ. Selain itu, Atma Jaya juga memiliki Lembaga Jejaring Klinik Pratama Unika Atma Jaya yang menjadi tempat pembelajaran mahasiswa dalam pelayanan kesehatan di fasilitas primer.
  • Fasilitas Olahraga
  • Ruang Kegiatan Mahasiswa
  • Kantin Fakultas Kedokteran

Itulah Mendalami Jurusan Kedokteran di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Semoga artikel di atas membantu kamu yang ingin melanjutkan studi di jurusan ini.


Ikuti bimbingan intensif khusus Kedokteran dari Indonesia College. Kamu bisa memilih program bimbel Kedokteran Terpadu 1 tahun, UTBK Kedokteran, KKI UI Kedokteran, atau IUP Medicine UGM.

Cek informasi terbaru tentang perkuliahan Kedokteran di blog bimbelkedokteran.id. Kunjungi juga laman kami lainnya di indonesia-college.com dan indonesiacollege.co.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengenal Program Studi Sarjana Kedokteran UK Maranatha | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Mendalami Jurusan Kedokteran di Unika Atma Jaya […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!