Mengapa Tes Kesehatan dan Fisik Perlu dalam Seleksi Sekolah Kedinasan?

oleh | Jul 30, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Seleksi Sekolah Kedinasan – Sekolah kedinasan merupakan institusi pendidikan yang didirikan oleh pemerintah. Ada berbagai lembaga negara yang membuka pendidikan khusus di sekolah kedinasan seperti Kementerian Keuangan, Badan Pusat Statistik, Kepolisian RI, TNI, dan lain-lain.

Seleksi sekolah kedinasan terbilang cukup ketat. Selain karena banyaknya pendaftar, seleksi juga ketat karena dilakukan dalam berbagai tahapan. Peserta tidak hanya diseleksi berdasarkan kemampuan akademiknya namun juga fisik. Hampir setiap sekolah kedinasan melakukan tes kesehatan dan ada beberapa di antaranya yang juga menyelenggarakan tes fisik atau samapta.

Tes kesehatan dan tes fisik menjadi salah satu tahapan yang harus dihadapi oleh pendaftar sekolah kedinasan. Biasanya, tes ini masuk ke seleksi lanjutan dan memiliki sifat menggugurkan. Artinya, peserta yang tidak memenuhi ketentuan akan dinyatakan gugur dan tidak bisa melanjutkan seleksi.

Kedua tahapan tes tersebut diadakan bukan tanpa alasan, loh! Berikut ini beberapa alasan adanya tes fisik dan tes kesehatan di seleksi sekolah kedinasan.

Mengetahui Gaya Hidup Peserta

Pada tahapan tes kesehatan, ada berbagai tes yang dilakukan. Beberapa di antaranya yaitu tes darah dan tes urin. Melalui kedua tes tersebut, panitia seleksi bisa mengetahui gaya hidup peserta seperti misalnya penggunaan obat-obatan terlarang atau minuman keras.

Pemeriksaan ini penting dilakukan karena salah satu persyaratan yang harus dipenuhi yaitu bebas narkoba. Tentunya, sekolah kedinasan tidak akan menerima peserta yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang karena hal tersebut melanggar peraturan dan berbahaya bagi kesehatan.

Menyeleksi Peserta yang Memiliki Penyakit Serius

Melalui pemeriksaan kesehatan, panitia seleksi juga akan memperhatikan penyakit-penyakit yang dimiliki oleh peserta. Pihak yang melakukan pemeriksaan akan mengetahui apakah peserta memiliki penyakit menular, penyakit bawaan, penyakit serius, atau kondisi fisik tertentu.

Data penyakit ini diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan peserta. Kondisi ini akan menjadi pertimbangan bagi panitia. Misalnya yaitu peserta yang memiliki penyakit serius dan bisa mengganggu pelaksanaan pendidikan. Contoh lainnya yaitu dengan kondisi yang dimiliki peserta tidak bisa mengikuti pendidikan dengan baik.

Baca juga Lakukan Berbagai Tips Ini Sebelum Ikut Tes Kesehatan!

Mengetahui Ketahanan Fisik Peserta

Beberapa sekolah kedinasan juga melakukan seleksi berupa tes fisik atau kesamaptaan. Tes ini biasanya dilakukan oleh sekolah kedinasan semi militer untuk menguji ketahanan fisik peserta. Tes yang akan dilakukan pada tahapan fisik ini biasanya berupa lari 12 menit, sit up, push up, pull up atau chinning, shuttle run, dan renang.

Masing-masing sekolah kedinasan memiliki penilaian yang berbeda-beda untuk setiap tes. Ada penilaian minimum yang telah ditetapkan dan bagi peserta yang tidak memenuhi hal tersebut akan dinyatakan gugur sehingga tidak bisa mengikuti seleksi lanjutan.

Memastikan Peserta Bisa Mengikuti Pendidikan dengan Lancar

Tes fisik dan tes kesehatan dilakukan supaya panitia mengetahui kondisi peserta. Salah satu alasan utamanya yaitu untuk memastikan bahwa peserta bisa mengikuti pendidikan dengan lancar. Hal ini perlu mengingat adanya sekolah kedinasan dengan pendidikan fisik yang berat seperti misalnya AKPOL atau AKMIL.

Kondisi fisik yang prima diperlukan supaya bisa mengikuti pendidikan dan menyelesaikannya. Tentunya peserta didik yang tidak memenuhi standar fisik dan kesehatan akan kesulitan mengikuti pendidikan. Selain itu, apabila peserta memaksakan diri, bukan tidak mungkin akan mengalami cidera ketika mengikuti pendidikan.

Supaya Peserta Siap Melayani Masyarakat

Lulusan sekolah kedinasan nantinya akan menjadi abdi negara dan bekerja untuk melayani masyarakat. Hal ini menjadi salah satu alasan adanya tes fisik dan kesehatan. Kondisi fisik yang baik akan memungkinkan lulusan sekolah kedinasan untuk bisa melayani masyarakat sebaik mungkin tanpa adanya kendala.

Mengapa tes kesehatan dan fisik perlu dalam seleksi sekolah kedinasan? Itu tadi beberapa alasan yang menjadikan tes-tes tersebut harus diikuti oleh calon taruna sekolah kedinasan. Jika ingin lolos seleksi, pastikan kamu siap menghadapi tes-tes tersebut dengan mempersiapkan diri dari sekarang.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Rincian Biaya Kuliah Binus University Berbagai Program

Rincian Biaya Kuliah Binus University Berbagai Program

Biaya Kuliah Binus – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan impian banyak orang. Bagi lulusan SMA, salah satu pilihan yang dapat diambil yaitu dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau universitas. Di Indonesia sendiri, pilihan...

Besaran UKT UNS Berbagai Jalur Masuk Tahun 2021

Besaran UKT UNS Berbagai Jalur Masuk Tahun 2021

UKT UNS – Universitas Sebelas Maret atau UNS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kampus yang terletak di Surakarta ini termasuk PTN terbaik yang diminati oleh banyak calon mahasiswa. Hal ini terbukti dari animo pendaftar yang cukup tinggi di...

Kampus-kampus yang Membuka Kelas IUP Kedokteran

Kampus-kampus yang Membuka Kelas IUP Kedokteran

IUP Kedokteran – Perguruan tinggi di Indonesia menyelenggarakan berbagai program pendidikan. Salah satu program yang disediakan yaitu International Undergraduate Program atau IUP. Program ini dibuka untuk menampung mahasiswa baik dalam maupun luar negeri untuk bisa...

Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Apa Saja?

Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Apa Saja?

Prospek Kerja Psikologi – Kuliah psikologi bisa jadi sangat menyenangkan bagi seseorang yang memiliki ketertarikan pada manusia dengan segala perilakunya. Hal ini dikarenakan psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia....

Bosan Kelas Online Terus? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Bosan Kelas Online Terus? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Kelas Online – Adanya pandemi membuat banyak orang harus beraktivitas dari rumah. Kegiatan belajar mengajar pun ikut terkena dampaknya. Saat ini, kegiatan ini harus dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan berbagai platform online. Belajar secara online dari rumah...

Tahapan Seleksi TNI AD, AL, dan AU Lengkap

Tahapan Seleksi TNI AD, AL, dan AU Lengkap

Seleksi TNI – Tentara Nasional Indonesia atau TNI merupakan angkatan bersenjata yang memiliki tugas untuk menjaga keamanan negara Indonesia. TNI sendiri dibagi menjadi 3 angkatan yang memiliki tugas berbeda-beda. Saat ini, TNI dibagi menjadi TNI Angkatan Darat, TNI...