Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Mengenal Berbagai Jurusan yang Ada di STMKG

oleh | Sep 25, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Jurusan di STMKG – Ada banyak sekolah kedinasan yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau STMKG. Sekolah ini berada dalam lembaga milik pemerintah yang bergerak di bidang sejenis yatu BMKG.

Di antara sekolah kedinasan lainnya, STMKG termasuk yang banyak diminati oleh masyarakat. Sekolah ini memiliki program ikatan dinas yang artinya peserta didik bisa langsung bekerja begitu lulus dari STMKG. Selama berkuliah pun, taruna STMKG tidak dipungut biaya karena telah dibiayai oleh pemerintah.

Bagi yang tertarik untuk masuk ke sekolah ini, ada beberapa pilihan jurusan yang bisa diambil di STMKG. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Jurusan Dibuka di STMKG

Saat ini, STMKG memiliki 4 pilihan jurusan di jenjang Diploma 4. Artinya, pendidikan akan dilakukan selama 4 tahun. Setelah lulus dari STMKG, taruna akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan dan akan ditempatkan di berbagai lembaga pemerintahan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini jurusan kuliah yang ada di STMKG.

Meteorologi

Jurusan pertama yang ada di sekolah kedinasan ini yaitu D-IV Meteorologi. Di program ini, taruna akan belajar tentang ilmu cuaca. Taruna akan dididik untuk bisa mengamati unsur meteorologi, mengolah data meteorologi, serta menganalisisnya. Selain itu, taruna juga perlu melakukan penelitian yang hasilnya dapat digunakan untuk pengembangan ilmu meteorologi.

Klimatologi

Pilihan jurusan lainnya yang ada di STMKG yaitu Klimatologi. Peserta didik yang masuk ke jurusan ini akan berfokus untuk belajar tentang ilmu iklim. Di jurusa Klimatologi, taruna tidak hanya belajar tentang ilmu iklim dan dasar-dasarnya. Peserta didik juga dibimbing untuk bisa mengaplikasikan ilmu tersebut dalam kehidupan nyata.

Geofisika

Fokus pendidikan di STMKG yang berikutnya yaitu Geofisika. Ilmu ini mempelajari tentang gempa yang tentunya penting untuk diajarkan di Indonesia mengingat kondisi geografis negara ini. Peserta didik yang belajar di jurusan ini diharapkan untuk bisa menjadi ahli di bidang Geofisika.

Instrumentasi-MKG

Jurusan terakhir yang ada di STMKG adalah Instrumentasi MKG. Jurusan ini berfokus pada pendidikan dan pengembangan untuk mencetak ahli teknik dan rekayasa instrumen MKG. Lulusannya diharapkan dapat menjadi sumber daya manusia yang bisa menunjang pelayanan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Baca juga Tahun Ini STMKG Kembali Buka Penerimaan Taruna Baru.

Syarat Pendaftaran Taruna STMKG

jurusan di stmkg

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menerima banyak taruna baru setiap kali pembukaan pendaftaran. Calon taruna akan mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh BKN dan juga STMKG. Berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin menjadi taruna STMKG.

Persyaratan umum

  • Pria atau wanita yang merupakan Warga Negara Indonesia.
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna. Jika berkacamata ditoleransi maksimal minus 4 dan silinder 2 serta bersedia untuk lasik mandiri apabila dinyatakan lolos seleksi.
  • Berusia minimal 15 tahun dan maksimal 23 tahun.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  • Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  • Bersedia bekerja di BMKG sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

Persyaratan akademis

  • Lulusan SMA/MA semua jurusan atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, serta Teknik Komputer dan Jaringan.
  • Lulusan SMK dengan kompetensi tersebut hanya bisa mendaftar ke jurusan Instrumentasi MKG.
  • Jika belum memiliki ijazah maka wajib menggunakan Surat Keterangan Lulus.

Kamu perlu mengenal berbagai jurusan yang ada di STMKG jika berniat masuk ke sekolah kedinasan ini. Mengetahui jurusan yang dibuka akan membantumu memilih satu yang paling sesuai dengan minat.

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cari Tahu Informasi Penerimaan Taruna Baru STMKG Tahun 2022/2023 di Sini! | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Mengenal Berbagai Jurusan yang Ada di STMKG […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!