Mengenal Berbagai Program Studi di POLTEKPEL Surabaya

oleh | Feb 25, 2021 | Blog, Matra Laut | 0 Komentar

Politeknik Pelayaran atau POLTEKPEL Surabaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan dan berfokus pada bidang pelayaran.

POLTEKPEL Surabaya dibangun guna memenuhi kebutuhan tenaga pelaut profesional. Kontribusi POLTEKPEL Surabaya di Indonesia sendiri sudah dimulai sejak tahun 1982 dengan nama Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Surabaya. Namanya kemudian berubah menjadi POLTEKPEL Surabaya pada tahun 2013.

Terdapat berbagai jenis pendidikan yang disediakan oleh POLTEKPEL Surabaya yang berada pada jenjang D-III, D-IV, dan juga DP-III. Penjelasan lebih lanjut mengenai program studi di POLTEKPEL Surabaya bisa dibaca di bawah ini.

Teknologi Rekayasa Operasional Kapal (D-IV Nautika)

Program studi D-IV Nautika dibuat supaya siswa memiliki kompetensi sebagai Mualim Jaga Kapal di wilayah perairan samudera, penanganan dan pengaturan muatan serta pengendalian kapal, dan mampu menjadi nahkoda kapal di bawah 1.500 GT Near Coastal Voyage.

Pendidikannya sendiri berlangsung selama 4 tahun. Pada tiga tahun awal, siswa akan belajar di kelas serta melangsungkan praktik di laboratorium, simulator, bengkel dan kapal latih. Kemudian, di tahun terakhir diharuskan untuk mengikuti praktik berlayar. Lulusan dari program studi D-IV Nautika akan mendapat ijazah serta sertifikat kompetensi ANT-III.

Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (D-IV Teknika)

Siswa yang belajar di Program Studi D-IV Teknika akan dididik dan dilatih agar memiliki kompetensi sebagai Masinis Jaga Kapal dengan mesin penggerak utama 750 kW atau lebih di wilayah perairan samudera. Siswa juga diharapkan untuk mampu menanangani pengaturan permesinan dalam rangka pengoperasian kapal serta menjadi Kepala Kamar Mesin pada kapal dibawah 3.000 KW Coastal Voyage.

Proses pendidikan D-IV Teknika di POLTEKPEL Surabaya sama dengan D-IV Nautika, yaitu 3 tahun belajar dan 1 tahun onboard training. Lulusannya sendiri akan mendapat ijazah serta sertifikat kompetensi ATT-III.

Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal (D-IV ETO Pelayaran)

Peserta didik di Program Studi D-IV ETO Pelayaran akan belajar untuk menjadi Electro Technical Officer (ETO) yang mampu mengontrol, merawat, serta memperbaiki sistem distribusi listrik di bawah 1.000 V untuk kapal dengan mesin penggerak utama 750 kW atau lebih.

Pembelajaran di kelas untuk program ini akan berlangsung selama 3 tahun. Kemudian dilanjutkan dengan praktik di darat selama 6 bulan, lalu 6 bulan selanjutnya akan praktik di atas kapal. Setelah lulus, selain mendapatkan ijazah juga memperoleh sertifikat kompetensi bidang ETO Pelayaran.

D-IV Transportasi Laut

Program Studi D-IV Transportasi laut diadakan untuk mendidik serta melatih siswanya untuk memiliki kompetensi sebagai perwira yang bisa mengembangkan ilmu transportasi laut dan dapat bersaing secara nasional maupun internasional dalam dunia maritim.

Pendidikan untuk program ini dilakukan dengan membagi 3 tahun pelajaran di kelas dan selanjutnya yaitu praktik di syahbandar/pelabuhan/perusahaan pelayaran/instansi pemerintah di bidang pelayaran. Setelah lulus akan mendapat ijazah D-IV Transportasi Laut.

Berbeda dengan program studi lainnya, D-IV Transportasi Laut membuka pendaftaran untuk jurusan IPA, IPS, serta Kejuruan bidang Bisnis, Pemasaran, Manajemen, Perkantoran, Akuntansi, Keuangan, Teknik Komputer, dan Informatika.

D-III Nautika

Program Studi D-III Nautika memiliki tujuan yang sama dengan Program D-IV Nautika. Perbedaannya sendiri terletak pada masa studi yaitu pembelajaran di kelas selama 2 tahun dan dilanjutkan praktik berlayar selama 1 tahun. Ketika lulus akan memperoleh ijazah D-III dan sertifikat ANT-III.

D-III Teknika

Karena berada dalam jurusan yang sama dengan D-IV Teknika, Program Studi D-III Teknika juga memiliki kompetensi lulusan yang sama. Perbedaannya yaitu, siswa yang belajar di D-III Teknika hanya perlu menjalani studi selama 3 tahun (2 tahun di kelas dan 1 tahun onboard training). Lulusannya juga akan mendapat ijazah D-III serta sertifikat kompetensi ATT-III.

D-III ETO Pelayaran

Sama seperti D-IV ETO Pelayaran, siswa di D-III ETO Pelayaran juga akan dididik pada bagian elektronok dan kelistrikan kapal. Pendidikannya sendiri terbagi menjadi pembelajaran di kelas selama 2 tahun lalu dilanjutkan 6 bulan praktik di darat dan 6 bulan praktik di atas kapal. Lulusannya akan mendapatkan ijazah D-III dan sertifikat kompetensi bidang ETO Pelayaran.

DP-III Nautika

Berbeda dengan jenjang pendidikan lain di Jurusan Nautika, siswa yang terdaftar di DP-III Nautika dilatih untuk menjadi Mualim Jaga Kapal semua ukuran pada daerah pelayaran semua lautan. Selain itu juga dididik untuk menangani dan mengatur muatan serta pengendalian kapal.

Lama pendidikan untuk DP-III Nautika yaitu 2,5 tahun dan dibagi menjadi dua bagian yaitu 1,5 tahun pembelajaran dan 1 tahun praktik berlayar. Lulusan program ini tidak akan mendapat ijazah melainkan hanya sertifikat kompetensi ANT-III.

DP-III Teknika

Siswa di Program Studi DP-III Teknika akan dididik untuk menjadi Masinis Jaga Kapal dengan mesin penggerak utama 750 kW atau lebih dengan daerah pelayarannya di semua lautan. Dilatih juga untuk menangani dan mengatur muatan serta mengendalikan kapal.

Pembelajaran di program ini terbagi menjadi dua yaitu 1,5 tahun di kelas dan 1 tahun onboard training. Lulusannya sendiri akan mendapatkan sertifikat kompetensi ATT-III.

Biaya Pendidikan D-IV dan D-III POLTEKPEL Surabaya

Berikut ini biaya pendidikan jenjang pendidikan Diploma 4 di POLTEKPEL Surabaya.

Sedangkan untuk biaya pendidikan Diploma 3 yaitu sebagai berikut.

Jika ingin mengetahui cara pendaftaran POLTEKPEL Surabaya, bisa baca artikel ini.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...