Mengenal Berbagai Program Studi Teknik KKI UI

oleh | Feb 17, 2021 | Blog, KKI UI | 0 Komentar

Universitas Indonesia atau UI menawarkan berbagai program studi di Kelas Khusus Internasional (KKI). Terdapat 15 program yang dapat dipilih dan 7 diantaranya merupakan bagian dari Fakultas Teknik UI.

Program kelas internasional di FT UI dibuat guna memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bias mendapatkan pendidikan setaraf internasional di bidang teknik. Di sini, mahasiswa dapat memilih program satu gelar atau gelar ganda. Meskipun berbeda, mahasiswa di ke dua program tersebut tetap diwajibkan untuk melakukan studi di luar negeri hanya berbeda pada waktu pelaksanaannya.

Sebagai program yang bahas pengantarnya berupa Bahasa Inggris, terdapat syarat yang sama bagi semua pendaftar KKI di FT UI. Nilai minimal dari sertifikasinya yaitu setara IELTS 5,5 dengan skor writing 6,0. Persyaratan ini berlaku bagi seluruh program studi.

Bagi yang ingin mendaftar di KKI FT UI maka akan dikenakan biaya Rp1.000.000,00 untuk registrasi. Kemudian setelah diterima diharuskan membayar biaya awal sebesar Rp25.000.000,00 dan uang per semester Rp17.500.000,00. Selain itu, bagi yang melanjutkan studi ke universitas rekanan, maka harus membayar biaya studi sesuai kebijakan masing-masing kampus.

Teknik Sipil

Mahasiswa yang memilih Teknik Sipil KKI UI akan belajar mengenai perencanaan, perangcangan, dan konstruksi sarana prasarana dalam berbagai area. Bidang yang dimaksud yaitu Rekayasa Struktur, Sumberdaya Air, Rekayasa Lingkungan, Rekayasa Transportasi, Manajemen Konstruksi, dan Rekayasa Geoteknik.

Program studi ini menyediakan program gelar ganda dengan universitas rekan di Australia. Kampus yang menjadi partner yaitu Queensland University of Technology dan The University of Queensland. Bagi yang mengambil program ini maka akan mendapat gelar Sarjana Teknik (S.T.) dan Bachelor of Engineering.

Teknik Metalurgi dan Material

Program Studi Teknik Metalurgi dan Material berfokus pada pengembangan proses desain dan manufaktur material untuk berbagai macam hal seperti badan pesawat, alat komunikasi, fiber composites, dan lain-lain. Mahasiswa yang dinyatakan lulus dari program studi ini dapat berkarir di banyak bidang mulai dari industri pengecoran, pertambangan, konstruksi, maupun Lembaga pemerintah.

Bagi yang mengambil double degree program ini, maka akan mendapat dua gelar yaitu Sarjana Teknik (S.T.) dan Bachelor of Engineering. Gelar ke dua diperoleh dari salah satu universitas rekanan yaitu Curtin University, Australia atau Monash University, Australia.

Teknik Mesin

Program Studi Teknik Mesin KKI UI bekerja sama dengan universitas di luar negeri. Hal ini guna mewadahi mahasiswanya yang ingin mengambil program double degree dengan gelar Sarjana Teknik (S.T.) dan Bachelor of Engineering. Kampus mitra yang dapat dipilih yaitu Queensland University of Technology, Australia dan The University of Queensland, Australia.

Pengadaan program studi ini sendiri dikarenakan banyaknya kebutuhan tenaga kerja yang dapat menangani berbagai alat industri di Indonesia. Oleh karena itu, program studi ini ada untuk menyediakan banyak ahli di bidang teknik mesin.

Teknik Kimia

Lulusan dari Program Studi Teknik Kimia KKI UI akan dibekali oleh ilmu dasar teknik kimia guna bekerja dan berkarya dalam bidang teknologi kimia. Kompetensi yang dimiliki yaitu dalam bidang konsepsi dan perancangan proses kimia, transformasi dan penanganan material, serta mampu mengembangkan sumber daya.

Mahasiswa yang mengambil program gelar ganda akan mendapatkan dua gelar ketika lulus. Gelar Sarjana Teknik (S.T.) diberikan oleh Universitas Indonesia. Gelar Bachelor of Engineering akan diberikan oleh salah satu universitas mitra yaitu Monash University, Australia, The University of Queensland, Australia, atau Curtin University, Australia/Sarawak.

Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro memiliki universitas mitra terbanyak dibandingkan dengan program studi lain di FT UI. Kampus yang menjadi partner yaitu Queensland University of Technology, Australia, The University of Queensland, Australia, Curtin University, Australia/Sarawak, The University of Sydney, Australia, dan University of Duisburg-Essen, Jerman.

Semua universitas tersebut akan memberikan gelar Bachelor of Engineering bagi mahasiswa yang mengambil double degree. Selain itu, Universitas Indonesia juga akan menganugerahkan gelar Sarjana Teknik (S.T.) bagi lulusan program studi ini.

Arsitektur

Meskipun berada dalam lingkup Fakultas Teknik, lulusan dari Program Studi Arsitektur akan mendapat gelar yang berbeda yaitu Sarjana Arsitektur (S.Ars.) dari UI. Selain itu, bagi yang mengambil program gelar ganda juga akan bergelar Bachelor of Engineering dari Curtin University, Australia atau Queensland University of Technology, Australia.

Mahasiswa yang bergabung dalam program ini akan diberikan pengetahuan mengenai arsitektur terutama dalam pengetahuan desain tertentu. Lulusannya diharapkan untuk menguasai pengetahuan dasar ilmiah serta penerapannya dan dapat bekerja di bidang instruksi konstruksi atau pekerjaan yang menggunakan kemampuan berfikir kritis dan kreatif.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

UNY Buka Seleksi Mandiri Berbagai Jalur

UNY Buka Seleksi Mandiri Berbagai Jalur

Seleksi Mandiri UNY – Tahun ajaran 2021/2022 akan segera dimulai. Berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sudah mulai menerima peserta didik baru. Bagi universitas negeri, secara umum terdapat 3 jalur yang dibuka, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri....

8 Program Studi Terfavorit di UNY

8 Program Studi Terfavorit di UNY

Prodi Terfavorit UNY – Memilih jurusan kuliah merupakan kembimbangan yang umum bagi siapa pun yang ingin melanjutkan pendidikan. Berbagai pertimbangan seperti prospek kerja, tuntutan orang tua, atau kesesuaian minat merupakan aspek-aspek yang mempengaruhi pemilihan...

7 Tips Sukses UTBK Saat Berpuasa Ramadhan

7 Tips Sukses UTBK Saat Berpuasa Ramadhan

Tips UTBK – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK gelombang kedua dimulai pada Senin, 26 April 2021. Ujian ini dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai pusat tes yang telah ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan...