Mengenal Berbagai Prospek Kerja Jurusan Kimia Murni

by | Dec 15, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 comments

Prospek Kerja Kimia Murni – Prospek kerja merupakan salah satu hal yang banyak menjadi pertimbangan ketika memilih jurusan kuliah. Luasnya lapangan dan kesempatan kerja bisa membuat sebuah jurusan banyak diminati. Meskipun begitu, banyak juga jurusan yang tidak terlalu diminati padahal memiliki kesempatan kerja luas.

Kimia murni termasuk sebagai jurusan yang tidak banyak diminati di perguruan tinggi. Jurusan ini mempelajari ilmu yang spesifik serta dianggap sulit dan rumit. Padahal, lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan di dunia kerja baik itu di industri swasta, lingkungan, atau pemerintah.

Tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Apa saja prospek kerja yang menanti lulusan jurusan kimia murni?

Tentang Jurusan Kimia Murni

Kimia murni merupakan jurusan yang berada di rumpun sains dan teknologi atau saintek. Di perguruan tinggi, jurusan kimia murni biasanya berada di lingkup Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Sesuai dengan namanya, jurusan kimia murni merupakan studi di bidang kimia. Mahasiswa belajar tentang berbagai unsur kimia yang ada baik itu dari struktur, komposisi, sifat, skala atom, dan lain sebagainya. Mahasiswa juga akan mempelajari interaksi dan pembentukan materi dari unsur-unsur yang ada.

Jurusan ini bisa dipilih jika kamu tertarik dengan ilmu kimia dan bidang penelitian. Hal ini dikarenakan mahasiswa akan banyak melakukan uji di laboratorium. Praktikum ini dilakukan supaya mahasiswa memiliki pemahaman lebih baik tentang ilmu kimia.

Baca juga Yuk, Mengenal IUP Psikologi UGM, Rekan, dan Syarat Masuknya!

Prospek Kerja Kimia Murni

prospek kerja kimia murni

Kimia merupakan ilmu yang luas dan diterapkan dalam berbagai lini kehidupan. Di dunia kerja sendiri, lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan oleh industri di berbagai bidang. Hal ini berarti, mahasiswa kimia murni memiliki prospek kerja luas ketika telah lulus. Berikut ini beberapa pekerjaan yang banyak dipilih lulusan kimia murni.

Research and Development

Research and development atau biasa disebut sebagai RnD merupakan salah satu bidang penting dalam pengembangan produk perusahaan. Di divisi ini, pekerja akan melakukan penelitian dan mengembangkan produk sesuai hasil riset tersebut. Tentunya, pekerjaan ini cocok bagi lulusan kimia murni yang telah sering melakukan penelitian semasa kuliah.

Quality Control

Bidang pekerjaan lain yang bisa dipilih oleh lulusan kimia murni yaitu quality control atau QC. Bidang penjaminan mutu bertugas untuk memeriksa dan menjaga kualitas dari produk yang dihasilkan perusahaan. Bidang ini sangat penting karena berkaitan dengan produk akhir yang dihasilkan.

Analis Laboratorium

Menjadi analis laboratorium juga merupakan prospek kerja yang bisa dipilih oleh lulusan kimia murni. Banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja yang ahli di bidang kimia untuk mendukung proses produksi. Selain itu, analis laboratorium juga diperlukan di banyak tempat lain seperti rumah sakit, kepolisian, dan lain-lain.

Peneliti

Sebagai jurusan yang akrab dengan penelitian, menjadi peneliti merupakan pilihan pekerjaan yang cocok bagi lulusan kimia murni. Penelitian yang dilakukan kemudian bisa digunakan untuk berbagai hal baik itu mengembangkan produk sampai membuat kebijakan. Kamu bisa bekerja di lembaga penelitian seperti LIPI jika tertarik pada profesi ini.

Bekerja di Institusi Pemerintah

Lulusan kimia murni tentunya juga memiliki kesempatan untuk bekerja di institusi pemerintah. Berbagai institusi seperti Badan Narkotika Nasional (BNN) membutuhkan lulusan jurusan ini untuk mendukung pekerjaan yang dilakukan. Selain itu, dinas pemerintah di bidang lingkungan juga membutuhkan lulusan kimia murni.

Pengajar atau Dosen

Pekerjaan lainnya yang bisa dipilih oleh lulusan kimia murni yaitu bekerja di dunia pendidikan. Kamu bisa memilih bekerja menjadi dosen di bidang kimia. Tentunya, kamu tidak bisa langsung mendaftar sebagai dosen setelah lulus. Kamu perlu mengikuti pendidikan lebih lanjut di jenjang magister atau S2 untuk bisa bekerja sebagai dosen.

Itulah penjelasan tentang mengenal berbagai prospek kerja jurusan kimia murni. Perlu diingat bahwa pekerjaan yang bisa dipilih lulusan ini luas dan tidak terbatas pada daftar di atas saja. Semakin yakin masuk jurusan ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan