Mengenal Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman

oleh | Mar 16, 2020 | Blog | 0 Komentar

Pada suatu kesempatan kunjungan kerja di wilayah pedalaman dan perbatasan (pertengahan tahun 1999), Gubernur Provinsi Kalimantan Timur menghadapi suatu kenyataan bahwa pelayanan kesehatan sangat menyedihkan. Secara spontan beliau mengatakan bahwa seandainya para putra/putri Kalimantan Timur memperoleh kesempatan lebih besar untuk mengikuti pendidikan dokter, terbersit harapan bahwa kondisi pelayanan kesehatan yang sangat menyedihkan tersebut dapat diperbaiki. Keinginan gubernur yang sangat kuat ternyata juga merupakan cerminan keinginan masyarakat Kalimantan Timur, segera ditindak lanjuti dengan mengundang Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang untuk mengadakan studi kelayakan kemungkinan pendirian dan penyelenggaraan pendidikan kedokteran di Provinsi Kalimantan Timur.

Sejak saat itu, sejalan dengan Program Prioritas Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur untuk meningkatkan kualitas SDM Kaltim, berbagai pihak mulai dari Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur yang akan mendukung penyelenggaraan pendidikan dokter di Samarinda ini, DPRD Prov. Kaltim, Universitas Mulawarman, Universitas Brawijaya Malang, RSUD. AW. Sjahranie Samarinda serta berbagai lapisan dan elemen masyarakat bahu membahu mempersiapkan pendirian, penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan dokter di Kalimantan Timur.

Berbagai rapat koordinasi, pertemuan informal, rapat kerja, visitasi, studi banding, konsultasi serta berbagai upaya keras lainnya telah, sedang, dan akan terus dilakukan. Bimbangan dan bantuan dari Komisi Disiplin Ilmu Kesehatan (KDIK), Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas, Fakultas Kedokteran Mitra (UNIBRAW, UI, UGM, UNDIP, UNAIR, UNHAS) ikut mewarnai impian dan perjuangan masyarakat Kalimantan Timur untuk mempunyai lembaga (institusi) Pendidikan Kedokteran.

Rangkaian panjang perjuangan yang meliputi berbagai upaya dan kerja keras tersebut mengantar pada peresmian pembukaan Program Pendidikan Dokter Universitas Mulawarman (PPD-UNMUL) di Samarinda, Kalimantan Timur pada Tanggal 01 Nopember 2001 berdasarkan Surat Ijin Operasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor 3083/D/T/2001 tanggal 25 September 2001 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Pendidikan Dokter pada Universitas Mulawarman, dengan upacara peresmian dimulainya Pendidikan Dokter ini oleh Bapak Gubernur yang dihadiri oleh para Kepala Daerah.

Mahasiswa PPD-UNMUL diutamakan berasal dari Putra-Putri Kalimantan Timur. Sistem seleksinya adalah melalui jalur PBUD (Penjaringan Bibit Unggul Daerah), testl lokal yang diselenggarakan di Universitas Mulawarman Samarinda. Dengan demikian, prioritas utama peserta didik adalah berasal dari Putra-Putri Daerah, yang nantinya akan kembali mengabdi ke daerahnya masing-masing.

Visi Misi Dan Tujuan Kedoktean Universitas Mulawarman

Visi Kedokteran Universitas Mulawarman – menjadi fakultas kedokteran yang tekemuka pada tingkat regional dan nasional yang berwawasan internasional dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat pada bidang kedokteran dan kesehatan yang bertumpu pada hutan tropis lembab / Tropical Rain Forest dan lingkunganya pada tahun 2030

Misi Kedokteran Universitas Mulawarman :

  • Menyelenggarakan pendidikan Kedokteran dan Kesehatan yang berkualitas
  • Menyelenggarakan penelitian yang berwawasan internasional dibidang ilmu kedokteran dan kesehatan yang bertumpu pada hutan tropis lembab dan lingkungannya
  • Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada peningkatan perilaku sehat masyarakat
  • Mengembangkan dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas, sarana, prasana, dan sumber daya manusia yang berkualitas

Tujuan Kedokteran Universitas Mulawarman

  1. Untuk dapat menghasilkan lulusan yang dapat bekerja secara profesonal pada bidang kedoktean dan juga kesehatan
  2. Untuk dapat menghasilkan lulusan yang bisa memanfaatkan kekayaan alam huta tropis lembab ( tropical rain forest ) serta lingkunganya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  3. Menhasilkan lulusan yang dapat mengatasi masalah kesehaan yang di timbulkan oleh hutan tropikal lembab dan lingkunganya
  4. Menghasilkan penelitian yang sudah sesuai dengan standar nasional pada bidang ilmu kedokteran dan Kesehatan yang bertumpu pada hutan tropis lembab dan lingkunganya.
  5. Untuk menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang bisa memecahkan masalah – masalah kedokteran dan Kesehatan
  6. Pengembangan Kapasitas  laboran yang ersetifikasi dan menyiapkan laboratorium penelitan yang terakreditasi.
  7. Menyelenggarakan kapasistas laboran yang tersetifikasi dan menyiapkan laboratoium penelitian yang terakreditasi.
  8. Mampu berpartisipasi di dalam kegiatan penanggulangan bencana alam
  9. Melakukan kerja sama dengan lembaga pemerinahan di dalam bidang pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat.
  10. Melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga swasta dalam negeri di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  11.  Melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga dari luar negeri di bidang pendidikan,penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Macam – Macam Program Studi Kedokteran Universitas Mulawarman

  • Kedokteran
  • Kedokteran Gigi
  • Profesi Dokter

Nah itu dia teman – teman IC informasi Kedoktera Universitas Mulawarman yang harus anda ketahui, anda juga dapat mengetahui informasi beasiswa Kedokteran UNAIR. Baca juga informasi Kedokteran terbaru dari Universitas lain seperti

·  Jalur Masuk Kedokteran UGM

·  Cara Masuk Kedokteran UAD

Untuk bimbingan Belajar Kedokteran anda dapat mengetahui informasinya di sini

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…