Mengenal Jurusan dan Program di IUP FEB UGM

oleh | Sep 24, 2021 | Blog, IUP UGM | 0 Komentar

IUP FEB UGM – Universitas Gadjah Mada atau UGM merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia. Perguruan tinggi yang berlokasi di Bulaksumur ini juga selalu ramai pendaftar setiap kali penerimaan mahasiswa baru.

Universitas Gadjah Mada terus mengembangkan pendidikannya. Kampus ini membuka pendidikan untuk berbagai jenjang mulai dari Diploma sampai Doktor. Tidak hanya itu, UGM juga menyelenggarakan perkuliahan program reguler dan non reguler.

Salah satu program non reguler yang terfavorit di UGM yaitu International Undergraduate Program atau IUP. Program kelas internasional ini dibuka untuk mahasiswa baik dari Indonesia maupun luar negeri. Mahasiswa yang bergabung di kelas ini akan mendapat kesempatan untuk memiliki pengalaman kuliah bertaraf internasional.

Kelas IUP di UGM dibuka di berbagai fakultas, salah satunya yaitu Fakultas Ekonomika dan Bisnis atau FEB. Yuk, cari tahu informasi tentang IUP FEB UGM di bawah ini!

Mengenal IUP FEB UGM

Kelas internasional di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM diselenggarkan dengan skema pendidikan selama 4 tahun. Perkuliahan di kelas ini dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris sehingga terpisah dari program reguler. Meskipun begitu, kurikulum yang diajarkan tidaklah jauh berbeda seperti tetap diadakannya KKN.

Pendidikan di IUP FEB UGM dirancang supaya mahasiswa dan lulusannya bisa sipa menghadapi perkembangan ekonomi secara global. Hal ini juga didukung dengan adanya berbagai program yang diselenggarakan oleh UGM bersama dengan rekan universitas di luar negeri.

Kelas internasional FEB UGM terdiri dari beberapa program studi. Setiap program studi IUP ini telah memiliki kualitas yang terjamin. Hal ini dibuktikan dari akreditasi ‘A’ yang telah diperoleh dari BAN-PT. Selain itu, FEB UGM juga menjadi sekolah bisnis pertama di Indonesia yang diakreditasi oleh AACSB.

Program Studi dan Biaya Kuliah IUP FEB UGM

Saat ini, FEB UGM membuka 3 program studi IUP dengan fokus pembelajaran yang berbeda-beda. Setiap mahasiswa yang menjadi peserta didik di program tersebut diharuskan untuk membayar biaya perkuliahan sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan. Berikut ini daftar program studi kelas internasional FEB UGM dan biaya kuliahnya.

Program Studi Biaya Pendaftaran Biaya Kuliah Per Semester
Akuntansi Rp1.500.000 WNI: Rp35.000.000
WNA: Rp50.000.000
Ekonomi Rp1.500.000 WNI: Rp35.000.000
WNA: Rp50.000.000
Manajemen Rp1.500.000 WNI: Rp35.000.000
WNA: Rp50.000.000

Baca juga Tips Lolos Berbagai Tahapan Seleksi IUP UGM.

International Academic Exposure

Selain penggunaan bahasa, salah satu poin yang membedakan program IUP dengan kelas reguler adalah international academic exposure. Program ini wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa yang terdaftar di kelas IUP. Di FEB UGM sendiri, terdapat 3 program international exposure yang bisa dipilih oleh mahasiswa yaitu sebagai berikut.

Program Gelar Ganda

Pilihan program pertama yang bisa diikuti oleh mahasiswa yaitu gelar ganda atau double degree. Mahasiswa yang mengikuti program ini akan mengikuti perkuliahan selama 1-2 tahun di kampus rekan. Setelah lulus, mahasiswa akan mendapatkan gelar dari UGM dan juga universitas rekan. Kampus partner untuk program ini yaitu sebagai berikut.

iup feb ugm
iup feb ugm

Program Pertukaran Pelajar

Selain gelar ganda, mahasiswa juga bisa mengikuti program pertukaran pelajar atau student exchange. Program ini diselenggarakan supaya mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda sekaligus memperoleh transfer kredit. Jika mengikuti program ini, mahasiswa tidak perlu membayar biaya kuliah ke kampus rekan dan cukup ke UGM saja.

Universitas rekan yang bisa dipilih oleh mahasiswa IUP FEB UGM untuk pertukaran pelajar tersebar di berbagai penjuru dunia. Daftar lengkapnya yaitu sebagai berikut.

iup feb ugm

Prorgam Short Academics

Program terakhir yang bisa diikuti yaitu short academics. Pada program ini, mahasiswa akan mengikuti pendidikan selama 3-4 minggu di kampus rekan pada musim kemarau (Juli atau Agustus). Mahasiswa bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti perkuliahan, kunjungan perusahaan, dan lainnya. Transfer course bisa dilakukan dengan persetujuan UGM.

Mengenal jurusan dan program di IUP FEB UGM akan membantumu jika kamu tertarik untuk berkuliah di kelas internasional ini. Seleksi mahasiswa untuk bisa masuk ke kelas internasional FEB UGM dibuka setiap tahunnya. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...