Mengenal Jurusan Kuliah Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

oleh | Des 19, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Mata Kuliah | 0 Komentar

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan – Teknik robotika berhasil menjadi jurusan atau program studi yang terus berkembang di masa sekarang ini. Hal ini terjadi karena faktor perkembangan teknologi yang sangat pesat dan memunculkan teknologi baru yang menggunakan robot. Robot ini terus berkembang dan dirancang sedemikian rupa untuk bisa bertindak layaknya manusia.

Untuk teknik robotika merupakan persilangan antara ilmu pengetahuan, kepandaian menciptakan sesuatu dan juga teknologi. Kecerdasan buatan sendiri merupakan replika dari kecerdasan manusia, yang berusaha diaplikasikan ke mesin (robot). Jadi nantinya robot bahkan bisa berpikir seperti manusia dan bertindak seperti manusia.

Perkembangan teknologi memperkuat kecerdasan yang dimiliki oleh robot. Mereka tidak hanya cerdas, tapi juga lebih fleksibel dan efisien dalam penggunaan energi. Robot kini mampu menangani tugas-tugas yang kompleks dengan andal. Bahkan secara perlahan peran manusia dalam beberapa bidang pekerjaan mulai tergantikan oleh robot.

Apa Saja yang Dipelajari Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan?

Di Jurusan Teknik Robotika, terdapat beberapa disiplin ilmu yang akan dipelajari, di antaranya seperti fisika, matematika, teknik elektro, dan komputer. Semua ini akan diajarkan secara mendalam dan mendetail untuk memungkinkan pengembangan robot yang canggih dan efisien.

Keterampilan serta kemampuan dalam merancang robot menjadi fokus utama dalam Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Ini mencakup konsep dasar robotika, desain robot, sampai dengan penerapan robot dalam lingkungan kerja. Selama perkuliahan, kemampuan ini sangat wajib dikuasai supaya bisa menjadi ahli robotika yang handal setelah lulus nanti.

Baca juga: CPNS 2024 Dikabarkan Mau Dibuka Lagi, Peluang Fresh Graduate Lebih Besar!

Selain materi-materi yang telah disebutkan sebelumnya, kemampuan dalam bahasa asing juga menjadi salah satu persyaratan dalam program ini. Biasanya, siswa akan belajar bahasa asing seperti Inggris atau Cina agar memiliki kemampuan yang memadai sebagai ahli robotika.

Nantinya sebelum kelulusan, mahasiswa akan ditugaskan membuat robot sederhana. Bisa dikerjakan individu maupun kelompok sesuai dengan ketentuan tiap kampus. Robot ini menjadi karya yang membanggakan sebagai penutup dari pembelajaran yang telah dilalui.

Universitas Terbaik yang Menyediakan Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan ini di Indonesia termasuk belum banyak dijumpai. Namun ada 2 rekomendasi kampus terbaik yang menyediakan jurusan ini dan masuk dalam daftar terbaik menurut TOP QS WUR 2024.

1.    Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dengan Program Studi bernama Pendidikan Teknik Otomasi Industri dan Robotika. Tersedia 3 laboratorium khusus untuk jadi tempat praktik mahasiswanya dan memperdalam ilmu robotika, di antaranya: Laboratorium Image Processing dan Computer Vision, Laboratorium Sistem Robotik, dan Laboratorium Bio Artificial Intelegence System.

2.    Universitas Airlangga

Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin dengan program studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Program studi ini sudah terakreditasi Baik dari BAN-PT.

Fokus dari program studi ini adalah menggabungkan robotika dengan kecerdasan buatan untuk menciptakan sistem otonom yang bisa diterapkan di berbagai bidang. Mahasiswa yang mengambil program ini akan belajar tentang dasar-dasar ilmu (matematika dan fisika), ilmu komputer, mekatronik, elektronika, kontrol sistem, sistem siber-fisik, desain robot, penerapan teknologi robot, dan penggabungan kecerdasan buatan ke dalam sistem robot.

Mata Kuliah Prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Dalam program studi ini kamu akan menemui banyak mata kuliah selama masa perkuliahan. Nah, berikut beberapa mata kuliah inti yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan:

  • Sains Dasar (terutama matematika dan fisika)
  • Teknologi informasi (pemrograman, algoritma, jaringan, komputer serta IoT atau Internet of Things)
  • Sistem Siber-fisik (mekatronika, elektronika, sistem kontrol dan otomasi, sistem embedded)
  • Desain dan Aplikasi Robotika dan Kecerdasan Buatan serta Integrasinya
  • Metodologi Penelitian
  • Kewirausahaan
  • Komunikasi Profesional

Jadi itu dia informasi seputar jurusan/prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Apakah kamu tertarik untuk mendalami jurusan ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…