Mengenal Kedokteran Unair dan Persyaratan Pendaftaran

oleh | Mei 17, 2022 | Blog, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

Kedokteran Unair – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga merupakan Fakultas Kedokteran tertua ke dua di Indonesia. FK Unair menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi kedokteran dengan keunggulan kelas dunia berdasarkan nilai kebangsaan dan moral agama. S1 Kedokteran Unair memiliki akreditasi A oleh LAM-PTKes dan akreditasi internasional oleh AUN dan ASIIN.

Program S1 Kedokteran ditempuh selama 8 semester dengan 146 SKS. Mahasiswa yang telah menyelesaikan program studi S1 Kedokteran akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Simak penjelasan mengenai Mengenal Kedokteran Unair dan Persyaratan Pendaftaran di bawah ini.

Mengenal Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Unair

Visi

Menjadi Fakultas Kedokteran yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran, enterpreneurship serta humaniora berdasarkan moral agama.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi kedokteran dengan keunggulan kelas dunia berdasarkan nilai kebangsaan dan moral agama.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan kedokteran, serta penelitian kebijakan kesehatan yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran dan humaniora untuk kesehatan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan tata kelola fakultas secara mandiri dengan baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional.

Persyaratan Program

Program Studi Kedokteran di Fakultas Kedokteran UNAIR terbagi dalam tahap:

  1. Sub-Program I: prasyarat untuk mengikuti Sub-Program II
  2. Sub-Program II: prasyarat untuk mengikuti Sub-Program III
  3. Sub-Program III

Sub-Program yang menjadi prasyarat harus diselesaikan tuntas (dinyatakan lulus) sebelum mahasiswa diperbolehkan menempuh ke Sub-Program berikutnya. Setelah dinyatakan lulus Program Studi Kedokteran, mahasiswa dapat menempuh Program Studi Pendidikan Profesi Dokter.

Program Studi Pendidikan Profesi Dokter di FK Unair terbagi dalam tahap:

  1. Kepaniteraan Klinik I: prasyarat untuk mengikuti Kepaniteraan Klinik II
  2. Kepaniteraan Klinik II: prasyarat untuk mengikuti Tahap Komprehensif
  3. Tahap Komprehensif

Baca juga Kenali 4 Cara Mudah Masuk IUP Kedokteran Unair

Persyaratan Pendaftaran Kedokteran Unair 2022

Warga Negara Indonesia (WNI) : 

  1. Ijazah bagi lulusan tahun 2020 dan 2021.
  2. Surat Keterangan Kelas XII dari Sekolah bagi lulusan tahun 2022 sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Warga Negara Indonesia (WNI) Lulusan Luar Negeri :

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan yang setara dengan SMA/MA/SMK (Sesuai dengan peraturan Dikdasmen Kemendikbud RI) pada Tahun 2020, 2021, atau 2022.
  2. Surat Keterangan Kelas XII dari Sekolah bagi lulusan tahun 2022 sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran dan pekerjaan sesuai kompetensi program studi yang dipilih.

Persyaratan Khusus

  1. Tidak buta warna total dan parsial
  2. Lulusan SMA/MA IPA

Daya Tampung Program Studi Kedokteran 2022

  • SNMPTN: 50
  • SBMPTN: 75
  • Mandiri: 125

Materi Ujian

Tes Potensi Akademik:

  • Kemampuan Verbal
  • Kemampuan Numerik
  • Kemampuan Penalaran

Tes Kemampuan Akademik (Kelompok Saintek)

  • Matematika IPA
  • Biologi
  • Fisika
  • Kimia
  • Bahasa Inggris

Itulah Mengenal Kedokteran Unair dan Persyaratan Pendaftaran. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu dalam mengetahui informasi Kedokteran Unair dan persyaratan seleksi masuknya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…