Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Mengenal PIP Makassar: Visi Misi, Program Studi, dan Program Diklat

oleh | Nov 5, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

PIP Makassar – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar merupakan perguruan tinggi di bawah Kementerian Perhubungan yang terletak di bagian Timur Indonesia. PIP Makassar merupakan institusi pendidikan di bidang pelayaran atau maritim yang tertua di Makassar, Sulawesi Selatan, dan juga di kawasan timur Indonesia.

PIP Makassar telah terakreditasi Baik Sekali oleh BAN-PT. Sekolah kedinasan ini menyelenggarakan program diploma IV pelayaran, program diklat pelaut, dan diklat keterampilan pelaut. Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi taruna di sekolah kedinasan ini, yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi perguruan tinggi pelayaran terdepan dalam pengembangan sumber daya manusia perhubungan dan riset di bidang Pelayaran.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang pelayaran untuk menghasilkan lulusan yang prima, profesional, dan beretika.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.
  3. Menerapkan teknologi informasi dalam peningkatan efektifitas dan efisiensi operasional lembaga.

Baca juga PIP Makassar Buka Penerimaan Jalur Pola Pembibitan

Program Diploma IV Jalur Mandiri

Program Diploma IV Jalur Mandiri dibuka atas dasar besar minat masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi pelayaran. Secara pendidikan dan pelatihan tidak ada yang berbeda dengan Diploma IV reguler atau program diklat. Secara pembiayaan berbeda karena beberapa kegiatan pendidikan dan pelatihan tidak mendapat subsidi dari pemerintah.

Program Diploma IV Pola Pembibitan

Program Diploma IV Pola Pembibitan merupakan program pembentukan profesional di bidang pelayaran yang lulusannya akan mengisi formasi CPNS di lingkungan Kementerian Perhubungan. Program ini dibuka tidak rutin setiap tahun tetapi tergantung kebutuhan Kementerian Perhubungan.

Program Studi

Program Diploma IV Pelayaran adalah layanan pendidikan dan pelatihan untuk membentuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk menjadi calon Perwira Pelayaran Niaga dan profesional di industri pelayaran. Program ini biasa disebut dengan Diklat Pembentukan/diklat awal Perhubungan.

Pendidikan ini menggunakan sistem boarding school atau asrama. Di awal pendidikan atau pada 3 bulan pertama merupakan masa pembentukan awal taruna, model pembentukan tersebut termasuk di dalamnya pembentukan mental dan moral serta kedisiplinan di bawah pengasuhan langsung oleh TNI selama 1 bulan.

Program Diploma IV ini memiliki 3 program studi yaitu Nautika, Teknika, dan KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan). Lulusan dari program diklat ini akan memperoleh ijazah Diploma IV dengan gelar Sarjana Sains Terapan Pelayaran (S.S.T.Pel).

Program Studi Nautika

Lulusan dari program studi ini nantinya akan menjadi perwira pelayaran niaga ahli nautika tingkat III dan ijazah Diploma IV Pelayaran serta memperoleh ANT-II yang dapat diambil setelah masa layar sekurang-kurangnya 2 tahun dengan keahlian ilmu kenautikaan dalam bidang pelayaran. Selama pendidikan akan mendapatkan ilmu yang diperlukan untuk membawa kapal dari satu tempat ke tempat lain, terutama menyangkut penentuan posisi dan arah kapal.

Persyaratan Ijazah:

  • SMA/MA IPA atau Paket C IPA disertai rapor kelas 1, 2, dan 3 serta surat keterangan dari sekolah
  • Diklat Pelaut IV (DP-IV) Pembentukan dan ANT-IV
  • SMK Pelayaran dan ANT-IV

Program Studi Teknika

Jurusan ini juga disebut jurusan Mesin Perkapalan. Lulusan jurusan ini akan mendapatkan ijazah Diploma IV Pelayaran dan Ahli Teknika tingkat III serta ATT-II setelah memiliki masa layar sekurang-kurangnya 2 tahun. Memastikan kondisi mesin-mesin penggerak yang terdapat pada kapal motor menjadi tanggung jawab dari profesional di bidang Teknika.

Persyaratan ijazah:

  • SMA/MA IPA atau Paket C IPA disertai rapor kelas 1, 2, dan 3 serta surat keterangan dari sekolah
  • Diklat Pelaut IV (DP-IV) Pembentukan dan ATT-IV
  • SMK Pelayaran dan ATT-IV
  • SMK jurusan mesin, listrik, elektronika, dan mekatronika yang dibuktikan dengan fotocopy ijazah yang telah dilegalisir dari instansi pemerintah dan pejabat yang berwenang

Program Studi KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan)

Program studi ini ditujukan untuk membentuk profesional di bidang pelabuhan yang memiliki kemampuan mengelola layanan kepelabuhanan termasuk pengurusan perpindahan barang, baik dalam maupun luar negeri, pengelola berbagai tipe dan ukuran armada kapal laut, dan manajemen logistik.

Persyaratan ijazah:

  • SMA/MA IPA/IPS atau Paket C disertai rapor kelas 1, 2, dan 3 serta surat keterangan peserta ujian nasional bagi yang belum lulus

Program Diklat Pelaut Peningkatan

Diklat Pelaut Peningkatan adalah pendidikan dan pelatihan bagi profesional pelaut yang ingin meningkatkan ijazah kompetensi pelautnya. Program Diklat Pelaut merupakan program diklat dalam berbagai jalur, jenjang dan jenis untuk meningkatkan keahlian guna mendapatkan sertifikat keahlian pelaut sebagai surat ijin yang menegaskan bahwa pemegang sertifikat memiliki pengetahuan dan keahlian untuk berlayar.

Diklat Pelaut Peningkatan:

  • Diklat Pelaut I Nautika (ANT – I)
  • Diklat Pelaut I Teknika (ATT – I)
  • Diklat Pelaut II Nautika (ANT – II)
  • Diklat Pelaut II Teknika (ATT – II)
  • Diklat Pelaut III Nautika (ANT – III)
  • Diklat Pelaut III Teknika (ATT – III)
  • Diklat Pelaut IV Nautika (ANT – IV)
  • Diklat Pelaut IV Teknika (ATT – IV)
  • Diklat Pelaut V Nautika (ANT – V)
  • Diklat Pelaut V Teknika (ATT – V)

Diklat Keterampilan Pelaut

Program ini merupakan kursus singkat bagi pemenuhan kompetensi yang dipersyaratkan dalam peraturan Internasional di bidang Pengawakan Kapal Laut. Salah satu tugasnya menyelenggarakan layanan Diklat kepada masyarakat khususnya bidang Pelayaran. \

Itulah Mengenal PIP Makassar: Visi Misi, Program Studi, dan Program Diklat. Kamu bisa menggunakan referensi artikel di atas jika kamu tertarik melanjutkan studi di PIP Makassar.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!