Mengenal Program Studi Dan Prospek Kerja Lulusan STIN

oleh | Apr 28, 2020 | Blog | 0 Komentar

Untuk teman-teman yang ingin melanjutkan study mungkin PTK atau Perguruan Tinggi Kedinasan bisa menjadi salahs satu pilihan kalian. Untuk saat ini Perguruan Tinggi Kedinasan cukup digemari oleh kaum muda dan mudi. Dari sekian banyak Perguruan Tinggi Kedinasan yang ada di Indonesia, ada salah satu PTK yang masuk jajaran sekolah kedinasan favorit yaitu STIN. Setiap tahunnya sekolah kedinasan ini selalu mendapat pelamar yang cukup banyak. Maka dari itu untuk kalian yang berminat bergabung dan menjadi calon praja di STIN, artikel ini akan mereview tentang STIN dan progam studi yang ditawarkannya.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau lebih dikenal dengan STIN merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan yang ada di Indonesia. Sekolah tinggi ini beraa di bawah naungan BIN (Bada Intelijen Negara) yang mana memiliki tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan akademik dibidang intelijen serta dapat menyelenggarakan pendidikan profesi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk kampus STIN sendiri berada di Sentul Bogor, Jawa Barat.

Beberapa Fasilitas Kedinasan STIN

  1. Asrama Mahasiswa;
  2. Laboratorium Intelligence Devices;
  3. Lapangan Tembak;
  4. Auditorium;
  5. Pusat Kebugaran;
  6. Laboratorium Bahasa dan Komputer;
  7. Poliklinik;
  8. Guest House;
  9. Rumah Ibadah;
  10. Dll.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN menawarkan dua buah progam studi, yaitu jurusan Agen dan Intelijen Negara. Apabila nanti kalian berhasil masuk dan lulus dari sekolah STIN ini, kalian akan mendapatkan gelar S,in. Tentunya gelar tersebut dapat diraih dengan masa pendidikan selama 4 (empat) tahun. Selanjutnya apabila kalian lulus dari sekolah ini, kalian tak perlu repot-repot atau bingung mencari pekerjaan karena teman-teman bisa menjadi SDM BIN (Badan Intelijen Negara) sesuai dengan undang-undang no 17 tahun 2011. Tak hanya itu Sekolah Tinggi Intelijen Negara ini juga menawarkan biaya sekolah dan uang saku secara Cuma-Cuma.

Macam – Macam Program Studi Kedinasan STIN

  • Jurusan Agen

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN merupakan salah satu sekolah kedinasan di Indonesia yang mempunyai progam studi Agen Intelijen. Jurusan ini mendidik dan mencetak para muridnya menjadi seorang agen yang mempunayi kemampuan intelijen yang cukup tinggi yang nantinya diharapkan dapat berkarir di bidang pemerintahan atau swasta. Di dalam jurusan ini para praja STIN akan diberikan dan di bekali pola pikir yang inovatif untuk bisa memecahkan masalah yang ada di dunia nyata ini yang bersifat kompleks tentunya.

Pada dasarnya jurusan Agen ini memusatkan pada perkembangan dunia analisis intelijen yang sangat dinamis tentunya dengan penekanan pada pengguanaan penelitian akademik sebagai metode analisisnya. Jurusan ini akan membawea kalian berada di dunia detektif. Mencoba untuk memcahkan masalah-maalah yang rumit dengan pola pikir yang cepat. Prospek kerja untuk alumni dari jurusan ini cukuplah menggiurkan, karena pekerjaan yang ditawarkan untuk para alumni ini tergolong bagus. Berikut adalah beberapa prospek kerja yang mungkin bisa menjadi terusan setelah kalian lulus dari jurusan Agen ini,

  1. Intel Polisi;
  2. Intel Militer;
  3. Detektif;
  4. Investigator;
  5. Analisis intelijen
  6. Dll
  • Jurusan Intelijen

Jurusan lainnya yang ditawarkan oleh Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN adalah Jurusan Intelijen analisis. Tak berbeda jauh dengan jurusan lainnya yang ada di STIN yaitu jurusan Agen, jurusan ini juga menuntut para Prajanya untuk memiliki pola pikir yang inovatif. Untuk perbedaannya sendiri jurusan ini lebih banyak menitik beratkan pada pergerakan di belakang layar. Akan tetapi mereka dituntut mematikan dalam setiap pergerakannya terutama dalam memecahkan masalah-masalah yang kompleks. Jurusan ini makin di minati karena pertumbuhan dan perubahan dunia intelijen yang sangat cepat. Mereka mendapat berbagai dorongan seperti perkembangan teknologi internet, terorisme dan pengaruh politik terhadap perkembangan dunia. Maka dari itu banyaknya permintaan akan para ahli intelijen untuk menempati berbagai posisi di bidang pemerintahan maupun swasta untuk saat ini.

Untuk prospek kerja lulusan dari jurusan Intelijen juga sangat menggiurkan. Mereka dapat bekerja sebagai,

  1. Polri (Intelkam);
  2. TNI (BAIS);
  3. Badan Intelijen Negara (BIN);
  4. Komisi pemberantasan Korupsi (KPK);
  5. Bea Cukai;
  6. Kejaksaan Agung;
  7. Kehakiman;
  8. Imigrasi;
  9. Ataupun perusahaan swasta yang menawarkan untuk menjaganya dari maraknya spionase dan pembajakan informasi perusahaan.

Demikian adalah Informasi mengenai prodi yang ditawarkan oleh Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN. Apabila kamu berminat untuk bergabung dan menjadi seorang Praja STIN seutuhnya, sebaiknya kamu mempersiapkan diri sejak dini agar hasil yang kamu dapat lebih matang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Akademi kepolisian atau sering disebut juga dengan AKPOL merupakan sebuah sekolah ikatan dinas yang dinaungi oleh kalemdikpol dengan tujuan untuk mendidik dan mencetak para taruna Akpol menjadi perwira polri nantinya.