Mengenal Seleksi Kesamaptaan, Tes Wajib Saat Daftar Sekolah Kedinasan

oleh | Des 20, 2023 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Seleksi Kesamaptaan – Saat hendak mendaftar sekolah kedinasan, apapun itu seperti: IPDN, STIN, Poltekim, Poltekip, Akpol, Akmil dan lainnya akan ada tahap seleksi kesamaptaan yang harus dilalui. Jadi seleksinya tidak hanya secara administratif dan tes tertulis saja. Nah dalam artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai apa itu samapta atau kesamaptaan.

Pengertian Seleksi Kesamaptaan

Tes kesamaptaan adalah rangkaian dari tes seleksi masuk sekolah kedinasan, dengan bentuk tes fisik untuk mengukur kemampuan fisik calon taruna/taruni. Dengan adanya tes ini, calon taruna/taruni yang berhasil lolos bisa dikategorikan kuat dalam berkegiatan sesuai dengan yang ditetapkan masing-masing sekolah kedinasan itu.  Atau dengan kata lain tidak terlalu terbebani untuk melakukan kegiatan yang berat.

Baca juga: Mengenal Jurusan Universitas Amikom Yogyakarta dan Keunggulannya yang Punya Banyak Prestasi

Sekolah kedinasan juga rata-rata berada di bawah naungan berbagai kementerian Republik Indonesia, dan lulusannya sangat dibutuhkan untuk menjadi tenaga kerja dalam ruang lingkup pemerintahan. Maka dari itu tes samapta ini dibutuhkan untuk menjaring taruna/taruni yang kondisi fisiknya baik untuk mendukung kinerja secara maksimal. Untuk rangkaian tes fisiknya biasanya dilakukan dalam berolahraga, seperti lari, push up, sit up dan lainnya.

Macam-Macam Tes Fisik Kesamaptaan

Dalam tes fisik kesamaptaan ini, kamu dan para peserta lainnya akan dites berbagai macam aktivitas fisik berupa olahraga, seperti:

1.    Tes Lari

Untuk mencapai nilai aman, calon taruna pria harus mampu menyelesaikan minimal 5,5 putaran lapangan sepak bola atau sekitar 2,5 km dalam waktu 12 menit. Sementara itu, calon taruni wanita harus menyelesaikan minimal 4,5 putaran lapangan sepak bola atau sekitar 2,5 km dalam waktu 14 menit.

2.    Tes Sit-Up

Untuk tes sit-up, calon taruna dan taruni diharuskan menjalani tes fisik ini untuk melihat kkuatan serta fleksibilitas badannya. Biasanya dalam tes ini akan ada bantuan satu orang untuk memegangi kedua kaki selama berlangsungnya proses sit-up, dan dilakukan dalam waktu 1 menit.

3.    Tes Push-Up

Untuk tes push-up, calon taruna harus mampu melakukan push-up dengan waktu yang ditentukan yakni dalam 1 menit. Sedangkan untuk taruni juga diharapkan bisa melakukan push-up dengan teknis khusus wanita dalam waktu 1 menit.

4.    Tes Pull-Up

Tes pull-up jika dideskripsikan adalah gerakan mengangkat tubuh dengan tangan pada tiang horizontal. Nah untuk teknisnya calon taruna pria dan wanita berbeda, karena untuk wanita akan melakukan chinning dengan cara yang hampir sama dengan pull-up.

5.    Tes Shuttle Run

Tes ini akan dilakukan lari jarak pendek dengan melingkari sebuah lintasan yang bentuknya mirip angka 8. Penilaiannya adalah dengan sistem sprint atau mengutamakan kecepatan yang dimiliki. Jadi semakin cepat kekuatan larinya, nilainya juga akan semakin tinggi.

Tahapan Tes Samapta

Tes samapta biasanya menjadi rangkaian terakhir dari seleksi penerimaan taruna. Sebelumnya, taruna/taruni diharuskan mengisi identitas dan mengecek tensi darah. Tes Kesamaptaan sendiri terdiri dari dua sesi, yakni sesi A dan B. Untuk sesi A akan ada tes lari di lapangan dengan durasi yang diberikan adalah 12 menit untuk pria dan 14 menit untuk wanita, peserta tes harus menjangkau jarak 3450 meter.

Untuk sesi B terfokus pada tes chinning, dengan target 72 kali bagi perempuan, dan pull up sebanyak 17 kali bagi laki-laki. Dilanjutkan dengan sit up selama 1 menit, 40 kali untuk perempuan dan 50 kali untuk laki-laki. Kemudian, dilakukan push up dengan lama waktu yang sama, 42 kali bagi laki-laki dan 37 kali bagi perempuan. Tahap terakhir adalah shuttle run dengan target 3 putaran dalam waktu 17 detik untuk perempuan dan 16 detik untuk laki-laki.

Nah untuk bisa mencapai target maksimal seleksi kesamaptaan, tentunya kamu perlu mempersiapkan diri dengan rutin latihan. Dan baiknya lagi kamu bisa ikut Bimbel yang memiliki tentor profesional dalam bidang kesamaptaan ini. Indonesia College bisa jadi pilihan kamu mengikuti Bimbel Kedinasan, lho. Dan pastinya sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun, tidak perlu diragukan lagi kualitasnya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.