Mengerti Jenis-jenis Cumlaude dan Tips Meraihnya

oleh | Okt 5, 2021 | Blog | 0 Komentar

Jenis-jenis Cumlaude – Memasuki dunia perkuliahan, ada berbagai istilah yang mungkin asing dan jarang diketahui pengertiannya oleh mahasiswa baru. Terdapat istilah-istilah yang memang khusus digunakan di dunia perkuliahan saja seperti misalnya Cumlaude.

Istilah Cumlaude lebih sering digunakan oleh mahasiswa yang sudah lama berkuliah atau akan segera lulus. Istilah ini memiliki kaitan erat dengan nilai yang diperoleh selama masa kuliah. Predikat Cumlaude diberikan kepada mahasiswa yang mendapatkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi dan memenuhi persyaratan dari kampus.

Cumlaude sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yang artinya dengan pujian. Artinya, mahasiswa yang berhasil lulus Cumlaude akan mendapat predikat dengan pujian karena berhasil menuntaskan studi dengan nilai tinggi dan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

Sebenarnya, dalam pemberian predikat ini, ada beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh kampus. Predikat dengan pujian sendiri tidak hanya ada satu, namun ada jenis-jenis Cumlaude yang dapat diberikan kepada mahasiswa. Yuk, cari tahu!

Apa Saja Jenis-jenis Cumlaude?

Di Indonesia, pemberian predikat dengan pujian biasanya hanya satu yaitu Cumlaude. Padahal kenyataannya, ada beberapa jenis-jenis Cumlaude untuk mahasiswa berprestasi. Predikat ini lebih sering ditemukan di kampus-kampus luar negeri. Tentunya, setiap jenis predikat dengan pujian ini memiliki kriteria berbeda-beda.

Cumlaude

Jenis predikat yang pertama tentunya yaitu Cumlaude yang berati ‘Dengan Pujian’ atau ‘Kehormatan’. Mahasiswa yang bisa mendapatkan predikat ini haruslah memiliki IPK di atas 3,50 atau lebih tepatnya yaitu 3,51 sampai 3,79. Selain itu, mahasiswa juga tidak memiliki nilai remidial seperti C atau D dan lulus tepat waktu.

Magna Cumlaude

Bagi mahasiswa yang mendapatkan nilai IPK akhir di atas 3,79, bisa mendapatkan predikat Magna Cumlaude. Mahasiswa dengan predikat ini artinya lulus dengan ‘Kehormatan Besar’ atau ‘With Great Honor’. Kisaran IPK yang bisa mendapat predikat ini yaitu 3,80 sampai 3,99.

Summa Cumlaude

Bisa mendapatkan IPK di atas 3,99 atau sempurna yaitu 4,00? Kamu artinya bisa lulus dengan menyandang predikat kelulusan tertinggi yaitu Summa Cumlaude. Predikat ini artinya mahasiswa lulus dengan ‘Kehormatan Tertinggi’ atau ‘With Highest Praise’. Predikat ini diberikan untuk mahasiswa dengan nilai yang sempurna untuk semua mata kuliah.

Baca juga Kuliah Jurusan Hukum, Apa yang Dipelajari dan Prospek Kerjanya?

Tips Lulus Kuliah dengan Predikat Cumlaude

jenis jenis cumlaude

Bisa lulus kuliah tepat waktu, nilai memuaskan, dan menyandang predikat Cumlaude tentunya impian banyak orang. Hanya saja, hal ini tidak bisa didapat dengan mudah. Setiap mahasiswa harus berjuang untuk bisa lulus ‘Dengan Pujian’.

Mendapatkan predikat Cumlaude tidak mudah karena ada banyak hal yang menjadi faktor penentu. Kamu tidak hanya butuh IPK yang memenuhi persyaratan, namun ada ketentuan lain yang harus dipenuhi seperti masa studi yang tidak melebih batas, tidak pernah mengulang mata kuliah, tidak ada nilai remedial, dan lain-lain.

Mendapatkan IPK tinggi bukan berarti seseorang bisa lulus dengan menyandang predikat Cumlaude. Meskipun begitu, hal ini sangat mungkin untuk diraih jika kamu berusaha. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya bisa lulus Cumlaude.

  • Merencanakan perkuliahan yang akan diikuti mulai dari mata kuliah, dosen, jadwal, dan juga jumlah SKS.
  • Rajin masuk kuliah sehingga memenuhi presensi.
  • Maksimal saat mengerjakan tugas untuk mendongkrak nilai akhir mata kuliah.
  • Mengumpulkan tugas tepat waktu sehingga tidak mendapat pengurangan nilai.
  • Mempelajari ulang materi yang didapat selama kuliah.
  • Mempersiapkan ujian sebaik mungkin.
  • Bisa mengatur waktu antara kuliah dan kegiatan di luar seperti organisasi mahasiswa, kerja, atau magang.
  • Memiliki target waktu kelulusan.
  • Tidak menunda-nunda saat mengerjakan skripsi.
  • Meminta saran dari dosen penasihat akademik terkait nilai dan rencana kuliah.

Kamu sudah mengerti jenis-jenis Cumlaude dan tips meraihnya, kan? Lulus dengan pujian tentu merupakan suatu kebanggan tersendiri. Tentunya, kamu perlu berusaha keras untuk bisa lulus dengan predikat ini. Yuk, semangat kuliah!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...