Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Peluang Karir dan Biaya Kuliah di Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan)

oleh | Sep 28, 2022 | Blog, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

Kedokteran Untan – Universitas Tanjungpura (Untan) merupakan perguruan tinggi negeri di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Untan membuka Fakultas Kedokteran, fakultas ini menyediakan beberapa program studi, salah satunya yaitu program studi Pendidikan Dokter.

Pada tahun 2003 digagas pembukaan prodi Pendidikan Dokter (PSPD) dengan melibatkan stakeholders yang terdiri dari Universitas Tanjungpura, Pemerintah dan DPRD Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan DPRD, termasuk melibatkan tokoh nasional putra asal Kalbar dan tokoh masyarakat yang peduli terhadap pendidikan di Kalimantan Barat.

Yuk, simak informasi lebih lengkapnya mengenai Kedokteran Untan berikut ini.

Prodi Pendidikan Dokter UNTAN telah menerapkan kurikulum yang dikembangkan dari Kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia III (KIPDI III) yaitu Kurikulum Nasional Berbasis Kompetensi (KBK) untuk Pendidikan Kedokteran Dasar, Dokter yang memberikan pelayanan strata primer dengan pendekatan konsep kedokteran keluarga.

Pendidikan Dokter UNTAN merupakan program studi yang akan mencetak dokter berkualitas, kompeten dan mampu bersaing di tingkat nasional. Terdapat dua fase dalam pendidikan di Pendidikan Dokter Untan, yaitu fase pre klinik yang sebagian besar dilakukan di kampus dan fase klinik yang dilakukan di rumah-sakit dan puskesmas.

Program Studi Pendidikan Dokter FK UNTAN dapat ditempuh dalam waktu 5 tahun, 3 tahun pre klinik dan 2 tahun klinik. Setelah lulus, dokter baru hasrus menjalani program magang selama 1 tahun yang kemudian mendapatkan ijin praktek pribadi. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi kedokteran lebih lanjut, FK Untan membuka Program Pendidikan Dokter Spesialis, Magister Ilmu kedokteran dan kesehatan, atau Profesi Kedokteran.

Visi dan Misi

Visi

Menghasilkan sarjana kedokteran yang beretika dan kompetitif di tingkat nasional dan internasional, serta menjadi pusat penelitian kedokteran terkemuka di Kalimantan.

Misi

  • Menghasilkan sarjana kedokteran yang profesional, berorientasi ke depan dan menjunjung tinggi serta mengamalkan etika kedokteran.
  • Berperan aktif dalam pengembangan ilmu dan teknologi.
  • Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu kedokteran untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kalimantan Barat.
  • Memperluas kerjasama regional, nasional, dan internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran di Fakultas Kedokteran UNTAN.

Baca juga Informasi Pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Tanjungpura (Untan)

Peluang Karir

Lulusan Program Studi Pendidikan Dokter Untan dapat bekerja di:

  • Rumah Sakit
  • Puskesmas
  • Klinik/ balai pengobatan
  • Praktek pribadi baik di rumah atau di apotek
  • Perusahaan swasta
  • Perusahaan farmasi
  • Pusat-pusat penelitian kesehatan
  • Universitas, sebagai dosen

Biaya Kuliah Pendidikan Dokter Untan Angkatan 2022

Biaya kuliah di Untan terdapat (Uang Kuliah Tunggal) UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi/SPI (untuk jalur Mandiri), berikut rincian biaya kuliah Pendidikan Dokter di Untan:

UKT Pendidikan Dokter Kelas Reguler:

  • Kelompok UKT 1: Rp500.000
  • Kelompok UKT 2: Rp1.000.000
  • Kelompok UKT 3: Rp7.950.000
  • Kelompok UKT 4: Rp8.350.000
  • Kelompok UKT 5: Rp10.000.000

Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) Pendidikan Dokter Jalur Mandiri:

Program studi Pendidikan Dokter Untan tidak dikenakan biaya SPI.

Semoga artikel Peluang Karir dan Biaya Kuliah di Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan) di atas bermanfaat bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan Kedokteran, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!