Peluang Kerja Lulusan Sekolah Kedinasan STPI

oleh | Jun 13, 2020 | Blog, Matra Udara | 0 Komentar

KEDINASAN STPI – STPI ataubisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Sekolah Kedinasan STPI memiliki tugas dan fungsi mendidik putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia (SDM) yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang dapat diakui secara nasional maupun internasional. Bisa melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Kedinasan STPI tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Program studi yang di tawarkan oleh Sekolah Kedinasan STPI ada 4 yaitu :

1.urusan Penerbangan;

Di dalam jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) perwira penerbang yang mampu bersaing secara global dan professional.

1.Jurusan Teknik penerbangan;

Jurusan teknik penerbangan menerapkan pola belajar mandiri serta pola kerja secara teliti dan mendetail kepada para tarunanya.

2. Jurusan Keselamatan Penerbangan;

Jurusan Keselamatan Penerbangan STPI menghasilkan lulusan yang berkompeten, berdedikasi tinggi dan siap menjadi personil penerbangan yang handal dan profesional dalam bidang keselamatan.

3. Jurusan Manajemen Penerbangan.

Jurusan Manajemen Penerbangan STPI menghasilkan lulusan yang berkompeten, berdedikasi tinggi dan siap menjadi personil penerbangan yang handal dan profesional dalam bidang manajemen.

Baca Juga Mengenai : Tata Cara Pendaftaran STPI

Mengenal Sejarah Singkat Sekolah Kedinasan STPI

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) – Perjalanan terbentuknya STPI berawal dari Akademi Penerbangan Indonesia (API) yang mana didirikan tanggal 1 juni 1952 di Gempol, Kemayoran Jakarta. Seiring dengan perkembangan teknologi penerbangan, dan kebutuhan industri penerbangan di Indonesia, Akademi Penerbangan Indonesia (API) beberapa kali mengalami perubahan baik nama maupun statusnya. Akademi Penerbangan Indonesia (API) pada tahun 1954 dipindahkan dari Jakarta ke kampusnya yang baru, yaitu di wilayah kecamatan Legok, Tangerang. Akan tetapi pada saat itu lebih dikenal oleh masyarakat sdengan nama penerbangan dengan kampus Curug.

Untuk selanjutnya pada tahun 1969, Akademi Penerbangan Indonesia (API) berubah nama lagi menjadi Lembaga Perhubungan Udara (LPPU). Setelah beberapa tahun berlalu, kemudian pada tahun 1978, lembaga pendidikan ini kembali merubah namanya menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP) yang mana merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Badan Diklat Perhubungan. Hingga pada akhirnya pada tahun 2000 Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP) berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) dan masih bertahan hingga sampai saat ini.

Keberadaan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) didasari oleh Keputusan Presiden RI dan Menteri Perhubungan sebagai berikut :

  1. Keputusan Presiden RI nomor 43 tahun 2000 tanggal 10 Maret 2000 tentang Sekolah TInggi Penerbangan Indonesia.
  2. Keputusan Menteri Perhubungan nomor 64 tahun 2000 tanggal 21 Agustus 2000 tentang Organisaisi dan tata kerja Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia.
  3. Keputusan Menteri Perhubungan nomor SK. 29/DL.003/Diklat-2001 tanggal 29 Januari 2001 tentang Statuta Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia.

Ini Dia Peluang Kerja Lulusan Sekolah Kedinasan STPI

Seperti halnya sekolah kedinasan lain, di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) para alumninya juga tidak perlu khawatir akan prospek pekerjaan yang sesuai nantinya. Para alumni dari Sekolah Kedinasan STPI dipastikan dapat bekerja di Kementerian Perhubungan Republik Indonesia ataupun di instansi mitra dan tentunya kemungkinan kecil untuk menganggur. Selama masa pendidikan para taruna di STPI diberikan kemampuan dan bekal ilmu penerbangan yang siap untuk di terapkan di berbagai maskapai penerbangan. Maka dari itu, SDM yang dimiliki oleh para alumni STPI tidak perlu di ragukan, mereka adalah orang-orang profesional dan mau untuk bekerja keras.

Pada dasarnya ilmu penerbangan yang didapatkan dari sekolah kedinasan STPI dapat membawa kalian untuk bisa masuk ke beberapa perusahaan di Indonesia. Beberapa perusahaan tersebut mencakup berbagai macam sektor, antara lain :

  1. Perusahaan maskapai penerbangan;
  2. Perusahaan pengelola bandar udara;
  3. Perusahaan penyedia layanan lalu lintas udara;
  4. Perusahaan Minyak;
  5. Dan masih banyak lainnya.

Selain itu apabila kalian lulus dari Sekolah Kedinasan STPI ini juga status kalian akan dijamin berubah menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau ASN (Aparatur Sipil Negara). Tentu hal ini sangat menguntungkan, mengingat banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan apabila menjadi seorang PNS, terlebih kalian juga dapat bekerja di salah satu perusahaan besar yang ada di Indonesia. Maka dari itu apabila kalian ingin bekerja di salah satu perusahaan tersebut kalian bisa terlebih dahulu menyelesaikan masa pendidikan di sekolah kedinasan STPI ini.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

UNY Buka Seleksi Mandiri Berbagai Jalur

UNY Buka Seleksi Mandiri Berbagai Jalur

Seleksi Mandiri UNY – Tahun ajaran 2021/2022 akan segera dimulai. Berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sudah mulai menerima peserta didik baru. Bagi universitas negeri, secara umum terdapat 3 jalur yang dibuka, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri....

8 Program Studi Terfavorit di UNY

8 Program Studi Terfavorit di UNY

Prodi Terfavorit UNY – Memilih jurusan kuliah merupakan kembimbangan yang umum bagi siapa pun yang ingin melanjutkan pendidikan. Berbagai pertimbangan seperti prospek kerja, tuntutan orang tua, atau kesesuaian minat merupakan aspek-aspek yang mempengaruhi pemilihan...

7 Tips Sukses UTBK Saat Berpuasa Ramadhan

7 Tips Sukses UTBK Saat Berpuasa Ramadhan

Tips UTBK – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK gelombang kedua dimulai pada Senin, 26 April 2021. Ujian ini dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai pusat tes yang telah ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan...