Mau Masuk Poltekip dan Poltekim? Ikuti Pendaftaran Poltekip dan Poltekim Ini

oleh | Okt 24, 2019 | Blog | 0 Komentar

Barus selesai ujian Nasional SMA dan bingung mencari perguruan tinggi yang jelas masa depannya dan bisa langsung kerja? Jangan bingung, bimbang dan risau lagi, sebab di Indonesia ini ada banyak sekali perguruan tinggi yang bisa menjadikan Anda langsung jadi pegawai negeri.

Perguruan apakah tersebut? Nama perguruan tinggi ini adalah Poltekim dan Poltekip. Jadi, di Indonesia ini saat ini sedang dibuka pendaftaran Poltekip dan Poltekim secara serentak untuk putra putri Indonesia.

Bagi Anda yang berminat, Anda bisa langsung mendaftarkan diri. Namun, sebelum mendaftar ada baiknya jika Anda tahu apa itu Poltekip dan Poltekim terlebih dahulu. Poltekim adalah Politeknik Keiimigrasian. Sedangkan Poltekip adalah Politeknik Ilmu Kemasyarakatan yang merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Politeknik ini sendiri didirikan sebagai kawah candradimuka yang berisikan kader-kader pemasyarakatan Indonesia yang memiliki tugas pokok untuk melaksanakan jalur pendidikan dengan program studi Diploma IV.

Jurusan Poltekip dan Poltekim

Untuk Anda yang tertarik dan ingin mencoba keberuntungan dengan mendaftarkan diri ke perguruan tinggi ini, tentunya Anda harus tahu terlebih dahulu jurusan apa saja yang tersedia dalam perguruan tinggi ini.

Sehingga, nantinya jurusan ini dapat disesuaikan dengan kemampuan, bakat dan juga minat yang Anda miliki. Berikut ini adalah jurusan atau program studi yang ada di Poltekim dan Poltekip.

Jurusan di Poltekim

  • Hukum Keimigrasian
  • Administrasi Keimigrasian
  • Manajemen Teknologi Keimigrasian.

Jurusan di Poltekip

  • Teknik Pemasyarakatan
  • Manajemen Pemasyarakatan
  • Bimbingan Pemasyarakatan.

Adapun semua jurusan tersebut ditempuh dalam waktu pendidikan 4 tahun dengan program studi Diploma IV. Hal ini bertujuan agar kader-kader yang dihasilkan dalam pendidikan ini adalah kader-kader yang profesional dan sesuai dengan bidangnya.

Syarat Masuk Poltekip dan Poltekim

Bagi Anda yang ingin masuk ke perguruan tinggi ini, pastikan bahwa diri Anda layak dan memang pantas untuk masuk. Untuk mengetahui kelayakan tersebut dilakukan dengan melihat persyaratannya. Jika Anda dikatakan layak, maka Anda memenuhi setiap persyaratan yang dicantumkan. Adapun syarat masuk Poltekip dan syarat masuk Poltekim adalah sebagai berikut:

  1. Berkewarganegaraan WNI
  2. Pria/wanita
  3. Pendidikan SMA sederajat dengan ketentuan nilai ijazah rata-rata adalah 7,0 dengan nilai bahasa Inggris sekurang-kurangnya 7,0 yang ditujukan dengan rapor nilai akhir semester. Sedangkan untuk putra asli Papua dan Papua Barat, nilai ijazah minimal 6,0 dan nilai bahasa Inggris 6,0.
  4. Usia minimal 17 tahun dam maksimal 22 tahun terhitung dari 1 Maret 2019.  Hal ini harus dibuktikan dengan menggunakan akte kelahiran maupun surat keterangan lahir.
  5. Memenuhi persyaratan tinggi badan untuk pria 16 cm dan wanita 158 cm dimana antara tinggi badan dengan berat badan harus seimbang yang dilakukan dengan menggunakan hasil pengukuran pada saat dilaksanakannya verifikasi dokumen asli atau tes administrasi.
  6. Sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki kecacatan fisik dan mental, bebas narkoba, bebas dari HIV/AIDS, tidak ber-softlens dan berkacamata, tidak tuli dan juga tidak buta warna.
  7. Bagi pria, tidak bertato, bertindik, memiliki bekas tato, memiliki bekas tindik kecuali jika disebabkan karena agama ataupun adat.
  8. Untuk wanita, tidak bertato, atau memiliki bekas tato, tidak bertindik kecuali di bagian telinga.
  9. Belum pernah menikah atau melangsungkan pernikahan yang dibuktikan dengan surat keterangan lurah dan bersedia untuk tidak menikah selama proses pendidikan.
  10. Bersedia untuk ditempatkan di Unit Pelaksanaan (UPT) pemasyarakatan dan Imigrasi yang berada di seluruh wilayah Indonesia.
  11. Tidak pernah putus studi atau drop out dari universitas, maupun politeknik Ilmu Kemasyarakatan dan instansi lainnya.
  12. Membuat serta mengisi formulir pernyataan serta mengisi dan melengkapi surat-surat keterangan lain yang dibutuhkan jika dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa.
  13. Tidak sedang melaksanakan ikatan dinas dengan instansi atau perusahaan lain.
  14. Sedangkan bagi peserta yang mengikuti seleksi dari Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum dan HAm harus memenuhi semua syarat di atas juga harus memenuhi syarat berikut: sudah mendapatkan persetujuan untuk mengikuti pendidikan dengan pangkat/golongan.

Ruang setinggi-tingginya pengatur Muda yang dibuktikan dengan adanya surat pengantar dari pejabat Pemimpin Tinggi. umur pada tanggal 1 Maret 2019 tidak boleh melebihi usia 25 tahun yang dibuktikan dengan menggunakan akte ataupun surat keterangan lahir.

Lalu, sedang tidak menjalankan proses pemeriksaan atau hukuman disiplin tingkat sedang ataupun berat sesuai dengan peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 yang sudah dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala Satuan Kerja.

Peserta juga hanya mendaftarkan diri pada satu program pendidikan saja yang sesuai dengan formasi PNS sebelumnya (pNS yang bekerja pada jajaran pemasyarakatan hanya boleh mendaftar pada program Poltekip dan PNS pada jajaran imigrasi hanya boleh mendaftar pada Poltekim saja).

Pendaftaran Poltekim dan Poltekip

Untuk Anda yang ingin mendaftarkan diri ke Poltekim dan Poltekip, perhatikan bahwa pendaftarannya akan segera dibuka. Jadi, kedua perguruan tinggi ini membuka pendaftaran melalui jalur online dimana pendaftaran akan dibuka mulai dari tanggal 9-30 April 2019. Dari tanggal tersebut, pastikan Anda sudah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan agar tidak keteteran saat melakukan pendaftaran.

Adapun untuk jumlah mahasiswa yang direkrut setiap tahunnya berjumlah ribuan orang, jadi  gunakan kesempatan ini untuk membuktikan bahwa Anda memang pantas dan layak untuk masuk ke Poltekim dan Poltekip.

Tata Cara pendaftaran di Poltekip dan Poltekim

Untuk melakukan prose spendaftaran, Anda harus mengikuti tat cara yang sesuai. Hal ini bertujuan agar tidak ada miss komunikasi dan Anda mengalami kebingungan saat melakukan pendaftaran. Berikut ini adalah tata cara pendaftaran yang bisa Anda jadikan pedoman untuk mendaftar di Poltekip dan Poltekim.

  1. Para peserta yang akan melakukan pendaftaran harus melakukan registrasi terlebih dahulu secara online dengan mengunjungi https://sscndikdin.bkn.go.id/ dimulai dengan tanggal dibukanya proses pendaftaran yang sudah ditetapkan.
    Proses registrasi ini bertujuan agar Anda mendapatkan username dan password. Jika sudah mendapatkan, jangan lupa untuk melakukan cetak tanda bukti pendaftaran sebanyak-banyaknya agar tidak hilang.
  2. Sedangkan untuk peserta PNS Kementerian Hukum dan HAM melakukan proses registrasi online melalui seitus http://catar.kemenkumham.go.id untuk mendapatkan pasword dan juga username pendaftaran. Jangan lupa untuk cetak kartu bukti sebanyak-banyaknya.
  3. Setelah para peserta berhasil mendapatkan username dan password, maka mereka harus melakukan registrasi ulang dengan mengunjungi http://catar.kemenkumham.go.id sesua dengan tanggal yang tertera pada jadwal. Di tahap ini Anda harus mengunggah berkas-berkas lamaran yang diperlukan serta mencetak tanda bukti pendaftaran yang kedua.

Adapun berkas-berkas yang harus diunggah adalah sebagai berikut:

  • KTP asli
  • Ijazah atau STTB asli
  • Transkip Nilai terakhir asli
  • Nilai rapor semester akhir asli
  • SKCK dari kepolisian setempat yang masih berlaku asli
  • Akta kelahiran atau surat keterangan kelahiran asli dari Dinas Kependudukan catatan Sipil
  • Surat keterangan belum menikah dari Lurah tempat domisili  asli
  • Surat pernyataan yang berisikan sanggup untuk mematuhi perjanjian ikatan dinas, sanggup untuk mengganti semua biaya yang dikeluarkan jika mengundurkan diri, mau dan bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia setelah selesai melaksanakan program pendidikan.

Sanggup untuk tidak menikah selama proses pendidikan dan sedang tidak terikat dengan instansi lain. Surat tersebut ditandatangani dengan pena berwarna hitam dengan materi Rp.6000

  • Pas foto yang ber-background merah untuk Poltekip dan ber-background biru untuk Poltekim dengan ukuran 3×4
  • Tanda bukti dari cetak pendaftaran asli
  • Khusus untuk peserta yang baru lulus tahun ini, untuk persyaratan ijazah dapat digantikan dengan surat keterangan mengikuti Ujian nasional yang ditandatangani kepala sekolah asli
  • Untuk peserta yang berasal dari NS Kemenkumham harus melampirkan surat persetujuan dari pejabat Pimpinan Tinggi, surat keterangan sedang tidak dalam proses pemeriksaan dan menjalani hukuman disiplin tingkat sedang maupun rendah dari Kepala Satuan Kerja. Unggah pula SK CPNS, SK PNS, dan SK Pangkat terakhir ke http://simpeg.kemenkumham.go.id .

Tahapan Seleksi Poltekim dan Poltekip

Setelah Anda selesai melakukan pendaftaran, maka Anda akan dihadapkan dengan tahapan seleksi masuk Poltekip dan Poltekim. Adapun tahapan seleksi ini meliputi seleksi:

  1. Seleksi Administrasi (Verifikasi Berkas Unggah dan Verifikasi Berkas Asli)
  2. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
  3. Tes Kompetensi Bidang (TKB)
  4. Tes Kesehatan
  5. Tes Kesamaptaan
  6. Ujian Tulis Psikotes dan Wawancara Psikotes
  7. Tes Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK).

Adapun tahapan seleksi yang digunakan dalam proses seleksi adalah seleksi dengan melalui sistem gugur. Adapun formasi yang diperlukan untuk Poltekip sebanyak 250 orang dengan rincian Pria sejumlah 200 orang dan wanita sejumlah 50 orang. Sedangkan untuk Poltekim formasi yang dibutuhkan juga 250 orang dengan formasi pria 220 orang dan wanita 30 orang saja.

Sedangkan formasi Poltekip yang berasal dari PNS Kementerian Hukum dan HAM paling banyak hanya berjumlah 20 orang terbaik dan lulus pada semua tahapan seleksi. Sama halnya dengan Poltekip, Poltekim juga menerima formasi untuk PNS kementerian Hukum dan ham sebanyak 1 orang terbaik yang lolos pada setiap seleksi.

Adapun prose spembayaran dan seleksi tidak dipungut biaya sedikitpun atau bisa dikatakan gratis. Hal ini tidak berlaku pada Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang diselenggarakan oleh badan Kepegawaian Negara yang sudah diatur dalam PP Nomor 63 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Badan Kepegawaian Negara dan Peraturan Badan Kepegawaian Negara.

Selain itu, semua seleksi akan dilaksanakan di Jakarta dimana para panitia akan menginformasikan kekurangan berkas pada unggah melalui email kepada para peserta. Apabila pada batas waktu tidak segera dilengkapi, maka secara langsung peserta dianggap gugur.

Untuk para peserta yang berasal dari lulusan tahun ini, yang apabila lolos dalam tes, sebelum melaksanakan tes Psikotes dan wawancara wajib untuk menunjukkan surat keterangan lulus yang dilampirkan dengan nilai ujian yang sudah ditandatangani oleh kepala sekolah.

Panitia akan menyatakan peserta gugur jika tidak dapat menunjukkan dokumen tersebut dengan nilai yang tidak memenuhi persyaratan. Keputusan panitia yang seperti ini tidak dapat diganggu gugat.

Nah, jika di kemudian hari ditemukan dokumen ataupun keterangan yang tidak sesuai, maka panitia seleksi akan menggugurkan peserta tersebut. Sedangkan bagi peserta yang tidka melakukan regstrasi ulang melalui http://catar.kemenkumham.go.id maka panitia juga akan menyatakan gugur.

Jika ada peserta yang sudah diterima dan lolos seleksi namun menyatakan ingin mengundurkan diri, maka panitia akan menggantinya dengan peringkat di bawahnya yang sesuai dengan keputusan rapat yang ditetapkan.

Perlu diingat bahwa kelulusan dari para peserta merupakan prestasi dari peserta itu sendiri. Jika ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menjanjikan kelulusan dengan motif tertentu, maka hal tersebut masuk dalam kategori penipuan yang berada di luar tanggung jawab panitia.

Perlu diketahui juga untuk para peserta yang lolos seleksi bahwa pihak Politeknik tidak menyediakan asrama, sehingga Anda harus mencari tempat tinggal sendiri selama proses pendidikan. So, semangat mencoba dan jangan lupa berdoa pada tahapan seleksi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Materi Tes Poltekip dan Poltekim

Untuk Anda yang akan mengikuti seleksi tes Poltekip dan Poltekim, tentunya Anda harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Sebab, Anda tidak akan tahu soal seperti apa yang akan keluar nanti.

Ada baiknya jika Anda mencari informasi dari orang yang pernah mengikuti seleksi ataupun alumni agar lebih shaip mempersiapkan materi yang dibutuhkan dalam proses seleksi.

Misalnya saja seperti Tes Kemampuan Dasar, di sini tes yang dilakukan adalah tes layaknya tes CPNS, dimana soalnya kurang lebih hampir sama. Jadi, setelah Anda melaksanakan tes tersebut, maka skor akan langsung muncul dan skor tersebut dapat dilihat secara online oleh keluarga maupun orang yang mengantarkan Anda mengikuti tes.

Sedangkan untuk tes kesehatan pastika saja bahwa tubuh Anda dalam keadaan yang sehat. Sebab, jika Anda tidak memiliki penyakit yang serius maka besar kemungkinan Anda akan lolos dalam tes ini. Adapun biasanya yang dicek dalam tes ini seperti tensi, gigi, varises, tes buta warna dan masih banyak lainnya.

Untuk tes kesamaptaan bisa digambarkan seperti masuk Akademi Kepolisian dimana di sini tes fisik lebih diutamakan. Untuk mengikuti tes ini, ada baiknya jika Anda sudah mempersiapkan diri dengan rajin berolahraga sebelum tes dilaksanakan. Sebab, di sini Anda akan diminta untuk berlari, sit up, push up,  dan masih banyak lainnya.

Lain hanya tes psikotes, tes psikotes yang dilakukan hampir mirip dengan tes IQ. Hanya saja di sini Anda juga akan dihadapkan dengan tes untuk membaca koran. Dan untuk tes wawancara, persiapkan saja berbagai jawaban yang tepat, dan jawab dengan tenang, singkat, padat dan tidak berbelit-belit.

Untuk tes yang terakhir adalah tes keterampilan. Pada tes ini Anda akan diminta unjuk bakat yang dimiliki. Misalnya bakat bermain musik, ya tunjukkan hal tersebut di depan panitia. Atau Anda memiliki bakat dalam melukis, bakat menulis dan lainnya harus ditunjukkan dengan menggunakan alat peraga. Pastikan Anda menunjukkan yang terbaik dalam tes ini.

Pengumuman Poltekip dan Poltekim

Jika Anda sudah melaksanakan semua tes di atas, maka nantinya akan ada pengumuman yang menunjukkan apakah anda diterima atau tidak. Nah, pengumuman ini akan disampaikan secara langsung melalui situs remsi yakni http://catar.kemenkumham.go.id/ atau bisa kunjungi https://sscndikdin.bkn.go.id/.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menjadi bagian dari Poltekip dan Poltekim? Jika Anda tertarik langsung saja ikuti pendaftaran Poltekip dan Poltekim sekarang juga. Siapa tahu Anda memang beruntung. Kapan lagi coba lulus pendidikan langsung mendapatkan pekerjaan dan menjadi pegawai negeri. So, gunakan kesempatan ini semaksimal mungkin.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Akademi kepolisian atau sering disebut juga dengan AKPOL merupakan sebuah sekolah ikatan dinas yang dinaungi oleh kalemdikpol dengan tujuan untuk mendidik dan mencetak para taruna Akpol menjadi perwira polri nantinya.