Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021, PKN STAN Raih Peminat Terbanyak

oleh | Mei 3, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Pendaftaran Sekolah Kedinasan – Setiap kali penerimaan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) dibuka, ribuan masyarakat Indonesia selalu beramai-ramai mendaftar. Tidak terkecuali di tahun 2021 ini, saat pandemi COVID-19 masih melanda.

Berdasarkan pendaftaran yang dibuka pada 9 – 30 April 2021 lalu, total sebanyak 203.448 pelamar telah melakukan submit ke laman https://dikdin.bkn.go.id. Dari jumlah itu, semuanya terbagi ke 33 formasi yang telah dibuka.

Melihat daftar yang dipublikasikan oleh BKN, di pendaftaran sekolah kedinasan 2021, PKN STAN raih peminat terbanyak. Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang jumlah pendaftar PTK di tahun 2021.

PKN STAN Duduki Peringkat Pertama Pendaftar Terbanyak

Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN masih menjadi sekolah kedinasan yang menjadi incaran banyak orang. Hal ini terbukti dari tingginya animo pendaftar di tahun 2021 meskipun jumlah mahasiswa yang diterima jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan penerimaan di tahun 2019.

Pada tahun 2021 ini, sekolah kedinasan asuhan Kemenkeu ini hanya membuka pendaftaran untuk jenjang D-IV. Total kursi yang tersedia yaitu sebanyak 275 mahasiswa. Jumlah tersebut tidak mencapai sepersepuluh dari total pendaftar PKN STAN yaitu 41.982 orang.

Sama Seperti Tahun Sebelumnya, IPDN dan Polstat STIS Tetap Raih Banyak Pelamar

Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Posisi kedua sekolah kedinasan dengan pendaftar terbanyak diperoleh oleh Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN. Meski tak sebanyak tahun sebelumnya, pelamar yang telah submit pendaftaran ke sekolah kedinasan dalam naungan Kemendagri ini tetap tinggi yaitu mencapai 36.560 orang.

Kemudian, di peringkat ketiga yaitu Politeknik Statistika atau Polstat STIS. Sekolah kedinasan dalam naungan Badan Pusat Statistik ini mendapat sebanyak 26.727 pendaftar di tahun 2021 ini. Hanya turun sekitar 7% dari pelamar di tahun sebelumnya.

Baca juga 6 Sekolah Kedinasan dengan Pendaftar Terbanyak pada Tahun 2020.

Poltekim dan Poltekim Berada di Posisi 4 dan 5 Secara Berurutan

Sekolah kedinasan dalam naungan Kemenkumham, Poltekim dan Poltekip juga termasuk PTK dengan peminat tertinggi di tahun 2021. Keduanya berhasil mendapatkan pendaftar sebanyak 15.083 (Poltekim) dan 13.330 (Poltekip). Jika dijumlahkan, total pendaftar Calon Taruna Kemenkumham mencapai 28.413 orang, lebih banyak dibandingkan tahun 2020.

PTDI STTD Jadi PTK Kemenhub Pendaftar Tertinggi

Politeknik Transportasi Darat Indonesia atau PTDI STTD menduduki posisi keenam jumlah pendaftar terbanyak di penerimaan PTK tahun 2021. Sebanyak 13.121 pelamar telah submit pendaftaran ke sekolah kedinasan yang terletak di Bekasi ini.

Melihat jumlah peminat tersebut, PTDI STTD menjadi sekolah kedinasan dengan pendaftar tertinggi di lingkungan Kemenhub. Institusi ini berhasil meraih pelamar terbanyak jika dibandingkan dengan 21 PTK milik Kementrian Perhubungan lainnya.

Pendaftar STMKG dan STIN Capai Lebih dari 10.000 Orang

Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Meskipun tidak membuka pendaftaran di tahun 2020, peminat Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau STMKG tetaplah tinggi. Hal ini terbukti dari pendaftarnya yang mencapai 10.886 orang meskipun daya tampung yang tersedia hanya untuk 265 taruna/taruni.

Selain STMKG, pendaftar Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN juga menembus angka 10.000 orang. Lebih tepatnya, sebanyak 10.465 orang akan ikut seleksi supaya bisa mendapatkan pendidikan keintelijenan di STIN.

Poltek SSN dan PPI Madiun Masuk Daftar 10 Besar

Dua sekolah kedinasan yang menerima pendaftaran terbanyak berikutnya yaitu Politeknik Siber dan Sandi Negara atau Poltek SSN dan Politeknik Perkeretaapian Indonesia atau PPI Madiun. Poltek SSN mendapatkan peringkat kesembilan dengan jumlah pendaftar sebanyak 5.545, diikuti oleh PPI Madiun di urutan kesepuluh dengan 4.850 orang pelamar.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

8 Program Studi Terfavorit di UNY

8 Program Studi Terfavorit di UNY

Prodi Terfavorit UNY – Memilih jurusan kuliah merupakan kembimbangan yang umum bagi siapa pun yang ingin melanjutkan pendidikan. Berbagai pertimbangan seperti prospek kerja, tuntutan orang tua, atau kesesuaian minat merupakan aspek-aspek yang mempengaruhi pemilihan...

7 Tips Sukses UTBK Saat Berpuasa Ramadhan

7 Tips Sukses UTBK Saat Berpuasa Ramadhan

Tips UTBK – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK gelombang kedua dimulai pada Senin, 26 April 2021. Ujian ini dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai pusat tes yang telah ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan...