Pendaftaran Sekolah Kedinasan Jalur DIKDIN BKN Dibuka Hari Ini!

oleh | Apr 9, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Sekolah Kedinasan – Berdasarkan informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), pendaftaran CPNS jalur sekolah kedinasan akan dimulai hari ini, Jum’at, 9 April 2021. Bagi siapa pun yang ingin mendapat pendidikan di Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), bisa mendaftarkan diri hingga tanggal 30 April 2021.

Terdapat sembilan Kementrian/Instansi/Lembaga pemerintah yang ikut serta dalam seleksi terintegrasi dari BKN ini. Masing-masing lembaga menaungi satu atau lebih sekolah kedinasan. Penjelasan lebih lanjut bisa dibaca di bawah ini.

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Jalur DIKDIN BKN Dibuka Hari Ini!

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Poltek SSN Sekolah Kedinasan

Pertama yaitu Politeknik Siber dan Sandi Negara atau Poltek SSN yang dulu lebih dikenal dengan nama STSN. Institusi pendidikan ini berada di dalam naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Di sini terdapat 3 program Diploma 4 yaitu Rekayasa Keamanan Siber, Rekayasa Kriptografi, dan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi.

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Pada seleksi sekolah kedinasan tahun 2021 ini, STMKG membuka pendaftarannya lagi. Sekolah kedinasan yang berada di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ini akan menerima sebanyak 265 Taruna. Informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran STMKG bisa dibaca di sini.

Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS)

Mengingat pentingnya kebutuhan data untuk negara, Badan Pusat Statistik (BPS) membuka penerimaan mahasiswa baru Politeknik Statistika atau Polstat STIS. Di sini tersedia dua jurusan yaitu Statistika (D-III dan D-IV) serta Komputasi Statistik (D-IV). Kemudian, setelah lulus mahasiswanya akan langsung ditugaskan di berbagai lembaga pemerintah.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Kedinasan STIN

Badan Intelijen Negara (BIN) juga berpartisipasi dalam seleksi sekolah kedinasan 2021. Lembaga pendidikan naungannya, STIN, membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia yang ingin berperan dalam aktivitas intelijen negeri ini. Informasi lebih lanjut mengenai penerimaan STIN bisa diakses melalui laman
https://ptb.stin.ac.id/.

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Setelah sempat tidak membuka penerimaan mahasiswa baru di tahun 2020, PKN STAN kembali menyelenggarakan seleksi peserta didik di tahun 2021. Sebagai salah satu sekolah kedinasan dengan peminat tertinggi, tidak mengherankan apabila seleksi masuk PKN STAN sangatlah ketat. Indonesia College menyediakan program bimbingan PKN STAN untuk membantu siapa pun yang ingin lolos seleksi.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Sekolah Kedinasan Terfavorit

Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN berhasil menduduki peringkat pendaftar terbanyak di tahun 2020. Antusiasme calon peserta tidak terlihat adanya penurunan di tahun ini, terlihat dari ramainya pencarian di media sosial. Salah satu faktor dari banyaknya peminat IPDN adalah kesempatan untuk langsung diangkat menjadi CPNS begitu dinyatakan diterima.

Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)

Politeknik Imigrasi atau POLTEKIM merupakan salah satu sekolah kedinasan yang berada di bawah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Terdapat 3 program studi jenjang D-IV di sini, yaitu Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, dan Manajemen Teknologi Keimigrasian.

Baca juga Informasi Penerimaan Sekolah Kedinasan Tahun 2021.

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)

Sekolah kedinasan lainnya di lingkungan Kemenkumham yaitu POLTEKIP. Di sini, juga diselenggarakan 3 program studi, yaitu Manajemen Pemasyarakatan, Teknik Pemasyarakatan, dan Bimbingan Pemasyarakatan.

Calon Taruna Kementrian Perhubungan (SIPENCATAR DEPHUB)

Sekolah Kedinasan Kemenhub

Terakhir, yaitu sekolah kedinasan yang berada di dalam naungan Kementrian Pehubungan. Ada 18 Perguruan Tinggi Kedinasan yang terbagi dalam Matra Darat, Matra Laut, dan Matra Udara. Daftar lengkapnya yaitu:

  1. Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD (PTDI-STTD) Bekasi;
  2. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal;
  3. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun;
  4. Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan (Poltrans SDP) Palembang;
  5. Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali;
  6. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta;
  7. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang;
  8. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar;
  9. Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya;
  10. Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Banten;
  11. Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Aceh;
  12. Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Sumatera Barat;
  13. Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Barombong;
  14. Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Sorong;
  15. Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Sulawesi Utara;
  16. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug;
  17. Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Surabaya;
  18. Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Makassar;
  19. Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Medan;
  20. Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Palembang;
  21. Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Jayapura.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Kedokteran UGM – Universitas Gadjah Mada atau UGM masih menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Sebagai institusi pendidikan berbentuk universitas, terdapat berbagai program studi yang dibuka oleh UGM. Kampus yang terletak di Bulaksumur...

Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Taruna AKPOL

Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Taruna AKPOL

Seleksi AKPOL – Salah satu sekolah kedinasan yang menjadi incaran banyak orang yaitu Akademi Kepolisian atau biasa disingkat dengan AKPOL. Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) ini berada di bawah naungan Kepolisian Republik Indonesia dan diadakan guna menghasilkan Perwira...