Pendaftaran UTUL UGM beserta Contoh Soal UTUL UGM

oleh | Nov 27, 2019 | Blog | 0 Komentar

Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu universitas favorit di Indonesia yang banyak dipilih oleh para lulusan SMA/MA/SMK untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Universitas unggulan yang satu ini juga masuk ke dalam jajaran universitas terbaik di dunia. Tak ayal, jika UGM mampu mencetak para lulusan yang unggul dalam bidang yang digelutinya.

Untuk bisa masuk dan menjadi mahasiswa UGM, ada beberapa jalur yang bisa Anda lewati. Salah satunya yakni dengan mengikuti UTUL UGM. Apa itu UTUL UGM dan bagaimana cara pendaftaran UTUL UGM? UTUL UGM merupakan singkatan dari Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada.

Untuk jenis jalur masuk yang satu ini merupakan sebuah seleksi dengan menggunakan kombinasi antara hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer dengan nilai UTUL yang diselenggarakan oleh pihak UGM itu sendiri.

Hal ini membuka peluang bagi para lulusan SMA/SMA/MA sederajat atau Paket C tahun 2019, 2018 dan 2017 untuk bisa mengikuti seleksi. Para calon mahasiswa tersebut diwajibkan untuk memilih 3 (tiga) dari program studi yang terdapat di Program Sarjana dan/atau Program Diploma serta sesuai dengan kelompok UTBK yang diinginkan oleh calon mahasiswa.

Di dalam Ujian Tulis UGM tersebut terbagi menjadi 3 kelompok, yakni:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Nah, Anda bisa memilih salah satu dari ketiga kelompok ujian tersebut. Namun, untuk bisa mengikuti UTUL UGM ini, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang ada di dalamnya. KIra-kira, persyaratan apa saja yang harus Anda penuhi? Berikut pembahasannya.

Ketentuan Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pendaftar adalah SMA/SMK/MA, atau sederajat, atau Paket C tahun 2019, 2018, dan 2017.
  3. Mempunyai sertifikat hasil UTBK.
  4. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak memerlukan proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Ketentuan Khusus

  1. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2017 dan 2018 harus memiliki ijazah.
  2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang tinggi memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi topi/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah. SKL wajib diambil saat mengikuti ujian tulis.

Tentu saja, ketentuan yang sudah disebutkan tersebut harus Anda penuhi, baik itu untuk ketentuan yang ditujukan secara umum, ataupun ketentuan yang ditujukan secara khusus. Nah, berdasarkan pernyataan yang ada disebut dalam ketentuan di atas, UTUL UGM ini boleh diikuti bagi para lulusan dari tahun 2017, 2018 dan 2019.

Tentu, ini menjadi sebuah kesempatan yang sangat baik, terutama bagi Anda yang para lulusan tahun 2017 dan 2018 yang masih sangat ingin untuk menjadi bagian dari Universitas Gadjah Mada. Selain harus mematuhi beberapa ketentuan umum dan ketentuan khusus yang sudah disebutkan di atas, para peserta ujian tulis UGM pun harus mengetahui prosedur apa saja yang harus dijalankan.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca prosedur di bawah ini. Nah, prosedur dari ujian tulis tersebut juga menjelaskan berapa besaran biaya UTUL UGM yang harus Anda bayarkan.

Prosedur UTUL UGM

  1. Membuat akun pendaftaran melalui http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke halaman tersebut untuk mendapatkan daftar pendaftaran secara online. bagi pendaftar jalur ujian berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, pilih pilihan sesuai dengan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi persyaratan, kemudian mengalihkan data untuk menerima kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi pembayaran Bank mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB NIAGA.
Kelompok BIaya Pendaftaran
Soshum Rp 300.000
Santa Rp 300.000
Campuran Rp 325.000

*) Untuk memilih maksimal 3 (tiga) program studi

  • Mencetak bukti pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
  • Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian, sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing.

Di dalam prosedur di atas sudah dijelaskan mengenai rincian biaya dari setiap kelompok ujian. Namu, di bawah ini juga akan dijelaskan mengenai petunjuk pembayaran dari biaya pendaftaran. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, berikut ini penjelasannya.

Petunjuk Pembayaran Biaya Pendaftaran

Untuk pembayaran dari biaya pendaftaran tersebut bisa Anda lakukan di beberapa bank seperti, BTN, BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri (BSM), BPD DIY, BNI Syariah, dan CIMB Niaga. Untuk metode pembayarannya yakni sebagai berikut:

Pembayaran Lewat Teller

  1. Untuk pembayaran melalui teller Anda bisa langsung datang ke kantor cabang dari BNI, BTN, BRI, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri (BSM), BPD DIY, BNI Syariah serta CIMB NIAGA.
  2. Anda tidak perlu menggunakan nomor rekening tujuan. Hanya cukup dengan memberitahukan kode bayar yang diperoleh setelah Anda selesai melakukan pendaftaran serta mengunci data (submit).
  3. Teller bank kemudian akan mencatatkan data pembayaran ke Sistem Host To Host UGM.
  4. Jika transaksi telah berhasil dibukukan, teller kemudian akan memberikan bukti pembayaran biaya pendaftaran yang digunakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara online di akun pendaftaran.

Nah, selain Anda bisa melakukan pembayaran lewat teller, Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui ATM, internet bankin ataupun SMS banking. Dengan adanya berbagai macam metode pembayaran tersebut, tentu akan membantu Anda untuk lebih mudah dalam melakukan pembayaran.

Ada banyak hal yang harus Anda siapkan saat mendaftar UTUL UGM yang satu ini. Selain beberapa hal di atas, Anda juga harus melengkapi beberapa dokumen. Adapun beberapa dokumen yang harus Anda penuhi, sebagai berikut.

Kelengkapan Dokumen UTUL

  1. Ijazah untuk lulusan tahun 2017 dan 2018, atau Surat Keterangan Lulus (SKL) untuk lulusan tahun 2019.
  2. Sertifikat hasil UTBK.
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK)

*untuk semua dokumen yang harus Anda lengkapi tersebut harus di scan terlebih dahulu, karena nantinya akan diunggah pada website UTUL UGM saat melengkapi kelengkapan administrasi.

Lalu, kapan jadwal UTUL UGM ini sendiri? Agar lebih jelas, berikut adalah jadwal dari UTUL UGM pada tahun 2019.

Pendaftaran Online Pembayaran Biaya Pendaftaran Cetak kartu Tes Tes Tertulis Pengumuman
11 Juni–1 Juli 2019 Sesuai jadwal yang ditentukan pada kode pembayaran masing-masing. 5 Juli 2019 14 Juli 2019 23 Juli 2019

Adapun beberapa materi tes tertulis yang harus Anda kuasai ialah sebagai berikut:

  1. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek terdiri atas: Matematika IPA, Biologi, Fisika dan Kimia.
  2. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Soshum terdiri atas: Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
  3. Tes Potensi Akademik (TPA).
  4. Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris.

Nah, untuk lokasi ujian dari UTUL UGM ini ternyata dilaksanakan di beberapa kota, berikut beberapa kota di Indonesia yang digunakan sebagai tempat Ujian Tulis UGM:

Lokasi Ujian Tulis (UTUL) UGM:

  1. Yogyakarta
  2. Surabaya
  3. Medan
  4. Pekanbaru
  5. Jakarta

*khusus bagi peserta yang memilih lokasi ujian di luar kota Yogyakarta, maka ada biaya verifikasi yang harus dibayarkan yaitu sebesar Rp 225.000 (dua ratus dua puluh lima ribu rupiah) dan biaya tersebut akan semakin murah pada tanggal 2 Juli 2019 pukul 23.59 WIB.

Sama halnya dengan beberapa jenis tes ujian tertulis yang ada pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), UTUL UGM juga memiliki tingkat kesulitan soal yang harus Anda pecahkan. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan rajin berlatih mengerjakan soal.

Contoh soal dari UTUL UGM sebenarnya bisa Anda temukan dengan mudah melalui internet. Nah, dengan berlatih secara terus-menerus, Anda pun bisa lebih terbiasa untuk memecahkan persoalan dari setiap soal yang disajikan.

Semoga, informasi tentang pendaftaran UTUL UGM yang satu ini bisa memberikan manfaat bagi Anda, terlebih untuk Anda yang sedang sangat memimpikan untuk bisa masuk  UGM dengan jalur ini. Tetaplah berusaha dan jangan lupa untuk diselingi dengan do’a kepada Sang Maha Pencipta dan semoga beruntung.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

STIS –  atau dengan nama lain Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang statistika dan...

6 Cara Sukses Masuk IUP Medicine UGM

6 Cara Sukses Masuk IUP Medicine UGM

IUP MEDICINE UGM - International Undergraduate Program (IUP) juga sudah tersedia di program studi kedokteran  Universitas Gadjah Mada (UGM). IUP Medicine UGM termasuk kedalam bagian dari FKKMK yang ada di UGM, yaitu Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan...

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

6 Tips Sukses Masuk STIS Terupdate

KEDINASAN STIS – bisa juga disebut dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini memiliki sebuah tujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di...

6 Tips Sukses Masuk PKTJ Terupdate

6 Tips Sukses Masuk PKTJ Terupdate

PKTJ TEGAL – PKTJ Tegal atau biasa juga di sebut dengan nama Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Perguruan Tinggi Kedinasan ini memiliki...

Kelebihan Masuk AKMIL Yang Harus Kalian Ketahui

Kelebihan Masuk AKMIL Yang Harus Kalian Ketahui

AKMIL – Akademi Militer atau biasa disebut dengan AMILMerupakan sebuah lembaga Perguruan Tinggi Kedinasan yang mencetak para TNI Angkatan Darat. Sekolah Kedinasan AKMIL sendiri berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan Nasional RI. Akademi Militer atau AKMIL...

6 Tips Sukses Masuk Kedinsan ATKP 2020

6 Tips Sukses Masuk Kedinsan ATKP 2020

KEDINASAN ATKP – Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau yang dikenal dengan ATKP merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Indonesia. Sekolah kedinasan ATKP memiliki tujuan untuk melaksanakan...

6 Tips Sukses Masuk Kedinasan PIP 2020

6 Tips Sukses Masuk Kedinasan PIP 2020

KEDINASAN PIP – bisa juga disebut dengan nama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bidang Pelayaran dan Kepelabuhan yang berada di kota Semarang. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan...

6 Tips Sukses Masuk STIP 2020

6 Tips Sukses Masuk STIP 2020

KEDINASAN STIP – Atau bisa disebut juga dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Dulunya dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran atau...

6 Tips Sukses Masuk STPI Terbaru

6 Tips Sukses Masuk STPI Terbaru

KEDINASAN STPI - Saat ini Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK tengah menjadi sebuah primadona baru di kalangan muda-mudi bangsa untuk melanjutkan studi ke tahap Perguruan Tinggi. STPI ataubisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia merupakan...