Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri Universitas Udayana Program Sarjana & Diploma 2022

oleh | Apr 23, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Seleksi Mandiri UNUD – Universitas Udayana menyediakan empat jalur penerimaan mahasiswa baru salah satunya yaitu Seleksi Mandiri. Jalur Seleksi Mandiri diperuntukkan untuk calon mahasiswa jenjang D3 dan S1. Jalur penerimaan ini dilaksanakan secara mandiri oleh Unud untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang belum lolos dari seleksi-seleksi sebelumnya.

Seleksi ini dilaksanakan melalui UTBK yang telah diterapkan mulai penerimaan tahun 2019. Calon mahasiswa yang diterima melalui jalur ini dikenakan UKT Golongan V dan wajib membayar Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) satu kali selama masa studi.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Universitas Udayana lewat seleksi Mandiri, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Syarat Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia dan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  2. Lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2020, 2021, dan 2022.
  3. Dokumen kelulusan untuk tahun 2020 dan 2021 berupa file scan Ijazah, sedangkan untuk kelulusan tahun 2022 dapat berupa file scan Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Surat Keterangan duduk di kelas XII berisikan Pas Foto berwarna dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran online di laman https://utbk.unud.ac.id dengan memilih pilihan jalur masuk Seleksi UTBK Jalur Mandiri 2022.
  2. Calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp450.000 mulai tanggal 11 April – 30 Juni 2022 menggunakan Nomor Virtual Account (pembayaran bisa dilakukan dari Bank manapun) yang tertera pada Lembar Pembayaran yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran akun dengan cara memilih Bank tempat melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan di Bank atau melalui ATM/m-Banking.
  3. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta melanjutkan pendaftaran melalui laman https://utbk.unud.ac.id dan login menggunakan username dan password yang dibuat saat pendaftaran awal atau yang tertera dalam email.
  4. Calon peserta seleksi Jalur Mandiri mengisi biodata, mengunggah foto, memilih prodi, mengisi Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), melakukan pengisian data untuk penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan mengunggah dokumen prasyarat pendaftaran lainnya.
  5. Calon peserta mencetak Tanda Peserta Seleksi UTBK Jalur Mandiri tahun 2022 secara online.
  6. Calon peserta mengikuti UTBK sesuai jadwal yang ditentukan.
  7. Setiap pendaftar hanya boleh memilih maksimal 2 program studi yang berbeda satu dengan yang lainnya yang ada di lingkungan Universitas Udayana.

Syarat Kelulusan

Peserta yang dapat dinyatakan lulus seleksi Jalur Mandiri adalah peserta yang belum lulus pada seleksi penerimaan mahasiswa baru secara nasional baik melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN tahun 2022 di PTN seluruh Indonesia.

Baca juga Seleksi Mandiri UNY Tahun 2022: Jalur, Daya Tampung, dan Jadwal Pendaftaran

Biaya Pendidikan

Setelah dinyatakan lulus, calon mahasiswa diwajibkan membayar biaya pendidikan, meliputi.

  • Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan setiap semester yang besarannya sesuai dengan kelompok UKT yang telah ditetapkan di masing-masing program studi.
  • Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dibayarkan satu kali selama kuliah di Universitas Udayana dengan besaran sesuai dengan yang diinputkan pendaftar dalam sistem online.
  • Uang asrama: untuk kenyamanan dan kelancaran perkuliahan, setiap mahasiswa baru wajib tinggal di Student Dormitory selama 2 semester.

Jadwal Seleksi Mandiri

  1. Pendaftaran: Senin, 11 April 2022 – Kamis, 30 Juni 2022
  2. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dilakukan selama 7 hari (13 sesi)
  • Sesi 1 dan 2: Senin, 4 Juli 2022
  • Sesi 3 dan 4: Selasa, 5 Juli 2022
  • Sesi 5 dan 6: Rabu, 6 Juli 2022
  • Sesi 7 dan 8: Kamis, 7 Juli 2022
  • Sesi 9 dan 10: Jumat, 8 Juli 2022
  • Sesi 11: Sabtu, 9 Juli 2022 (khusus Campuran)
  • Sesi 12 dan 13: Minggu, 10 Juli 2022 (sesi cadangan)
  • Pengumuman kelulusan: Jumat, 15 Juli 2022

3. Pengumuman kelulusan: Jumat, 15 Juli 2022

4. Pendaftaran ulang: Jumat, 15 Juli 2022 – Selasa, 25 Juli 2022

Masih ada waktu untuk kamu mendaftarkan diri menjadi mahasiswa Universitas Udayana. Simak, Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri Universitas Udayana Program Sarjana & Diploma 2022 di atas ya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!