Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

oleh | Jul 12, 2021 | Blog, PTN, PTS | 0 Komentar

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke depannya.

Salah satu indikator yang perlu dipertimbangkan ketika memilih perguruan tinggi yaitu jenis kampusnya, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Banyak orang yang mengatakan bahwa kuliah di kedua kampus tidak akan begitu berbeda karena semua tergantung pada yang menjalani. Hal tersebut benar, namun tetap ada perbedaan mendasar dari PTN dan PTS yang perlu diperhitungkan.

Supaya kamu tidak salah pilih saat nanti akan melanjutkan kuliah, berikut ini beberapa perbedaan PTN dan PTS. Yuk, baca sampai selesai!

Pengelolaan Perguruan Tinggi

Berdasarkan namanya saja, kamu pasti sudah tahu bahwa kedua perguruan tinggi ini memiliki pengelola yang berbeda. PTN merupakan perguruan tinggi milik negara yang tentunya dikelola oleh negara. Sedangkan PTS merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh sebuah lembaga swasta.

Status kepemilikan ini tentu memiliki pengaruh besar terhadap pengelolaan lembaganya. Perkembangan PTN akan sangat terikat dengan putusan pemerintah, misalnya yaitu terkait perubahan pembiayaan kuliah. Sejak tahun 2013, semua PTN menerapkan sistem UKT. Sedangkan untuk PTS, pengelolaannya akan tergantung pada lembaga yang menaunginya baik itu biaya kuliah, pembangunan kampus, dan lain-lain.

Baca juga Mahasiswa Baru Harus Tahu, Beda KRS dan SKS.

Jalur Masuk Mahasiswa Baru

Perbedaan PTN dan PTS

Bagi calon mahasiswa baru, mengetahui jalur masuk yang dibuka oleh masing-masing perguruan tinggi sangatlah penting. Calon mahasiswa yang tidak mengetahui informasi ini akan tertinggal dan tidak bisa mendaftar ke kampus impiannya.

Di PTN, secara umum ada 3 jalur yang dibuka yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. Penyelenggaraan SNMPTN dan SBMPTN dilakukan secara nasional bersama dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sedangkan Seleksi Mandiri diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Berbeda dengan PTN, di PTS tidak ada sistem penerimaan secara nasional, kecuali memang ada kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya. Setiap PTS memiliki jalur penerimaan yang berbeda-beda. Ada yang membuka penerimaan tanpa tes seperti dengan nilai rapor, prestasi, atau nilai UTBK. Ada juga yang membuka seleksi dengan menggunakan tes berbasis komputer. Semuanya tergantung pada kebijakan setiap kampus.

Pembiayaan Kuliah

Perbedaan lainnya dari PTN dan PTS terletak pada pembiayaan kuliahnya. PTN memiliki keterikatan dengan negara sehingga biaya kuliah mahasiswanya juga mengikuti peraturan yang telah ditetapkan. Sedangkan untuk PTS, biaya kuliah akan ditetapkan oleh masing-masing lembaga.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, pembiayaan kuliah di PTN dilakukan dengan menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Mahasiswa akan dikenai biaya tetap sesuai dengan golongan masing-masing. Mahasiswa dengan keterbatasan ekonomi akan mendapat UKT golongan rendah seperti I, II, dan III. Sedangkan mahasiswa dengan keadaan ekonomi lebih, akan mendapat UKT lebih besar.

Sedangkan untuk PTS, biaya perkuliahan memiliki sistem yang berbeda. Setiap kampus sudah menetapkan jumlah masing-masing. Selain itu, besarannya juga bisa berbeda untuk setiap semester tergantung perhitungan dari setiap lembaga.

Itu tadi perbedaan PTN dan PTS yang harus kamu tahu! Setiap kampus tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setelah mengetahui perbedaan tersebut, kamu bisa memilih perguruan tinggi yang lebih sesuai dengan keinginan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...

Kemenkumham Buka Pendaftaran CPNS untuk Lulusan SMA

Kemenkumham Buka Pendaftaran CPNS untuk Lulusan SMA

CPNS Kemenkumham SMA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkumham memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai negara. Salah satu formasi yang dibuka yaitu untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham bagi lulusan...