Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

oleh | Jul 12, 2021 | Blog, PTN, PTS | 0 Komentar

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke depannya.

Salah satu indikator yang perlu dipertimbangkan ketika memilih perguruan tinggi yaitu jenis kampusnya, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Banyak orang yang mengatakan bahwa kuliah di kedua kampus tidak akan begitu berbeda karena semua tergantung pada yang menjalani. Hal tersebut benar, namun tetap ada perbedaan mendasar dari PTN dan PTS yang perlu diperhitungkan.

Supaya kamu tidak salah pilih saat nanti akan melanjutkan kuliah, berikut ini beberapa perbedaan PTN dan PTS. Yuk, baca sampai selesai!

Pengelolaan Perguruan Tinggi

Berdasarkan namanya saja, kamu pasti sudah tahu bahwa kedua perguruan tinggi ini memiliki pengelola yang berbeda. PTN merupakan perguruan tinggi milik negara yang tentunya dikelola oleh negara. Sedangkan PTS merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh sebuah lembaga swasta.

Status kepemilikan ini tentu memiliki pengaruh besar terhadap pengelolaan lembaganya. Perkembangan PTN akan sangat terikat dengan putusan pemerintah, misalnya yaitu terkait perubahan pembiayaan kuliah. Sejak tahun 2013, semua PTN menerapkan sistem UKT. Sedangkan untuk PTS, pengelolaannya akan tergantung pada lembaga yang menaunginya baik itu biaya kuliah, pembangunan kampus, dan lain-lain.

Baca juga Mahasiswa Baru Harus Tahu, Beda KRS dan SKS.

Jalur Masuk Mahasiswa Baru

Perbedaan PTN dan PTS

Bagi calon mahasiswa baru, mengetahui jalur masuk yang dibuka oleh masing-masing perguruan tinggi sangatlah penting. Calon mahasiswa yang tidak mengetahui informasi ini akan tertinggal dan tidak bisa mendaftar ke kampus impiannya.

Di PTN, secara umum ada 3 jalur yang dibuka yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. Penyelenggaraan SNMPTN dan SBMPTN dilakukan secara nasional bersama dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sedangkan Seleksi Mandiri diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Berbeda dengan PTN, di PTS tidak ada sistem penerimaan secara nasional, kecuali memang ada kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya. Setiap PTS memiliki jalur penerimaan yang berbeda-beda. Ada yang membuka penerimaan tanpa tes seperti dengan nilai rapor, prestasi, atau nilai UTBK. Ada juga yang membuka seleksi dengan menggunakan tes berbasis komputer. Semuanya tergantung pada kebijakan setiap kampus.

Pembiayaan Kuliah

Perbedaan lainnya dari PTN dan PTS terletak pada pembiayaan kuliahnya. PTN memiliki keterikatan dengan negara sehingga biaya kuliah mahasiswanya juga mengikuti peraturan yang telah ditetapkan. Sedangkan untuk PTS, biaya kuliah akan ditetapkan oleh masing-masing lembaga.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, pembiayaan kuliah di PTN dilakukan dengan menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Mahasiswa akan dikenai biaya tetap sesuai dengan golongan masing-masing. Mahasiswa dengan keterbatasan ekonomi akan mendapat UKT golongan rendah seperti I, II, dan III. Sedangkan mahasiswa dengan keadaan ekonomi lebih, akan mendapat UKT lebih besar.

Sedangkan untuk PTS, biaya perkuliahan memiliki sistem yang berbeda. Setiap kampus sudah menetapkan jumlah masing-masing. Selain itu, besarannya juga bisa berbeda untuk setiap semester tergantung perhitungan dari setiap lembaga.

Itu tadi perbedaan PTN dan PTS yang harus kamu tahu! Setiap kampus tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setelah mengetahui perbedaan tersebut, kamu bisa memilih perguruan tinggi yang lebih sesuai dengan keinginan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Geodesi merupakan salah satu cabang keilmuan dengan basis ilmu matematika terapan. Kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Geodesi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

Dilansir dari laman resmi Webometrics, ada beberapa PTKIN yang masuk dalam kriteria pemeringkatan per Juli 2022. Melalui pemeringkatan Webometrics, kamu bisa mengecek daftar PTKIN terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai pilihan kampus. Berikut daftarnya!

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

LPDP 2022 menawarkan 3 kategori beasiswa yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Afirmasi. Di kategori Beasiswa Umum terbagi menjadi 3 beasiswa, apa saja? Yuk, simak di sini info lebih lengkapnya!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!