Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Perhatikan! Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN Tahun 2022

oleh | Apr 8, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Penerimaan PKN STAN – PKN STAN tahun ini membuka lagi kesempatan untuk seluruh  lulusan SMA/sederajat dari seluruh jurusan /peminatan untuk mengikuti SPMB PKN STAN. Tahapan SPMB PKN STAN tahun 2022 kembali akan menggunakan hasil UTBK tahun 2022 yang dilaksanakan oleh LTMPT. Hal ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran serta mewaspadai kenaikan kasus COVID-19.

Bagi kamu yang berminat untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2022, harus mengikuti UTBK 2022 karena salah satu syarat administrasi harus mempunyai nilai UTBK. Peserta UTBK dapat memilih kelompok ujian Saintek, Soshum, ataupun Campuran (Saintek dan Soshum). Yuk, simak informasi penerimaan di bawah ini bagi kamu tertarik untuk mendaftar di PKN STAN.

Kriteria Peserta

Kebutuhan dari tiap-tiap program studi diperuntukkan bagi peserta dengan kriteria:

1. Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.

2. Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan. Khusus untuk Provinsi Papua dan Papua Barat berasal dari program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) dan non-ADEM/umum.

Setiap program memiliki kuota penerimaan yang tidak sama. Lebih lengkapnya bisa dilihat dalam tabel berikut ini.

Syarat Pendaftaran

1. Lulusan (tahun 2021 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2022) semua Sekolah Menengah Atas/yang sederajat.

2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta:

a. Lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau

b. Calon lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2022 adalah 21 tahun, dalam pengertian calon  peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2001 tidak diperkenankan untuk mendaftar.
Usia minimal pada tanggal 1 September 2022 adalah 15 tahun.

4. Telah mendaftar pada portal LTMPT untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2022.

5. Memiliki nilai UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris (TBI) minimal 450 untuk peserta program reguler atau TPS minimal 400 dan TBI minimal 375 untuk peserta program afirmasi.

6. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).

7. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.

8. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan).

9. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti Pendidikan.

10. Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

11. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:

a. Peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat: Memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.

b. Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur:

1) Telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP atau yang sederajat, dan SMA atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;

2) Memiliki garis keturunan orang tua (ayah/ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan

3) Mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.

Baca juga Tahapan Seleksi dan Tips Cara Masuk PKN STAN

Tahapan Pelaksanaan Seleksi

Seleksi terdiri dari:

  1. Seleksi Administrasi
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) meliputi Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan.
  3. Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi).
  4. Seleksi Lanjutan II (Tes Wawancara)

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SPMB sebesar Rp350.000 per peserta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar Rp50.000.

Jadwal Kegiatan SPMB PKN STAN

  • Pendaftaran online di portal https://dikdin.bkn.go.id : 9 – 30 April 2022
  • Pendaftaran online di portal https://spmb.pknstan.ac.id : 16 April – 6 Mei 2022
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 24 Juni 2022
  • Pembayaran Biaya Pendaftaran SPMB : 24 – 26 Juni 2022
  • Pengumuman Jadwal dan Lokasi SKD : 28 Juni 2022 *)
  • Pelaksanaan SKD : 30 Juni – 5 Juli 2022*)
  • Pengumuman Hasil SKD serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi) : 13 Juli 2022
  • Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi : 18 – 22 Juli 2022
  • Pengumuman Hasil Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi ) serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan II (Tes Wawancara) : 4 Agustus 2022
  • Tes Wawancara : 8 – 12 Agustus 2022
  • Pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN : 29 Agustus 2022
  • Pendaftaran Ulang : 5 – 9 September 2022
  • Mulai Pendidikan : Akhir September 2022

*) Catatan: masih bersifat tentatif, menyesuaikan jadwal dari Badan Kepegawaian Negara. Dalam hal dipandang perlu Panitia Pusat dapat melakukan perubahan jadwal kegiatan SPMB PKN STAN. Perubahan jadwal tersebut akan diumumkan dalam pengumuman tersendiri.

Bagi kamu yang berminat untuk mendaftar di PKN STAN tahun ini, jangan lupa Perhatikan! Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN Tahun 2022 di atas. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!