Persiapan Seleksi Tahun Depan, Perhatikan Syarat Masuk Sekolah Kedinasan Ini!

oleh | Nov 26, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Syarat Masuk Sekolah Kedinasan – Berhasil masuk ke sekolah kedinasan merupakan impian banyak masyarakat Indonesia. Supaya bisa diterima menjadi peserta didik, tentunya kamu perlu mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi sesuai dengan sekolah yang dipilih.

Seleksi yang dilaksanakan untuk penerimaan peserta didik baru di sekolah kedinasan terbilang cukup ketat. Peserta harus mengikuti berbagai tahapan seleksi sebelum dinyatakan diterima di sekolah kedinasan pilihannya.

Proses seleksi untuk masuk sekolah kedinasan tidak hanya dilakukan melalui tes. Sebelum mendaftar, peserta harus mengetahui syarat masuk sekolah kedinasan. Jika memenuhi syarat, barulah peserta bisa mengikuti seleksi selanjutnya.

Pendaftar Harus Teliti dalam Membaca Persyaratan

Memahami persyaratan untuk bisa masuk ke sekolah kedinasan sangatlah penting. Persyaratan yang diajukan harus dipenuhi oleh semua peserta. Pelamar yang tidak memenuhi syarat tersebut tidak akan bisa melanjutkan seleksi ke tahapan berikutnya.

Pada seleksi masuk sekolah kedinasan, terdapat tahapan seleksi berupa Seleksi Administrasi. Di tahapan ini, segala persyaratan peserta akan diperiksa oleh panitia. Peserta yang tidak memenuhi syarat sesuai yang diajukan maka akan dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti seleksi tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Banyak peserta terkadang tidak teliti ketika melakukan pendaftaran. Ada yang menganggap remeh sehingga tidak membaca persyaratan dengan teliti. Padahal, tahapan ini sangatlah penting. Jika tidak memahami syarat dengan benar dan tidak lolos administrasi, bisa dibilang peserta kalah sebelum berjuang.

Syarat Umum Mendaftar di DIKDIN BKN

Pendaftaran untuk mengikuti seleksi sekolah kedinasan dilakukan melalui laman DIKDIN BKN. Di laman ini, kamu akan diminta untuk mengunggah beberapa persyaratan untuk kelengkapan akun. Beberapa dokumen yang perlu disiapkan yaitu:

  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus
  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dukcapil jika belum punya KTP
  • Pas foto dengan latar belakang merah
  • Dokumen lain sesuai syarat masing-masing sekolah kedinasan

Baca juga Berbagai Jenis Tes dalam Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan.

Perhatikan Syarat Masuk di Setiap Sekolah Kedinasan

syarat masuk sekolah kedinasan

Selain syarat untuk membuat akun di DIKDIN BKN, kamu juga perlu memperhatikan persyaratan masuk di setiap sekolah kedinasan. Pastikan kamu membaca pengumuman dengan seksama dan memahami poin-poin persyaratan. Biasanya, penjelasan lengkap tentang syarat yang harus dipenuhi bisa didapatkan di website sekolah kedinasan.

Setiap perguruan tinggi akan memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Kamu perlu teliti membaca pengumuman supaya bisa lancar mengikuti seleksi. Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut.

Syarat akademik

Setiap pelamar sekolah kedinasan harus memenuhi syarat akademik yang diajukan. Sekolah kedinasan telah menetapkan syarat-syarat tertentu dalam bidang akademik. Kamu harus memenuhi syarat akademik yang diperlukan seperti:

  • Persyaratan tahun lulus.
  • Persyaratan asal sekolah seperti jurusan IPA/IPS dan kejuruan SMK.
  • Nilai rata-rata minimal yang diperlukan.

Syarat fisik

Selain dari sisi akademik, kamu juga harus memperhatikan syarat fisik masuk sekolah kedinasan. Beberapa perguruan tinggi memberikan syarat tertentu terkait kondisi fisik peserta. Syarat fisik yang umumnya diperlukan yaitu:

  • Tinggi badan minimal.
  • Berat badan ideal.
  • Tidak bertato/bertindik.

Lengkapi Dokumen yang Diperlukan

Setelah membaca dan memahami persyaratan masuk, kamu bisa mulai melengkapi dokumen yang diperlukan. Persyaratan berupa dokumen ini perlu untuk dipenuhi. Dokumen-dokumen tersebut nantinya perlu diunggah di laman DIKDIN BKN. Panitia kemudian akan memeriksa dokumen yang telah diunggah pada saat Seleksi Administrasi.

Kamu perlu untuk teliti ketika memenuhi dokumen yang diminta. Pastikan kamu mengikuti perintah yang tertera dalam pengumuman. Jangan sampai kamu tidak lolos seleksi karena teledor dan tidak memperhatikan dokumen unggahan dengan benar.

Itulah penjelasan tentang Persiapan Seleksi Tahun Depan,  Perhatikan Syarat Masuk Sekolah Kedinasan Ini! Perhatikan syarat dengan teliti sehinga kamu dapat lanjut ke seleksi berikutnya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…