Persyaratan Dan Persiapan Menjadi Akpol

oleh | Feb 1, 2020 | Blog | 0 Komentar

Menjadi seorang siswa akademi kepolisian atau yang sering di sebut dengan (AKPOL) sebenarnya tidak lah begitu susah. Ada beberapa persyaratan dan persiapan yang harus para pendaftar persiapkan. Syarat ini sudah harus anda penuhi atau cicil sejak jaman SMA jadi semuanya akan menjadi lebih mudah dan cepat saat tiba waktunya untuk anda mendaftar. Kata ASS SDM Kapolri Irjen Arief juga merekomendasikan untuk para pendaftar sudah mengurus persyaratanya sejak jaman duduk di Sekolah Menengah Keatas, atau paling tidak minimal satu tahun sebelum mendaftar menjadi Akpol.

Sudah terdapat banyak sekali pembaruan yang ada di dalam sistem tes Akpol, Pak Arief juga menjamin bahwa tes yang di selenggarakan bersifat terbuka, clear dan clean. Jadi jika dulu banyak rumor beredar bahwa banyak orang yang menitipkan anaknya untuk masuk kedalam Akpol hanya karena yang menitipkan seorang jendral. Hal tersebut tidak akan terjadi karena semua anggota sudah di sumpah agar tidak melakukan kegiatan tersebut. Menjadi Akpol memanglah cita – cita banyak anak, setiap orang tua tentunya juga menginginkan anaknya mendapatkan yang  terbaik. Pada artikel ini kita akan membahas persiapan dan persyaratan apa saja yang harus di siapkan untuk Menjadi Akpol.

Persyaratan Menjadi Akpol Yang Harus Di Penuhi Semua Orang

Untuk menjadi Akpol ada 2 jenis persyaratan yang harus di penuhi oleh setiap pendaftar yaitu persyaratan umum dan persyaratan lain-lain. Berikut persyaratan nya :

Persyaratan Umum :

  • Pendaftar merupakan warga negara indonesia atau (WNI)
  • Baik berjenis kelamin pria ataupun wanita boleh menjadi Akpol
  • Pendaftar harus beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Pendftar harus mempunyai jiwa setia terhadap negara atau NKRI berdasarkan pancasilan dan UUD 1945
  • Mempunyai kondisi tubuh yang sehat baik jamasni dan rogani
  • Pendaftar harus mempunyai surat bebas yang diberikan dari sebuah institusi keshatan.
  • Pendaftar juga harus mengurus SKCK atau Surat Keterangan Sehat Dari Institusi Keshatan / Rumah Sakit.
  • Pendaftar juga belum pernah melakukan tindak kriminalisasi atau pernah di penjara.
  • Mempunyai jiwa berwibawa, jujur, adil dan juga tidak melakukan tindakan tercela.
  • Pendaftar bersedia melakukan tugas wajib untuk negara Republik Indonesia dan bersedia di tempatkan di semua bidang dan tugas Kepolisian.

Perysaratan Lain-Lain :

  • Jika ingin menjadi Akpol minimal mempunyai ijazah terakhir SMU/MA baik jurusan Ipa atau IPS
  • Untuk pendaftar yang usianya kurang dari 17 tahun maka, nilai rata – rata ujian nasional harus mempunyai minimal 8 atau 7.25. Nilai toefl pendaftar juga harus diatas 500.
  • Bagi pendaftar yang mempunyai usia 17 sampai 21 tahun maka harus mempunyai nilai ujian nasional rata – rata dengan nilai 7.25.
  • Jika anda ingin menjadi akpol tinggi badan minimal anda harus 165cm untuk seorang pria dan 163cm untuk seorang wanita. Dengan catatan berat badan seimbang atau normal menurut ketentuan medis.
  • Menjadi akpol juga harus mempunyai persaratan belum pernah menikah baik dalam pendidikan ataupun pendaftaran.
  • Anda sebagai pendaftar juga harus bersedia melaksanakan tugas dinas selaama 10 tahun terhitung dari menjadi seorang perwira polri.
  • Jika anda ingin menjadi Akpol, anda harus mendaftar di wilayah tempat anda tinggal, karena itu merupakan persyaratan wajib. Atau paling tidak anda harus sudah tinggal di tempat baru tersebut sudah selama 1 tahun dan di buktikan dengan KTP sempat dan KK. Untuk yang sudah berusia 17 tahun ke atas harus membawa surat pengantar dari kepala desa atau lurah. Untuk yang sedang menempuh pendidikan dapat membawa rapor/ijazah dari sekolah yang berada di wilayah polda pendaftaran.
  • Untuk pendaftar yang sudah bekerja tetap dan menjadi pegawai/ karyawan harus mendapatkan surat rekomendasi dari instansi/Satker yang bersangkutan.
  • Jika anda sedang ada pekerjaan lain bersedia menghentikan pekerjaan tersebut, dan mengikuti DIktuk Taruna Akpol.
  • Harus hadir dan lulus pada tahap tes seleksi baik tingkat panda ataupun tingkat panpus yang  di jalankan dengan menggunakan sistem gugur. Tahapan testnya  meliputi :
  • Tahap administrasi ( pengecekan kelengkapan berkas )
  • Tahap pengecekan kesehatan atau biasa di sebut dengan tahap I
  • Tahap pemeriksaan psikologi
  • Tahap pengujian akademik, materi yang di ujikan merupakan materi umum dan bermuatan Undang Undang Kepolisian serta tentang moral.
  • Tahap pengujian kemampuan jasmani
  • Tahap pengecekan administrasi terakhir
  • Tahap sidang dan penentuan kelulusan pada tingkat Panda.

Nah di atas merupakan persyaratan ketika anda ingin menjadi Akpol, persyaratanya lumayan banyak bukan ? maka dari itu tidak heran jika Pak Irfan merekomendasikan para pendaftar untuuk mengurusnya 1 tahun sebelum mendaftar. Ketika anda menyiapkannya 1 tahun sebelum masapendaftaran, maka pada masa pendaftaran anda bisa mendapatkan nomor urut awal sehingga tidak usah menunggu terlalu lama dalam mengurus berkas. Belum lagi anda juga harus menyiapkan pembelajaran materi untuk tes, biasanya para pendaftar mengikuti bimbingan belajar yang memang di khususkan untuk menjadi seorang Akpol.

Persyiapan Menjadi Akpol Yang Harus Di Lakukan Agar Lolos

Setelah membahas mengenai persaratan tentunya anda juga harus mempunyai persiapan yang harus anda siapkan baik itu mulai membentuk fisik yang bagus ataupun dengan bimbel di tempat terpecaya agar dapat menjawab test nya. Berikut persiapan yang harus kalian lakukan agar lolos menjadi Akpol :

  1. Menyiapkan Nilai Akademik Yang Tinggi

Yang pertama para pendaftar ketika ingin menjadi Akpol harus menyiapkan nilai akademik setinggi mungkin. Karane tentunya para pendaftar lainya juga menyiapkan nilai setinggi mungkin. Maka dari itu jika nilai anda kalah dengan nilai pendaftar lainya maka anda akan tersingkir pada tahap awal. Menyiapkan nilai setinggi mungkin dapat anda penuhi dengan belajar yang rajin dan giat tidak pernah telat mengerjakan tugas saat pada masa duduk di bangku SMA.

  • Mengikuti Bimbingan Belajar Di Tempat Terpercaya

Yang kedua dapat anda lakukan ketika anda ingin mendapatkan peluang lebih tinggi di bandingkan pendaftar lainya. Dengan mengikuti bimbingan belajar khusus akpol anda dapat belajar semua materi yang akan keluar pada saat anda test menjadi Akpol. Tentunya yang susah adalah mencari tempat bimbel yang terpercaya dan mempunyai fasilitas yang terbaik. Selain itu anda juga harus niat dan bersemangat mengikuti bimbel tersebut,karena jika niat anda setengah – setengah maka anda juga akan mendapatkan hasil yang stengah.

  • Mulai Latihan Fisik Dengan Giat

Anda juga harus sudah membentuk fisik anda sejak awal, karena ketika anda ingin menjadi Akpol anda juga akan di test fisik pada saat pendaftaran. Anda dapat melatih fisik anda dengan berlari selama 16 menit di lanjut dengan push up selama 6 menit dan di lanjut dengan kegiatan fisik lainya. Akan ada baiknya jika anda menggunakan seorang instruktur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Melakukan Test Kesehatan Seminggu Sekali

Sebelum anda meminta surat atau test kesehatan final di rumah sakit besar, anda harus memastikan tubuh anda sehat dan bugar setiap minggunya. Sehingga ketika tiba waktunya anda harus melakukan test kesehatan saat mendaftar akpol anda akan lolos, karena tubuh anda dalam kondisi sehat dan bugar. Untuk mendapatkan hasil yang akurat dan bagus anda dapat mengecek kondisi kesehatan dengan seorang dokter yang sudah specialis di bidangnya.

  • Mulai Melakukan Test Kesehatan DI Rumah Sakit Besar

Karena test kesehatan juga merupakan tahapan ketika anda ingin menjadi akpol, maka anda juga harus menyiapakannya sejak di lama. Karena jika anda melakukan test kesehatan di waktu yang bertepatan ketika pendaftaran Apol dibuka, maka akan ada banyak orang juga yang melakukan test kesehatan. Jadi anda harus mengantre lama untuk mendapatkan hasil test kesehatan. Test kesehatan biasanya di pungut biaya yang berbeda – beda setiap rumah sakitnya, jadi kalian jangan lupa untuk membawa uang yaaa.

  • Latihan Menjawab Tes Psikologi

Anda akan menjalani test psikologi ketika anda mendaftar menjadi akpol, di dalam test psikologi anda akan di uji mengenai leadership, kemampuan bekerjasama,  dan kemampuan untuk mencari solusi dalam sebuah persoalan. Dalam tahap tes pskiologi ini biasanya seorang ahli dari luar anggota kepolisian akan di undang untuk menguji anda. Jadi anda harus menyiapkanya dengan sempurna, anda bisa juga mengikuti bimbel untuk test psikologi.

  • Melatih Tingkat Kejujuran Anda

Intergritas juga merupakan hal penting ketika anda ingin menjadi Akpol, jadi jangan sekali – kali anda melakukan suap pada saat mendaftar. Karena hal tersebut dapat membuat nama anda di coreng pada masa pendaftaran atau di diskualifikasi sehingga anda tidak dapat mengikuti pendaftaran dan melanjutkan ketahap berikutnya. Karena banyak sekali beredar bahwa banyak orang tua yang menitipkan anaknya baik dengan cara suap ataupun yang lainya, sehingga anaknya dapat menjadi Akpol.

  • Melengekapi Persyaratan Yang Harus Di Penuhi

Kita tadi di atas sudah memberikan semua persyaratna yang harus para pendaftar penuhi, jadi anda sebagai pendafat harus melengkapi semua persyaratan tersebut. Jangan sampai anda kelupaan dalam 1 dokumen saja karena tidak akan di terima pada tahap administrasi. Menyiapkan persyaratan dapat sejak 1 tahun sebelumnya bisa di mulai dengan persyaratan yang paling mudah dan tidak jauh dari tempat tinggal anda berada. Sehingga pada masa pendaftaran anda hanya tinggal langsung mengumpulkan berkas saja.

  • Menyiapkan Mental Anda Dalam Dunia kerja Akpol

Anda juga harus menyiapakan mentela anda untuk terjun dalam dunia kerja Akpol, karena anda yang sebelumnya merupakan pelajar SMA harus langsung masuk dalam dunia kerja Akpol. Tentunya hal tersebut harus anda siapkan agar tidak kaget saat sudah di terima menjadi Akpol. Hal tersebut dapat anda latih dengan membaca – baca artikel ataupun buku yang membahas tentang apa pekerjaan seorang Akpol dan semua yang mengenai Akpol.

  1. Mengikuti Bimbel Taruna

Anda juga dapat mengikuti bimbingan belajar mengenai taruna, sehingga anda sudah siap baik dari segi materi, fisik, dan kondisi tubuh. Hal tersebut dapat membuka lebar peluang anda menjadi Akpol. Semakin banyak usaha yang anda lakukan maka semakin banyak juga peluan yang akan anda dapatkan, maka dari itu anda harus lebih berusaha di bandingkan yang lainya agar mempunyai kesempatan yang lebih besar juga.

  1. Jika Anda Merokok Anda Harus Segera Berhenti Merokok

Ya kita pastinya sudah tau bahwa merokok dapat membuat paru – paru kita tidak sehat, sedangkan syarat menjadi Akpol salah satunya adalah kondisi tubuhnya harus sehat dan bugar. Maka dari itu sejak dini anda harus segera berhenti merokok agar paru – paru anda sehat dan bersih. Anda dapat berkunjung kepantai sesekali agar dapat menghirup segar, selagi di pantai anda juga dapat melanjutkan dengan latihan fisik dengan lari pagi di pantai.

  1. Periksa Dan Jaga Kesehatan Mata

Anda tidak dapat menjadi Akpol ketika mata anda tidak sehat, maka dari itu sejak 2 tahun sebelum mendaftar anda sudah harus menjaga kesehatan mata anda. Kebiasaan remaja yaitu bermain smartphone dengan posisi tidur , hal tersebut dapat membuat mata anda minus. Sesekali anda juga dapat berkunjung ke dataran tinggi untuk melihat objek jauh dan membuat mata anda menjadi sehat. Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin A yang cukup agar kesehatan mata anda terjaga. Anda dapat minum jus Wortel seminggu sekali bisa di campur dengan tomat.

  1. Jauhi Polah Hidup Tidak Sehat

Sebagai pendaftar anda juga harus menjauhi pola hidup yang tidak sehat, biasanya para remaja menyukai minuman bersoda, alkohol ataupun roko. Anda harus menjauhi semua itu jika anda ingin lolos pada saat test kesehatan. Ketika anda tidak dapat meninggalkan kebiasaan buruk tersebut anda akan gugur pada tahap pemeriksaan kesehatan. Karena sudah pasti kondisi tubuh anda tidak bugar dan kesehatanya terganggu.

  1. Menjalani Pola Hidup Sehat

Anda harus mulai menghitung kalori anda setiap harinya agar anda mempunyai badan yang sehat dan berat badan yang ideal. Tidak mungkin dong anda mendaftar menjadi Akpol dengan berat badan yang lebih atau gendut, karena pastinya anda tidak akan lolos. Anda dapat mengonsumsi buah – buahan sayuran dan jus. Mulai perhatikan banyaknya kalori yang masuk pada tubuh anda setiap harinya, anda dapat menghitung nya baik dengan bantuan aplikai atau yang lainya.

  1. Mengonsumsi Air Putih Dengan Cukup

Karena ketika ingin menjadi akpol ada yang namanya test kesehatan maka anda harus menjaga tubuh anda agar tidak kekruangan cairan sedikitpun. Anda dapat mengonsumsi ari setiap harinya minimal 700ml jangan sampai kurang. Akan tetapi tentu saja kebutuhan orang berbeda – beda tergantu aktifitas harianya. Jika aktivitas harianya tidaklah berat maka 700ml per harinya di rasa sudah cukup untuk menjaga tubuh anda agar tidak kekurangan cairan. Mengingatkan juga bahwa tubuh kita terdiri dari 70% air.

Nah itu dia persyaratan dan persyiapan yang harus anda penuhi ketika anda ingin menjadi Akpol, menjadi seorang akpol tidak lah sesulit yang di pikirkan. Jaga kesehatan anda, penuhi persyaratan dan belajar materi test akpol baik dengan bimbel ataupun cara anda sendiri. Akan tetapi jika anda menjalani bimbel sudah pasti anda akan di latih dengan orang yang sudah ahli di dalam bidangnya dan tentunya hasilnya tidak akan mengeceawakan anda. Terus berjuang, semoga anda dapat bekerja untuk negara dengan jujur dan intergritas yang tinggi, jangan sampai menyoreng nama baik negara dan nama besar akpol.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Ini Dia Alasan Penting Ikut Bimbel AKPOL

Ini Dia Alasan Penting Ikut Bimbel AKPOL

TENTANG AKPOL - AKPOL merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang di gemari oleh kaum muda-mudi bangsa. Akademi Kepolisian atau biasa disebut dengan AKPOL merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak perwira Polri. Akademi Kepolisian atau...

Ini Dia Pentingnya Ikut Bimbel CPNS 2020

Ini Dia Pentingnya Ikut Bimbel CPNS 2020

Tentang CPNS – CPNSmerupakan sebuah sebutan untuk pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama atau awal.  Berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), seorang pegawai yang masih bergelar CPNS statusnya masih dalam...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Biology UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Biology UGM

IUP BIOLOGY UGM – Fakultas Biology di Universitas Gadjah Mada kini telah membuka kelas IUP atau biasa di sebut dengan International Undergraduate program. Merupakan kelas berstandar International yang bisa diikuti oleh para pelajar luar negeri maupun dalam negeri. Ada...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Science UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Science UGM

IUP SCIENCE UGM – International Unfergraduate Program atau biasa disebut dengan IUP CS (Computer Science) telah menjadi bagian dari Fakultas MIPA di Universitas Gadjah Mada. Ada banyak keuntungan apabila kamu bisa masuk untuk berkuliah dan lulus dari IUP Science UGM,...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Psychology UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Psychology UGM

Masuk IUP PSYCHOLOGY UGM – IUP atau International Undergraduate Program telah menjadi bagian dari Fakultas Psychology di Universitas Gadjah Mada. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila bisa masuk berkuliah dan lulus dari IUP Psychologi UGM,...

6 Tips Sukses Masuk IUP FEB UGM

6 Tips Sukses Masuk IUP FEB UGM

Masuk IUP FEB UGM - Merupakan sebuah program kelas Internasional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM yang mana mahasiswanya berisikan para pelajar dari luar negeri dan pelajar dalam negeri. International Undergraduate Program FEB UGM mempunyai program sarjana 4...

Alasan Utama Dan Tips Masuk AKPOL

Alasan Utama Dan Tips Masuk AKPOL

Masuk AKPOL – atau biasa disebut dengan nama Akademi Kepolisian merupakan salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan yang ada di Indonesia. Sekolah kepolisian ini mempunyai tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dengan masa...

Mengenal Sejarah Dan Tips Masuk STSN

Mengenal Sejarah Dan Tips Masuk STSN

STSN – bisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BSSN atau Badan Siber dan Sandi Negara. Berdirinya Perguruan Tinggi Kedinasan ini adalah untuk menjadikan para mahasiswanya pahlawan dunia...

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

STIS –  atau dengan nama lain Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang statistika dan...