Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Persyaratan Mahasiswa dan Tahapan Pendidikan di Kedokteran UIN Malang

oleh | Okt 15, 2022 | Blog, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

Kedokteran UIN Malang – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan perguruan tinggi negeri di Malang yang membuka jurusan Kedokteran. Masa studi di Sarjana Pendidikan Dokter UIN Malang yaitu 7 semester dan lulusannya nanti akan mendapat gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked).

Program Studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter UIN Malang disetujui untuk dibuka dengan turunnya Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 126/KPT/1/2016 pada tanggal 29 Maret 2016. Kemudian, pada Januari 2017, Rektor mengeluarkan SK tentang pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dan memiliki 3 Program Studi yaitu Sarjana Farmasi, Pendidikan Dokter, dan Profesi Dokter.

Yuk, baca informasi selengkapnya mengenai Kedokteran UIN Malang berikut ini.

Visi dan Misi Pendidikan Dokter

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter Integratif dalam memadukan sains dan Islam yang bereputasi Internasional untuk menghasilkan lulusan sarjana kedokteran ulul albab yang

unggul di bidang kedokteran haji.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan integratif dan bereputasi internasional di bidang kedokteran untuk menghasilkan sarjana kedokteran yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.

2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian integratif di bidang kedokteran yang bereputasi internasional.

3. Berpartisipasi aktif dalam pembangunan kesehatan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat integratif di bidang kedokteran

4. Menyelenggarakan tatakelola program studi Pendidikan Dokter yang berbasis good governance.

5. Menginternalisasi kedokteran haji dalam tridharma perguruan tinggi

Tahapan Pendidikan

Pendidikan kedokteran terdiri dari 2 tahap yaitu tahap akademik dan tahap profesi, sebagai berikut.

  • Pendidikan Tahap Akademik

Pendidikan tahap akademik dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Dokter. Lulusannya nanti akan bergelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Program Studi Pendidikan Dokter menggunakan strategi pendekatan SPICES (Student-centered, Problem based, Integrated, community based, Elective/Early Clinical exposure, systematic).

  • Pendidikan Tahap Profesi

Pendidikan tahap profesi dilaksanakan oleh Program Studi Profesi Dokter. Lulusannya nanti akan bergelar Dokter (dr.).

Baca juga Persyaratan, Program Studi, dan Jadwal Seleksi Mandiri UIN Malang

Persyaratan Mahasiswa

  • Lulus Sekolah Menengah Umum, Madrasah Aliyah atau setara dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru sesuai ketentuan Universitas.
  • Lulus tes kesehatan yang meliputi tes jasmani, rohani, dan laboratorium, dengan kriteria sebagai berikut:
  1. Sehat jasmani, tidak cacat pada organ gerak, tidak buta warna baik total maupun sebagian, tidak tuli.
  2. Tidak terlibat penggunaan NAPZA.
  • Bagi warga negara asing sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Beban Studi Mahasiswa

  • Beban studi mahasiswa tahap akademik adalah sebagai berikut:
  1. 153 sks untuk angkatan 2016 dan 2017.
  2. 151 sks untuk angkatan 2018 ke bawah.
  • Rencana studi setiap semester berupa mata kuliah paket yang harus ditempuh mahasiswa dan ditulis dalam Kartu Rencana Studi (KRS).
  • Perubahan komposisi paket mata kuliah hanya diijinkan atas usulan dosen Penasehat Akademik dan disetujui oleh Ketua Program Studi Pendidikan Dokter.
  • Dalam keadaan tertentu, Ketua Program Studi dapat mengambil kebijakan khusus dalam pengambilan paket mata kuliah demi kemajuan mahasiswa.

Persyaratan Lulus Tahap Akademik

Persyaratan lulus tahap akademik adalah sebagai berikut:

1. Telah menempuh seluruh mata kuliah sesuai beban studi

2. IPK minimal 2,75

3. Tidak ada nilai D dan E

4. Nilai mata kuliah CSL minimal B

5. Telah lulus Ujian Skripsi dengan nilai minimal B

6. Memiliki nilai SKKM sesuai dengan ketentuan Fakultas

7. Lulus Ujian Komprehensif.

Nah, kamu barusan membaca Persyaratan Mahasiswa dan Tahapan Pendidikan di Kedokteran UIN Malang. Semoga bisa menjadi referensimu dalam memilih jurusan Kedokteran yang tepat, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!