Simak Informasi Persyaratan Pendaftaran STIS 2023 di Sini!

oleh | Mar 3, 2023 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Pendaftaran STIS 2023 – Politeknik Statistika STIS merupakan sekolah kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang statistika. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS). Lulusan dari sekolah ini akan langsung diangkat menjadi calon ASN di BPS di seluruh wilayah Indonesia.

Pendaftaran Politeknik Statistika STIS dilakukan melalui SSCASN BKN dan dilakukan serentak dengan 8 sekolah kedinasan lainnya. Pendaftaran untuk tahun 2023 sudah dibuka mulai tanggal 1 – 30 April 2023.

Pendaftaran Polstat STIS dikenakan biaya seleksi sebesar Rp300.000 untuk setiap peserta. Bagi kamu yang ingin menjadi ahli statistika, bisa mendaftar di Polstat STIS, yuk perhatikan ketentuan pendaftaran berikut!

Kuota Penerimaan Mahasiswa Politeknik Statistika STIS 2023

Tahun 2023, Polstat STIS menerima mahasiswa baru berstatus ikatan dinas sebanyak 500 orang termasuk 10 orang program afirmasi wilayah khusus (Papua dan Papua Barat) dengan rincian sebagai berikut.

  • Program Studi Statistika Program Diploma III (100 mahasiswa).
  • Program Studi Statistika Program Diploma IV (250 mahasiswa).
  • Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV (150 mahasiswa).

Syarat Pendaftaran STIS

Kamu perlu memperhatikan syarat pendaftaran sebelum mendaftar. Kamu perlu mengetahui dan mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti seleksi. Berikut syarat pendaftaran seleksi penerimaan Polstat STIS.

Persyaratan Umum

  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat/layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan) dan bebas narkoba.
  2. Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri.
  3. Lulusan/siswa kelas 12 SMA/MA Peminatan MIPA/IPS dan SMK/MAK Peminatan Teknik Informatika.
  4. Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1 s.d.100) atau 3,20 (skala 1,00 s.d. 4,00) pada Ijazah atau nilai rapor semester gasal kelas 12.
  5. Berumur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2023.
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS.
  7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  8. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.
  9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS.
  10. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai pilihan waktu pendaftaran di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota.
  11. Tidak akan mengajukan pindah antar unit kerja Eselon II di lingkungan di BPS maupun pindah instansi dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 7 tahun sejak terhitung mulai tanggal PNS, kecuali terdapat kebutuhan organisasi.

Persyaratan Khusus untuk Program Afirmasi

Program afirmasi untuk Orang Asli Papua yaitu orang yang berasal dari Rumpun Ras Melanesia yang terdiri dari suku-suku asli di Provinsi Papua/Papua Barat dan atau orang yang diterima dan diakui sebagai orang asli Papua oleh masyarakat adat Papua dibuktikan dengan Surat Keterangan Orang Asli Papua dari Pemerintah Daerah setempat.

Baca juga Berbagai Informasi Mengenai Pendaftaran Polstat STIS

Tahapan Seleksi STIS

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Polstat STIS sebagai berikut.

  • Pengumuman Penerimaan
  • Pendaftaran
  • Seleksi Administrasi (dilakukan langsung setelah proses pendaftaran)
  • Seleksi Kompetensi Dasar, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan diselenggarakan oleh BKN berkoordinasi dengan Politeknik Statistika STIS.
  • Seleksi Lanjutan terdiri dari:
    • Seleksi Akademik (Matematika)
    • Psikotes
    • Seleksi Kesehatan dan Kebugaran
  • Pengumuman akhir hasil seleksi

Jadwal Penerimaan Polstat STIS Tahun 2022/2023

Berikut jadwal seleksi STIS tahun 2023.

Tahapan Jadwal Keterangan
Pendaftaran online (jalur ikatan dinas) 1 – 30 April 2023 Online di website.
Seleksi Administrasi 1 – 30 April 2023 Online di website.
Seleksi Kompetensi Dasar 7 – 17 Juni 2023 Lokasi pilihan di 34 provinsi
Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar 23 Juni 2023 Online, Kantor BPS Provinsi, Kampus Politeknik Statistika STIS
Pendaftaran Ulang Online untuk Mengikuti Seleksi Matematika dan Psikotes 23 – 24 Juni 2023 Online di laman Politeknik Statistika STIS
Seleksi Matematika dan Psikotes 29 Juni – 2 Juli 2023 Lokasi pilihan di 34 provinsi
Pengumuman Hasil Seleksi Matematika dan Psikotes 17 Juli 2023 Online, Kantor BPS Provinsi, Kampus Politeknik Statistika STIS
Pendaftaran Ulang Online untuk Mengikuti Seleksi Kesehatan dan Kebugaran 17 – 18 Juli 2023 Online di laman Politeknik Statistika STIS
Seleksi Kesehatan dan Kebugaran 19 – 20 Juli 2023 Ditentukan Kampus STIS dan dikoordinasi Kantor BPS Provinsi
Pengumuman Hasil Seleksi Kesehatan dan Kebugaran 31 Juli 2023 Online, Kantor BPS Provinsi, Kampus Politeknik Statistika STIS
Pendaftaran Ulang Online 31 Juli – 2 Agustus 2023 Online
Verifikasi Berkas 7 – 8 Agustus 2023 Kampus Politeknik Statistika STIS
Penyambutan Mahasiswa Baru 9 Agustus 2023 Kampus Politeknik Statistika STIS
PKBN-MP2K 11 – 18 Agustus 2023 Kampus Politeknik Statistika STIS
Kuliah Semester Gasal 21 Agustus 2023 Kampus Politeknik Statistika STIS

Itulah informasi mengenai pendaftaran STIS 2023 . Semoga artikel di atas membantu kamu yang tertarik mendaftar di Polstat STIS tahun ini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…