Petunjuk Pendaftaran Dan Cara Daftar Ulang POLSTAT STIS

oleh | Feb 21, 2020 | Blog | 0 Komentar

Pada Kesempatan artikel ini admin akan memberikan informasi mengenai petunjuk pendaftaran dan cara daftar ulang POLSTAT STIS. Hati – hati dalam mencari sebuah informasi yang penting, karena jika anda mencari informasi yang penting bersumber pada website yang setiap harinya membagikan informasi tidak terpercaya atau informasi sesat anda juga akan ikut tersesatkan. Ada 2 jenis persyaratan POLSTAT STIS yang harus anda perhatikan yaitu Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus Untuk Diploma III. Oke lansung saja yang pertama kita bahas terlebih dahulu apa itu POLSTAT STIS, siapa tau masih ada yang belum tau.

Petunjuk Pendaftaran Dan Cara Daftar Ulang POLSTAT STIS

Pada Kesempatan artikel ini admin akan memberikan informasi mengenai petunjuk pendaftaran dan cara daftar ulang POLSTAT STIS. Hati – hati dalam mencari sebuah informasi yang penting, karena jika anda mencari informasi yang penting bersumber pada website yang setiap harinya membagikan informasi tidak terpercaya atau informasi sesat anda juga akan ikut tersesatkan. Ada 2 jenis persyaratan POLSTAT STIS yang harus anda perhatikan yaitu Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus Untuk Diploma III. Oke lansung saja yang pertama kita bahas terlebih dahulu apa itu POLSTAT STIS, siapa tau masih ada yang belum tau.

Apa Itu STIS, Ketahui Sekarang Juga

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) adalah perguruan tinggi kedinasan program Diploma IV yang sejak dulu sudah di kelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dari tahun 1958, yang memberi lulusan sekolah menenagh umum / SMU jurusan IPA untuk di ajari dan didik menjadi ahli statistic. STIS juga merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang mempunyai fungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan suatu ilmu pengetahuan pada bidang statiska dan komputasi statistic dengan mendidik kader yang mempunyai kemampuan akademik yang sudah profesional

STIS juga mempunyai dua jurusan yaitu Jurusan Statistika ( Ekonomi dan Sosial – Kependudukan ) dan juga jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistic ekonomi serta tenaga ahli yang pada bidang statistic social-kependudukan serta jurusan komputasi statistic.

Sejarah STIS Dari Tahun 1958 Yang Sangat Menarik

STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di bawah Badan Pusat Statistik mengalami peningkatan status dari Akadmi Ilmu Statistik (AIS) yang masih pada awalnya menyelenggarakan program Diploma III saat itu. AIS berdiri menurut Surat Keputusan perdana Mentri Indonesia Yaitu Bpk IR. H. Djuanda Nomor 37/PM/1958 pada tanggal 11 Agustus 1958.

Pada awal berdirinya AIS memperoleh bantuan dana dan jgua tenaga dari seorang ahli perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Bantuan yang di salurkan lewat statistical Research and Development Centre yang merupakan lembaga yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia. BPS juga bekerjasama dengan Badan PBB, United Development Program (UNDP). Akan tetapi pada tahun 1964 BPS mulai membuka perguruan tinggi Ilmu Statisti (PTIS) dengan seorang dosen atau pengajar bantuan yang di peroleh dari PBB dan merupakan seorang alumni AIS.

Barulah pada tahun 1965  bantuan ini di hentikan karena Indonesia keluar dari PBB dan mulai sejak itlah PTIS ditutu. Akan tetapi walaupun PTIS sudah tidak menjalankan operasinya, AIS juga terus tetap melaksanakan segala proses pendidikan yang mereka keloloa. Pada sekitar tahun 1995 – 1996 di lakukan sebuah usaha untuk meningkatkan pendidikan ahli madya statistic (DIII) menjadi pendidikan yang ahli statistic (DIV) menyambut era Digital Economy.

Direktorat Jendral pendidikatn tinggi atau Ditjen Dikti melalui suratnya keputusan Nomor 295/D/T/97 pada tanggal 24 Febuary 1997 menuliskan sebuah izin BPS untuk menyelenggarakan Program Diploma IV. Kemudian, baru setelah itu menerbitkan Keppres No.163 pada tahun 1998 tentang STIS yang berada di bawah naungan BPS, maka dari sejak saat itulah berdirilah STIS. Sesuai dengan isi Keppres, status dari STIS merupakan Sekolah Tinggi kedinasan Yang mempunyai pembinaan teknis dan dilaksanakan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan.

Mengenal Awal Program Studi STIS

STIS pada awalnya menawarkan dua jurusan untuk Program Diploma IV yaitu jurusan Statistika dan juga jurusan Komputasi Statistik, masing – masing mempunyai jurusan dan beban studi yang sama yaotu sebesar 140 – 160 SKS. Untuk jurusan Statistika di bagi menjadi 2 bidang peminatan yaitu ( Statistika Ekonomi yang terfokus pada mempelajari statistic terapan pada bidang ekonomi) sehingga pada bidang ini dapat melakukan kegiatan analisis data statistic produk domestic regional, bruto, neraca wilayah, indicator ekonomi dan yang lainya.

Untuk bidang Statistika Sosial dan kependudukan yang mempelajari statistic terapan dan juga bidang statistic social, kependudukan, dan juga demografi. Sehingga dalam bidang ini  mampu melakukan analysis dan juga pelaporan mengenai bidang social, kependudukan dan juga demografi. Sedangkan untuk komputasi statistic merka mempelajari teknik pengolahan data, membuat sebuah program, dan juga melakukan analisis data serta teknik penyusunan sebuah sistem informasi statistic speerti menyusun basis data.

Fasilitas Polstat STIS Yang Perlu Kalian Ketahui

Seseorang selain melihat dari kualitas perguruan tinggi yang mereka inginkan pasti juga akan melihat dari fasilitasnya. Berikut Fasilitas Polstat STIS yang perlu anda ketahui :

  • POLSTAT STIS mempunyai bangunan Auditorium yang sanggup menampung kapasitas +/- sekitar 2000 orang
  • Seluruh ruangan kelas yang ada di POLSTAT STIS di beri fasilitas AC dan juga sudah di lengkapi dengan absensi Fingerprint.
  • Setiap laboratorium POLSTAT STIS sudah di lengkapi dengan koneksi internet
  • POLSTAT STIS mempunyai bangunan yang di khususkan untuk laboratorium computer
  • POLSTAT STIS mempunyai banggunan perpustakaan yang menyimpan banyak buku di dalamnya.
  • Demin menunjung kesehatan semua mahasiswa/mahasiswinya POLSTAT STIS juga mempunyai klinik kesehatan
  • Bagi anda yang hobi makan dan kuliner  tenang saja , karena di POLSTAT STIS juga mempunyai koprasi mahasiswa dan kantin. Jadi anda dapat menikmati makanan yang ada di area gedung POLSTAT STIS yang di jamin higenis.
  • POLSTAT STIS mempunyai bangunan yang di khususkan untuk urang kesenian seperti band-bandan, tari, paduan suara, group vocal, theater, dan yang lainya. Jadi bagi para mahasiswa / mahasiswi yang ingi mengembangkan bakatnya dapat mengunjungi bangunan kesenian.
  • POLSTAT STIS juga mempunyai tempat ibadah, jadi bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah tepat waktu tenang saja karena tidak jauh tempatnya.
  • Hotsopot di berbagai ruangan, tentunya setiap mahasiswa/mahasiswi mengharapkan setiap ujung bangunan mempunyai jaringan internet ataupun hotspot. POLSTAT STIS menyediakan itu juga, jadi bagi anda yang masuk POLSTAT STIS dapat menghemat pengeluaran untuk kuota.

Persyaratan Umum Untuk Masuk POLSTAT STIS

Agar dapat mengikuti PMB Politeknik Statistika STIS , para pendaftar harus memenuhi perysaratan umum berikut ini :

  • Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (baik total maupun parsial) dan bebas narkoba;
  • Lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS; atau
  • Calon lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2018/2019 kelas XII;
  • Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 70,00 (skala 1-100) atau 2,80 (skala 1-4,00) pada rapor kelas XII semester I;
  • Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2019;
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
  • Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
  • Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
  • Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota

Persyaratan Khusus Untuk Program Diploma III POLSTAT STIS

Domisili para pendaftar POLSTAT STIS berasal dari seluruh provinsi Indonesia, kecuali untuk pulau Jawa dan Bali harus di buktikan dengan membawa Kartu Keluarga (KK). Kartu Keluarga juga merupakan salah satu persyaratan sangat penting sekali dan wajib anda penuhi. Ketika anda tidak memberikan bukti Kartu Keluarga dengan ketentuan di tulis maka anda tidak akan dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, jadi anda jangan sampai kelupaan ya Teman – teman IC. Ada baiknya anda menyiapkan segala hal yang di perlukan dari jauh – jauh hari.

Selain menyiapkan segala data dan keperluan yang di perlukan akan tetapi anda juga harus mengerti bagaimana alur pendaftaranya. Jangan sampai anda tidak mengetahui alur pendaftaran, seperti anda mengumpulkan berkas yang harusnya di tahap 1 anda malah kumpulkan di tahap ke 2 dengan begitu anda pasti akan sangat kesulitan. Oke untuk selanjutnya kita akan membahas mengenai alur pendaftaran POLSTAT STIS.

Alur Pendaftaran POLSTAT STIS Yang Sangat Wajib Di Catat Para Pendaftar

Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dan dapat dilakukan dari mana pun, dengan cara sebagai berikut:

  • Pendaftar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id. Pilih menu SSCASN DIKDIN lalu buat akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Pendaftar login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  • Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan POLSTAT STIS dan melengkapi biodata diri.
  • Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.
  • Pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id/) dan login menggunakan NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.
  • Setelah login, pendaftar akan mendapatkan Kode Pembayaran.
  • Pendaftar membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran tersebut melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan.
  • Setelah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
  • Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.
  • Waktu dan lokasi tes akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

Tahapan Daftar Ulang POLSTAT STIS Yang Harus Anda Ketahui

Tahapan daftar ulang di POLSTAT STIS dimulai dengan melakukan verifikasi berkas, penyerahan ijazah, Surat Ikatan Dinas ( SID ), mengumpulkan jaminan perseorangan, dan juga mengumpulkan surat pernyataan. Hal ini di katakan oleh Bpk Wahyudin yangmerupakan selaku ketua panitia pelaksanaan daftar ulang yang bertugas tahun ini. Kendala yang biasanya di hadapi dalam pelaksanaanya ada pada mahasiswa baru nya sendiri. Sebagai solusinya untuk para mahasiswa yang sudah mebubuhkan tanda tangan bisa di perbaiki di sini, nah sedangkan utnuk mahasiswa yang SPID nya belum di tandatangai oleh orang tuanya harus pulan terlebih dahulu atau juga bisa dengan orangtuanya datang kesini.

Kegiatan Belajar DIII Statistika POLSTAT STIS

Proses pembelajaran yang di berikan kepada program DIII statistika di selanggarakan dalam 3 tingkatan. Setiap tingkatnya mempunyai 2 semester. Pada setiap semesternya akan di berikan sitem paket dengan beban studi sebesar 15 sampai dengan 24 SKS. Setiap perkuliahanya akan di laksanakan dengan metode tatap muka di kelas sesuai dengan jumlah SKS pada mata kuliahnya. Materi mata kuliah POLSTAT STIS sudah disediakan dalam bentuk modul dan juga bahan dengan presentasi kuliah yang sudah di siapkan coordinator dosen mata kuliah dan juga tim bersama.

Agar dapat mengikuti UTS ataupun UAS presentasi kehadiran mahasiswa tidak boleh kurang dari 80%. Jadi untuk mahasiswa atau mahasiswi yang tingkat kehadiranya kurang dari 80% akan tidak di izinkan untuk mengikuti UAS atau UTS. Pada matakuliah tertentu yang biasanya di anggap sulit oleh para mahasiswa atau mahasiswi seperti makul pengantar matematika, aljabar linear, kalkulus, statistika deskriptif dan juga metode statistika sudah di berikan modul. Modul atau tutorial yang di berikan melalui bentuk tatap muka di kelas. Tutorial setidaknya akan di berikan sebanyak 4 kali per semester yaitu 2x pada seblum UTS dan 2x sebelum UAS.

Nah sampai disini dulu ya sahabat IC semuanya semoga artikel ini dapat membeirkan informasi sesuai dengan apa yang sedang anda cari saat ini dan juga dapat memperlancar jalan anda untuk dapat masuk ke POLSTAT STIS. Nantikan artikel lainya dari IC Group yaa, kami akan selalu memberikan informasi yang menarik untuk di baca dan membantu para pembaca untuk masuk ke perguruan tinggi favorit kalian.

Apa Itu STIS, Ketahui Sekarang Juga

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) adalah perguruan tinggi kedinasan program Diploma IV yang sejak dulu sudah di kelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dari tahun 1958, yang memberi lulusan sekolah menenagh umum / SMU jurusan IPA untuk di ajari dan didik menjadi ahli statistic. STIS juga merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang mempunyai fungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan suatu ilmu pengetahuan pada bidang statiska dan komputasi statistic dengan mendidik kader yang mempunyai kemampuan akademik yang sudah profesional

STIS juga mempunyai dua jurusan yaitu Jurusan Statistika ( Ekonomi dan Sosial – Kependudukan ) dan juga jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistic ekonomi serta tenaga ahli yang pada bidang statistic social-kependudukan serta jurusan komputasi statistic.

Sejarah STIS Dari Tahun 1958 Yang Sangat Menarik

STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di bawah Badan Pusat Statistik mengalami peningkatan status dari Akadmi Ilmu Statistik (AIS) yang masih pada awalnya menyelenggarakan program Diploma III saat itu. AIS berdiri menurut Surat Keputusan perdana Mentri Indonesia Yaitu Bpk IR. H. Djuanda Nomor 37/PM/1958 pada tanggal 11 Agustus 1958.

Pada awal berdirinya AIS memperoleh bantuan dana dan jgua tenaga dari seorang ahli perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Bantuan yang di salurkan lewat statistical Research and Development Centre yang merupakan lembaga yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia. BPS juga bekerjasama dengan Badan PBB, United Development Program (UNDP). Akan tetapi pada tahun 1964 BPS mulai membuka perguruan tinggi Ilmu Statisti (PTIS) dengan seorang dosen atau pengajar bantuan yang di peroleh dari PBB dan merupakan seorang alumni AIS.

Barulah pada tahun 1965  bantuan ini di hentikan karena Indonesia keluar dari PBB dan mulai sejak itlah PTIS ditutu. Akan tetapi walaupun PTIS sudah tidak menjalankan operasinya, AIS juga terus tetap melaksanakan segala proses pendidikan yang mereka keloloa. Pada sekitar tahun 1995 – 1996 di lakukan sebuah usaha untuk meningkatkan pendidikan ahli madya statistic (DIII) menjadi pendidikan yang ahli statistic (DIV) menyambut era Digital Economy.

Direktorat Jendral pendidikatn tinggi atau Ditjen Dikti melalui suratnya keputusan Nomor 295/D/T/97 pada tanggal 24 Febuary 1997 menuliskan sebuah izin BPS untuk menyelenggarakan Program Diploma IV. Kemudian, baru setelah itu menerbitkan Keppres No.163 pada tahun 1998 tentang STIS yang berada di bawah naungan BPS, maka dari sejak saat itulah berdirilah STIS. Sesuai dengan isi Keppres, status dari STIS merupakan Sekolah Tinggi kedinasan Yang mempunyai pembinaan teknis dan dilaksanakan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan.

Mengenal Awal Program Studi STIS

STIS pada awalnya menawarkan dua jurusan untuk Program Diploma IV yaitu jurusan Statistika dan juga jurusan Komputasi Statistik, masing – masing mempunyai jurusan dan beban studi yang sama yaotu sebesar 140 – 160 SKS. Untuk jurusan Statistika di bagi menjadi 2 bidang peminatan yaitu ( Statistika Ekonomi yang terfokus pada mempelajari statistic terapan pada bidang ekonomi) sehingga pada bidang ini dapat melakukan kegiatan analisis data statistic produk domestic regional, bruto, neraca wilayah, indicator ekonomi dan yang lainya.

Untuk bidang Statistika Sosial dan kependudukan yang mempelajari statistic terapan dan juga bidang statistic social, kependudukan, dan juga demografi. Sehingga dalam bidang ini  mampu melakukan analysis dan juga pelaporan mengenai bidang social, kependudukan dan juga demografi. Sedangkan untuk komputasi statistic merka mempelajari teknik pengolahan data, membuat sebuah program, dan juga melakukan analisis data serta teknik penyusunan sebuah sistem informasi statistic speerti menyusun basis data.

Fasilitas Polstat STIS Yang Perlu Kalian Ketahui

Seseorang selain melihat dari kualitas perguruan tinggi yang mereka inginkan pasti juga akan melihat dari fasilitasnya. Berikut Fasilitas Polstat STIS yang perlu anda ketahui :

  • POLSTAT STIS mempunyai bangunan Auditorium yang sanggup menampung kapasitas +/- sekitar 2000 orang
  • Seluruh ruangan kelas yang ada di POLSTAT STIS di beri fasilitas AC dan juga sudah di lengkapi dengan absensi Fingerprint.
  • Setiap laboratorium POLSTAT STIS sudah di lengkapi dengan koneksi internet
  • POLSTAT STIS mempunyai bangunan yang di khususkan untuk laboratorium computer
  • POLSTAT STIS mempunyai banggunan perpustakaan yang menyimpan banyak buku di dalamnya.
  • Demin menunjung kesehatan semua mahasiswa/mahasiswinya POLSTAT STIS juga mempunyai klinik kesehatan
  • Bagi anda yang hobi makan dan kuliner  tenang saja , karena di POLSTAT STIS juga mempunyai koprasi mahasiswa dan kantin. Jadi anda dapat menikmati makanan yang ada di area gedung POLSTAT STIS yang di jamin higenis.
  • POLSTAT STIS mempunyai bangunan yang di khususkan untuk urang kesenian seperti band-bandan, tari, paduan suara, group vocal, theater, dan yang lainya. Jadi bagi para mahasiswa / mahasiswi yang ingi mengembangkan bakatnya dapat mengunjungi bangunan kesenian.
  • POLSTAT STIS juga mempunyai tempat ibadah, jadi bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah tepat waktu tenang saja karena tidak jauh tempatnya.
  • Hotsopot di berbagai ruangan, tentunya setiap mahasiswa/mahasiswi mengharapkan setiap ujung bangunan mempunyai jaringan internet ataupun hotspot. POLSTAT STIS menyediakan itu juga, jadi bagi anda yang masuk POLSTAT STIS dapat menghemat pengeluaran untuk kuota.

Persyaratan Umum Untuk Masuk POLSTAT STIS

Agar dapat mengikuti PMB Politeknik Statistika STIS , para pendaftar harus memenuhi perysaratan umum berikut ini :

  • Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (baik total maupun parsial) dan bebas narkoba;
  • Lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS; atau
  • Calon lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2018/2019 kelas XII;
  • Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 70,00 (skala 1-100) atau 2,80 (skala 1-4,00) pada rapor kelas XII semester I;
  • Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2019;
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
  • Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
  • Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
  • Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota

Persyaratan Khusus Untuk Program Diploma III POLSTAT STIS

Domisili para pendaftar POLSTAT STIS berasal dari seluruh provinsi Indonesia, kecuali untuk pulau Jawa dan Bali harus di buktikan dengan membawa Kartu Keluarga (KK). Kartu Keluarga juga merupakan salah satu persyaratan sangat penting sekali dan wajib anda penuhi. Ketika anda tidak memberikan bukti Kartu Keluarga dengan ketentuan di tulis maka anda tidak akan dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, jadi anda jangan sampai kelupaan ya Teman – teman IC. Ada baiknya anda menyiapkan segala hal yang di perlukan dari jauh – jauh hari.

Selain menyiapkan segala data dan keperluan yang di perlukan akan tetapi anda juga harus mengerti bagaimana alur pendaftaranya. Jangan sampai anda tidak mengetahui alur pendaftaran, seperti anda mengumpulkan berkas yang harusnya di tahap 1 anda malah kumpulkan di tahap ke 2 dengan begitu anda pasti akan sangat kesulitan. Oke untuk selanjutnya kita akan membahas mengenai alur pendaftaran POLSTAT STIS.

Alur Pendaftaran POLSTAT STIS Yang Sangat Wajib Di Catat Para Pendaftar

Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dan dapat dilakukan dari mana pun, dengan cara sebagai berikut:

  • Pendaftar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id. Pilih menu SSCASN DIKDIN lalu buat akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Pendaftar login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  • Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan POLSTAT STIS dan melengkapi biodata diri.
  • Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.
  • Pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id/) dan login menggunakan NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.
  • Setelah login, pendaftar akan mendapatkan Kode Pembayaran.
  • Pendaftar membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran tersebut melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan.
  • Setelah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
  • Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.
  • Waktu dan lokasi tes akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

Kegiatan Belajar DIII Statistika POLSTAT STIS

Proses pembelajaran yang di berikan kepada program DIII statistika di selanggarakan dalam 3 tingkatan. Setiap tingkatnya mempunyai 2 semester. Pada setiap semesternya akan di berikan sitem paket dengan beban studi sebesar 15 sampai dengan 24 SKS. Setiap perkuliahanya akan di laksanakan dengan metode tatap muka di kelas sesuai dengan jumlah SKS pada mata kuliahnya. Materi mata kuliah POLSTAT STIS sudah disediakan dalam bentuk modul dan juga bahan dengan presentasi kuliah yang sudah di siapkan coordinator dosen mata kuliah dan juga tim bersama.

Agar dapat mengikuti UTS ataupun UAS presentasi kehadiran mahasiswa tidak boleh kurang dari 80%. Jadi untuk mahasiswa atau mahasiswi yang tingkat kehadiranya kurang dari 80% akan tidak di izinkan untuk mengikuti UAS atau UTS. Pada matakuliah tertentu yang biasanya di anggap sulit oleh para mahasiswa atau mahasiswi seperti makul pengantar matematika, aljabar linear, kalkulus, statistika deskriptif dan juga metode statistika sudah di berikan modul. Modul atau tutorial yang di berikan melalui bentuk tatap muka di kelas. Tutorial setidaknya akan di berikan sebanyak 4 kali per semester yaitu 2x pada seblum UTS dan 2x sebelum UAS.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Ini Dia Alasan Penting Ikut Bimbel AKPOL

Ini Dia Alasan Penting Ikut Bimbel AKPOL

TENTANG AKPOL - AKPOL merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang di gemari oleh kaum muda-mudi bangsa. Akademi Kepolisian atau biasa disebut dengan AKPOL merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak perwira Polri. Akademi Kepolisian atau...

Ini Dia Pentingnya Ikut Bimbel CPNS 2020

Ini Dia Pentingnya Ikut Bimbel CPNS 2020

Tentang CPNS – CPNSmerupakan sebuah sebutan untuk pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama atau awal.  Berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), seorang pegawai yang masih bergelar CPNS statusnya masih dalam...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Biology UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Biology UGM

IUP BIOLOGY UGM – Fakultas Biology di Universitas Gadjah Mada kini telah membuka kelas IUP atau biasa di sebut dengan International Undergraduate program. Merupakan kelas berstandar International yang bisa diikuti oleh para pelajar luar negeri maupun dalam negeri. Ada...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Science UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Science UGM

IUP SCIENCE UGM – International Unfergraduate Program atau biasa disebut dengan IUP CS (Computer Science) telah menjadi bagian dari Fakultas MIPA di Universitas Gadjah Mada. Ada banyak keuntungan apabila kamu bisa masuk untuk berkuliah dan lulus dari IUP Science UGM,...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Psychology UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Psychology UGM

Masuk IUP PSYCHOLOGY UGM – IUP atau International Undergraduate Program telah menjadi bagian dari Fakultas Psychology di Universitas Gadjah Mada. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila bisa masuk berkuliah dan lulus dari IUP Psychologi UGM,...

6 Tips Sukses Masuk IUP FEB UGM

6 Tips Sukses Masuk IUP FEB UGM

Masuk IUP FEB UGM - Merupakan sebuah program kelas Internasional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM yang mana mahasiswanya berisikan para pelajar dari luar negeri dan pelajar dalam negeri. International Undergraduate Program FEB UGM mempunyai program sarjana 4...

Alasan Utama Dan Tips Masuk AKPOL

Alasan Utama Dan Tips Masuk AKPOL

Masuk AKPOL – atau biasa disebut dengan nama Akademi Kepolisian merupakan salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan yang ada di Indonesia. Sekolah kepolisian ini mempunyai tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dengan masa...

Mengenal Sejarah Dan Tips Masuk STSN

Mengenal Sejarah Dan Tips Masuk STSN

STSN – bisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BSSN atau Badan Siber dan Sandi Negara. Berdirinya Perguruan Tinggi Kedinasan ini adalah untuk menjadikan para mahasiswanya pahlawan dunia...

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

STIS –  atau dengan nama lain Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang statistika dan...