Pilihan Sekolah Kedinasan Terbaik untuk Melanjutkan Studi

by | Dec 2, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 comments

Sekolah Kedinasan Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bisa dilakukan di berbagai perguruan tinggi, di antaranya yaitu sekolah kedinasan. Sekolah kedinasan ini bisa dipilih jika kamu ingin memiliki kesempatan lebih besar bekerja di pemerintahan.

Sekolah kedinasan atau kadang juga disebut sebagai perguruan tinggi kedinasan (PTK) merupakan lembaga pendidikan yang dikelola oleh institusi pemerintah. Perguruan tinggi ini menjalankan pendidikan sesuai kebutuhan pemerintah. Bahkan, di beberapa PTK ada yang mengadakan ikatan dinas sehingga lulusannya bisa langsung menjadi ASN.

Saat ini, ada banyak macam PTK yang bisa dipilih untuk melanjutkan pendidikan. Apa saja sekolah kedinasan terbaik yang bisa kamu pilih?

Memilih Sekolah Kedinasan

Sebelum memutuskan untuk mendaftar ke sekolah kedinasan, kamu perlu untuk memilih institusi yang diinginkan terlebih dahulu. Pemilihan ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena menyangkut masa depan. Selain itu, pada pendaftaran PTK ikatan dinas, biasanya peserta hanya boleh memilih satu sekolah kedinasan saja.

Setiap sekolah kedinasan memiliki fokus pendidikan yang berbeda-beda sehingga kamu perlu mempertimbangkan pilihan dengan baik. Ketahui bidang pendidikan yang paling kamu minati, lalu pilih sekolah kedinasan yang sesuai.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui persyaratan dan tahapan seleksi untuk masing-masing sekolah kedinasan. Setiap PTK memiliki syarat dan tahapan yang berbeda-beda sehingga kamu perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Misalnya, jika PTK yang kamu pilih mengadakan tes fisik. Kamu bisa berlatih jauh-jauh hari supaya lancar saat tes.

Baca juga Apa Itu Sekolah Kedinasan dengan Ikatan Dinas?

Daftar Sekolah Kedinasan Terbaik di Indonesia

sekolah kedinasan terbaik

Terdapat banyak pilihan sekolah kedinasan terbaik yang ada di Indonesia. Memang benar setiap sekolah kedinasan memiliki fokus pendidikan yang berbeda. Hanya saja, terdapat beberapa PTK yang populer dan ramai peminat setiap tahunnya. Apa saja?

AKPOL

Akademi Kepolisian atau AKPOL adalah sekolah kedinasan yang diselenggarakan khusus untuk mencetak perwira polisi. Sekolah kedinasan yang berada dalam naungan POLRI ini menyelenggarakan pendidikan selama 4 tahun. Lulusannya akan langsung menjadi anggota POLRI dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

AKMIL

Sekolah kedinasan yang berikutnya yaitu Akademi Militer atau AKMIL. Sekolah kedinasan ini berada dalam naungan TNI tepatnya yaitu Angkatan Darat. Pendidikan di institusi ini dilakukan selama 4 tahun. Terdapat beberapa program studi yang ada di AKMIL seperti Teknik Sipil Pertahanan, Ilmu Manajemen Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan, dan lain-lain.

PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN merupakan salah satu sekolah kedinasan terbaik yang paling populer di Indonesia. Perguruan tinggi ini berada dalam naungan Kemenkeu dan lulusannya akan diangkat menjadi ASN di lingkungan Kemenkeu. Di sini, terdapat beberapa jenjang pendidikan yang tersedia mulai dari D1, D3, dan juga D4.

STIN

Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja dalam naungan Badan Intelijen Negara (BIN), STIN merupakan pilihan yang tepat. Sekolah ini menyelenggarakan pendidikan dalam bidang intelijen dan agen untuk menghasilkan SDM ahli di bidang intelijen. Pendidikan dilaksanakan selama 4 tahun dan lulusannya akan mendapat gelar Sarjana Intelijen.

IPDN

Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN bisa dipilih jika kamu tertarik untuk bekerja di pemerintahan. Pendidikan di IPDN cukup beragam mulai dari jenjang Sarjana Terapan, Sarjana, Magister, sampai Doktor. Bidang studinya pun juga bermacam-macam yang diadakan di 3 fakultas berbeda.

STMKG

Kamu juga bisa memilih sekolah kedinasan terbaik dalam naungan BMKG yaitu STMKG. Sekolah ini menyelenggarakan pendidikan jenjang Sarjana Terapan dalam 4 program studi yang berbeda yaitu Meterologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi MKG. Pendidikan dilaksanakan selama 4 tahun dan setelah lulus akan langsung bekerja di BMKG.

PTDI STTD

Politeknik Transportasi Darat Indonesia atau PTDI STTD adalah sekolah kedinasan dalam naungan Kemenhub yang fokus pada pendidikan di bidang transportasi darat. Sekolah yang berada di Bekasi ini memiliki beberapa program studi seperti Manajemen Transportasi Jalan dan Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

Polstat STIS

Jika kamu tertarik pada bidang statistika dan juga teknologi statistika, Polstat STIS adalah sekolah kedinasan yang tepat untukmu. Sekolah yang berada di dalam naungan BPS ini fokus pada pendidikan di bidang statistika. Lulusannya akan diangkat menjadi ASN dan bekerja di bawah BPS.

Itulah beberapa pilihan sekolah kedinasan terbaik untuk melanjutkan studi. Kamu bisa memilih salah satu PTK di atas jika ingin mendapat pendidikan kedinasan dan berkesempatan menjadi ASN.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan