Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Pilihan Sekolah Kedinasan yang Ada di Semarang

oleh | Jan 28, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Kedinasan di Semarang – Semarang merupakan salah satu kota yang bisa dipilih jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Daerah yang merupakan ibu kota Jawa Tengah ini memiliki banyak perguruan tinggi terbaik dan favorit baik itu negeri, swasta, atau kedinasan.

Jika kamu tertarik untuk masuk ke sekolah kedinasan, bisa memilih untuk mendaftar ke perguruan tinggi yang ada di Semarang. Terdapat beberapa perguruan tinggi kedinasan terbaik yang bisa kamu temukan di daerah ini. Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini!

Mengenal Apa Itu Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan atau biasa juga disebut sebagai perguruan tinggi kedinasan (PTK) merupakan institusi pendidikan tingkat lanjut yang dikelola oleh kementerian atau lembaga milik pemerintah. Pendidikan di sekolah ini dilakukan dalam naungan badan pendidikan yang ada di lembaga tersebut.

Perguruan tinggi ini diselenggarakan guna menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Pendidikannya telah disesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh lembaga tersebut. Setelah menyelesaikan studi, lulusannya pun akan mendapat kesempatan besar bekerja di lembaga yang menaungi sekolahnya.

Keuntungan Memilih Sekolah Kedinasan

Banyaknya orang yang tertarik untuk masuk sekolah kedinasan tentunya bukan tanpa alasan. Ada berbagai keuntungan yang mendorong tingginya minat masyarakat akan sekolah kedinasan. Beberapa alasannya yaitu sebagai berikut.

Biaya kuliah yang murah bahkan gratis

Salah satu alasan utama yang membuat sekolah kedinasan menjadi populer yaitu adanya keringanan biaya. Kuliah di sekolah kedinasan memungkinkan peserta didiknya untuk mendapat keringanan biaya. Bahkan, di beberapa PTK, pendidikan ini diselenggarakan secara gratis sehingga siswa tidak perlu membayar biaya apa pun.

Kesempatan besar bekerja di pemerintahan

Faktor lainnya yang menjadi alasan untuk memilih sekolah kedinasan yaitu kesempatan besar untuk bekerja di pemerintahan. Beberapa sekolah kedinasan bahkan menyelenggarakan program ikatan dinas. Melalui program ini, siswa yang dinyatakan lulus akan langsung diangkat menjadi ASN dan bekerja dalam naungan lembaga pemerintah.

Bisa belajar langsung dari ahlinya

Pendidikan di sekolah kedinasan diselenggarakan dalam naungan lembaga pemerintah. Artinya, peserta didik akan mendapat kesempatan untuk bisa belajar langsung dari para ahli di pemerintahan. Hal ini tentunya merupakan poin plus karena siswa bisa mendapat ilmu langsung dari lapangan.

Mendapatkan ilmu yang berguna di dunia kerja

Kelebihan lainnya dari sekolah kedinasan yaitu pendidikannya yang spesifik dan praktikal. Pendidikan di kampus kebanyakan berada di jenjang diploma sehingga siswa akan banyak melakukan praktik. Ilmu dan kemampuan tersebut kemudian akan sangat berguna ketika peserta didik telah lulus dan masuk ke dunia kerja.

Baca juga Tes Fisik yang Harus Dihadapi oleh Calon Taruna Akpol.

Sekolah Kedinasan di Semarang

kedinasan di semarang

Sekolah kedinasan dalam naungan pemerintah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Semarang. Terdapat beberapa PTK yang bisa kamu temui di daerah ini yaitu sebagai berikut.

Akademi Kepolisian (Akpol)

Akademi Kepolisian atau Akpol tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sekolah kedinasan ini merupakan tempat belajar dan latihan bagi calon perwira polisi. Pendidikannya dilaksanakan langsung dalam pengawasan Kepolisian Republik Indonesia.

Sekolah kedinasan ini menjadi salah satu PTK yang paling diminati di Indonesia. Setiap tahunnya, banyak orang berlomba-lomba untuk bisa diterima menjadi calon taruna di Akademi Kepolisian.  

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

Sekolah kedinasan lainnya yang ada di Semarang yaitu Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP Semarang. Sesuai namanya, sekolah ini merupakan institusi pendidikan yang bergerak di bidang pelayaran. Sekolah ini sendiri memiliki fokus pada pendidikan ilmu transportasi laut dan berada dalam naungan Kementerian Perhubungan.

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang memiliki 3 jalur penerimaan yang berbeda yaitu pola pembibitan, non pola pembibitan, dan mandiri. Program studi yang dibuka ada 3 yaitu:

  • D-IV Nautika
  • D-IV Teknika
  • D-IV KALK

Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Semarang

Pilihan PTK yang berikutnya yaitu Politeknik Kesehatan atau Poltekkes Kemenkes Semarang. Sekolah kedinasan ini memiliki fokus studi di bidang kesehatan. Penyelenggaraan pendidikannya sendiri berada dalam naungan Kementerian Kesehatan.

Poltekkes Kemenkes Semarang memiliki banyak jurusan yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Daftar jurusan yang ada di sekolah ini yaitu:

  • Jurusan Keperawatan
  • Jurusan Kebidanan
  • Jurusan Gizi
  • Jurusan Keperawatan Gigi
  • Jurusan Kesehatan Lingkungan
  • Jurusan Analis Kesehatan
  • Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi
  • Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Politeknik Pekerjaan Umum (PPU)

Sekolah kedinasan yang berikutnya yaitu Politeknik Pekerjaan Umum atau PPU. Sekolah kedinasan ini berada dalam naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Di sini, siswa akan dididik utnuk memenuhi kebutuhan dunia industri terkait tenaga konstruksi yang terampil.

Politeknik Pekerjaan Umum memiliki 3 program studi yang berfokus pada bidang konstruksi. Program studi yang bisa dipilih yaitu:

  • Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan
  • Teknologi Konstruksi Bangunan Air
  • Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung

Itulah pilihan sekolah kedinasan yang ada di Semarang. Kamu bisa memilih sekolah kedinasan di atas jika tertarik untuk menjadi siswa kedinasan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!