Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Polman Bandung: Sejarah, Program Studi, dan Jalur Pendaftarannya

oleh | Nov 4, 2022 | Blog, PTN | 0 Komentar

Polman Bandung – Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung merupakan perguruan tinggi negeri politeknik di kota Bandung. Polman Bandung merupakan politeknik negeri pertama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1976 dengan nama Politeknik Mekanik Swiss – ITB.

Politeknik negeri ini yaitu institusi pendidikan tinggi vokasi guna menghasilkan lulusan di bidang manufaktur. Polman Bandung memiliki 4 jurusan, 5 program studi jenjang Ahli Madya (D3) dan 8 program studi jenjang Sarjana Terapan (D4). Kamu tertarik untuk kuliah di Polman Bandung? Yuk, simak info selengkapnya di bawah ini.

Sejarah

Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung merupakan politeknik pertama di Indonesia yang dahulu dikenal dengan nama Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB). Pendirian politeknik ini merupakan hasil kerja sama bilateral antara pemerintahan Indonesia dan pemerintahan konfederasi Swiss.

Perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri RI dan Duta Besar Konfederasi Swiss, yang mana salah satu hasil perjanjian tersebut adalah pendirian politeknik mekanik PMS-ITB. Pihak Swiss menyediakan bahan pengajaran dan peralatan praktik, membangun bengkel dan menyediakan tenaga ahli. Sedangkan, pihak Indonesia membangun gedung kuliah, administrasi, fasilitas penunjang lainnya dan menyediakan biaya operasional pendidikan.

Perkuliahan pertama dimulai pada bulan Januari 1976 dengan 3 prodi, yaitu Teknik Pembuatan Perkakas Presisi, Teknik Pemeliharaan Mesin, dan Teknik Gambar dan Perancangan. PMS-ITB berhasil merealisasikan tujuan pendidikan tinggi vokasi yang memperoleh sambutan sangat baik dari kalangan industri.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi institusi terdepan dalam pendidikan, pengembangan, dan penerapan teknologi manufaktur yang diakui dunia.

Misi

Menyiapkan sumber daya manusia yang menguasai teknologi manufaktur, inovatif, tanggap terhadap tantangan lokal, serta mampu bersaing dalam pasar global, dengan membangun dan mengembangkan pendidikan, pelatihan, rancang bangun dan produksi.

Baca juga Persyaratan, Materi Tes, dan Jadwal Jalur Mandiri Polman Bandung

Program Studi

Jurusan Teknik Manufaktur

  • D3 Teknologi Pembuatan Perkakas Presisi – akreditasi A
  • D3 Pemeliharaan Mesin – akreditasi B
  • D3 Teknologi Manufaktur – akreditasi B
  • D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur – akreditasi B
  • D4 Manajemen Teknologi Rekayasa  

Jurusan Teknik Perancangan Manufaktur

  • D3 Teknologi Perancangan Perkakas Presisi – akreditasi B
  • D4 Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur – akreditasi B
  • D4 Rekayasa Perancangan Mekanik – akreditasi B

Jurusan Teknik Pengecoran Logam

  • D3 Teknologi Pengecoran Logam – akreditasi B
  • D4 Teknologi Rekayasa Material Maju

Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika

  • D4 Teknologi Rekayasa Mekatronika – akreditasi B
  • D4 Teknologi Rekayasa Otomasi – akreditasi B
  • D4 Teknologi Rekayasa Informatika Industri  

Jalur Pendaftaran

Polman Bandung menyediakan beberapa jalur masuk pendaftaran mahasiswa baru, berikut di antaranya:

  • SNMPN/Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (D3)
  • SNMPTN/Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (D4)
  • SBMPN/Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (D3)
  • SBMPTN/ Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (D4)
  • Mandiri (D3 & D4)

Nah, barusan kamu membaca Polman Bandung: Sejarah, Program Studi, dan Jalur Pendaftarannya. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Polman Bandung, ya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!