Poltektrans SDP, Sekolah Kedinasan Kemenhub di Palembang

oleh | Apr 5, 2021 | Blog, Matra Darat | 0 Komentar

Poltektrans SDP – Kementrian Perhubungan atau Kemenhub merupakan salah satu kementrian negara yang memiliki Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Dibandingkan dengan lembaga/instansi/kementrian pemerintah lainnya, sekolah kedinasan dalam naungan Kemenhub cukup banyak dan beragam.

Terdapat tiga jenis PTK di lingkungan Kemenhub yaitu Matra Darat, Matra Udara, dan Matra Laut. Di masing-masing matra terdapat berbagai sekolah kedinasan yang sesuai dengan kelompoknya. Salah satu di antaranya yaitu Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Poltektrans SDP) Palembang yang tergabung dalam Matra Darat.

Berikut ini artikel mengenai Poltektrans SDP, Sekolah Kedinasan Kemenhub di Palembang.

Berdirinya Poltektrans SDP

Perjanjian Proyek FTA 170 antara Pemerintah Kerajaan Belgia dan Pemerintah Republik Indonesia pada 19 Desember 1979 merupakan cikal bakal pendirian Poltektrans SDP. Kemudian, di tahun 1984 sampai 1987 merupakan bagian dari Balai Diklat Angkutan Sungai Danau.

Pada tahun 1987, diresmikanlah Balai Pendidikan Latihan Angkutan Sungai dan Danau (BPL LLASD) yang saat itu hanya menyelenggarakan diklat pendek. Program studi Diploma III Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (LLASDP) baru dibuka pada tahun 1990.

Nama BPL LLASD diubah di tahun 2002 menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Angkutan Perairan Pedalaman (BPP APPD). Lalu berubah lagi menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) di tahun 2010. Akhirnya, di tahun 2018, ditetapkanlah nama Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Poltektrans SDP) Palembang berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 62 Tahun 2018.

Visi dan Misi

Visi

Politeknik Transportasi SDP Palembang memiliki visi menjadi peguruan tinggi vokasi yang unggul dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia di bidang transportasi sungai, danau, dan penyeberangan yang prima, profesional, beretika, berdedikasi tinggi, dan berbudi pekerti luhur untuk kemajuan bangsa.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan vokasi yang berbasis kompetensi secara aktif serta menunjang perkembangan pengetahuan, profesionalisme, dan karir di bidang pelayaran dan lalu lintas angkutan jalan;
  2. Melaksanakan tata kelola kelembagaan yang dinamis, transparan, dan akuntabel;
  3. Membentuk suasana akademik yang sehat dan kondusif untuk peningkatan mutu pendidikan;
  4. Memberdayakan dan mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan serta segenap potensi yang ada guna menunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kelembagaan secara efektif dan efisien;
  5. Mengembangkan pendidikan vokasi secara berkelanjutan melalui peningkatan kualitas pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta kerja sama dengan lembaga pemerintah maupun swasta di dalam negeri dan di luar negeri.

Baca juga Inilah Informasi Lengkap dan Penting Mengenai Pendaftaran Sipencatar Dephub 2020.

Program Studi yang Tersedia

Diklat Poltektrans SDP

Poltektrans SDP menyediakan dua jenis diklat, yaitu Diklat Teknis dan Diklat Pembentukan. Bagi lulusan SMA/SMK, bisa mendaftar di Diklat Pembentukan. Terdapat 3 program studi yang tersedia, yaitu:

  1. D-III Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (LLASDP)/D-III Manajemen Transportasi Perairan Daratan (MTPD). Pendidikannya ditempuh selama 6 semester atau 3 tahun. Setelah lulus akan mendapat gelar A.Md.;
  2. D-III Nautika; pendidikannya berlangsung selama 3 tahun atau 6 semester. Kemudian, setelah lulus akan mendapat gelar A.Md. beserta Sertifikat Kepelautan ANT-III;
  3. D-III Teknologi Nautika; pendidikan yang diperlukan ditempuh selama 6 semester atau 3 tahun. Lulusannya akan mendapat gelar A.Md. dan Sertifikat Kepelautan ATT-III.

Selanjutnya, yaitu Diklat Tekniks. Program ini disediakan bagi PNS/BUMN/Masyarakat Umum. Berbagai diklat yang diselenggarakan oleh Poltektrans SDP yaitu sebagai berikut.

  1. Diklat Teknis Kepelautan
    • Diklat Basic Safety Training (BST)
    • Diklat Survival Craft and Rescue Boat (SCRB)
    • Diklat Advanced Fire Fighting (AFF)
    • Diklat Medical First Aids (MFA)
    • Diklat Security Awareness Training (SAT)
  2. Diklat Teknik ASDP
    • Diklat Sertifikasi dan Registrasi Kapal Angkutan, Sungai, dan Danau
    • Diklat Pengelola Pelabuhan Sungai dan Danau
    • Diklat Manajemen Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan
    • Diklat Penilai Pelayanan Pelabuhan dan Angkutan Penyeberangan
    • Diklat Operasional Jembatan Bergerak (MB) Pelabuhan Penyeberangan
  3. Diklat Pemberdayaan Masyarakat
    • Diklat Kecakapan Awak Sungai dan Danau
    • Diklat Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran di Kapal Sungai dan Danau
    • Diklat Teknisi Motor Tempel Tingkat Dasar

Sarana dan Prasarana Poltektrans SDP

Fasilitas Poltektrans SDP

Terdapat berbagai fasilitas yang disediakan oleh Poltektrans SDP guna menunjang kegiatan pendidikan, di antaranya yaitu:

  1. Gerai ATM;
  2. Klinik Pratama;
  3. Ruang Kelas;
  4. Auditorium Banyasin;
  5. Asrama;
  6. Kapal Keruk;
  7. Sarana Panjat Tebing;
  8. Gedung Serbaguna;
  9. dan lain-lain.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Kedokteran UGM – Universitas Gadjah Mada atau UGM masih menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Sebagai institusi pendidikan berbentuk universitas, terdapat berbagai program studi yang dibuka oleh UGM. Kampus yang terletak di Bulaksumur...

Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Taruna AKPOL

Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Taruna AKPOL

Seleksi AKPOL – Salah satu sekolah kedinasan yang menjadi incaran banyak orang yaitu Akademi Kepolisian atau biasa disingkat dengan AKPOL. Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) ini berada di bawah naungan Kepolisian Republik Indonesia dan diadakan guna menghasilkan Perwira...