Profile dan Informasi Kedokteran UAD 2020

oleh | Mar 10, 2020 | Blog | 0 Komentar

Profile dan Informasi Kedokteran UAD 2020 – Indonesia merupakan negara kepulauan dengan susunan garis Geografis yang berbeda – beda dan engan jumlah penduduk yang cukup banyak. Hal ini juga di pengaruhi dengan perubahan iklim yang menyebabkan banyak terjadinya bencana baik di Indonesia ataupun di Dunia. Indonesia Juga merupakan negri yang mempunyai poensi dan kerentanan terhadap bencana, maka indonesia juga memerlukan doker yang selalu siap dan siaga ketika ada bencana. Selain dari itu rumah sakit di indonesia juga masih kurangan SDM akan dokter umum dan ketersedian dokter spesialis masih sangatlah terbatas.

Peran dokter yang bertugas pada fasilitas kesehatan layanan primer dirasa sangatlah penting untuk ikut andil di dalam kondisi tersebut sebagai dokter siaga bencana. Program Studi Pendidikan Kedokteran UAD didirikan berdasarkan SK Menristek DIKTI RI No. 720/KPT/I/2017, tertanggal 13 Desember 2017 tentang Ijin pembukaan program Studi Pendidikan Kedokteran UAD program sarjana dan juga pendidikan profesi dokter program profesi. Disini program studi kedokteran UAD menjawab permasalahan diatas dengan menjadikan lulusanya unggul di dalam mitigasi bencana dan penanganan bencana dari sisi Medis.

Visi Misi Dan Tujuan Kedokteran UAD

Visi Kedokteran UAD – Visi dari kedokteran UAD adalah menjadi Program Studi Kedokteran yang unggul di dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian pada bidang kesehatan dan juga kebencanaan yang di jiwai dengan nilai – nilai islam yang sudah di akui secara Internasional.

Misi Kedoteran UAD – Misi dari Kedokteran UAD mendiskripsikan tugas, kewajiban, tanggung jawab, serta rencana pada kegiatan yang di sesuaikan dengan visi Program Studi untuk mendukung tridharma perguruan tinggi yang di tetapkan di dalam sebuah misis sehingga dapat tercapainya visi tersebut. Berikut rincian misi Kedokteran UAD :

  1. Untuk menyelenggarkan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat pada bidang Kedokteran dengan dijiwai oleh nilai – nilai Universal Islam yang sudah diakui secara internasional.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai ahlak mulia, profesional, siaga bencana, dan siap untuk mengabdi dimanapun dan kapanpun.
  3. Untuk menjalin Kemitraan dengan para stakeholder baik di dalam ataupun luar negri, di dalam upaya untuk melaksanakan tri dharma.

Prospek Lulusan Kedokteran UAD

Prospek lulusan Program studi kedokteran UAD adalah untuk menjadikan mahasiswa menjadi doter yang profesional, berjiwa islami, dan berkompten pada bidang kebencanaan sehingga bisa mengabdikan diri pada lingkungan sekitar. Setelah lulus dari Kedokteran UAD mahasiswa dapat melanjutkan ke tahap profesi dokter/ dapat menjadi klinis, akdemisi, praktisi, dan juga peneliti.

Kompetensi Kedokteran UAD

Mahasiswa Program Studi kedokteran UAD mempunyai komptensi yang sesuai dengan standar kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) yang sudah berlaku di Indonesia. Selain itu mahasiswa UAD juga sudah di bekali dengan kompetensi pada bidang kebencanaan yang menjadi salah satu cirikhas Kedokteran UAD.

Kualitas Pengajar Kedokteran UAD

Dosen dan juga tenaga pengajar di program studi terdiri dari dokter yang berkompeten pada tiap bidang biomedis, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Klinis, dan Kebencanaan.

Fasilitas Pendukung di Kedokteran UAD

Gedung FK UAD menggunakan Kampus 4 UAD yang luas dan besar beralama di JL. Ringroad Selatan (Ahmad Yani), Tamanan Banguntapan Bantul, Yogyakarta. Berikut sarana dan prasarana yang dapat mendukung kegaiatan di Kedokteran UAD :

  • Ampitheater
  • Ruang Kuliah
  • Ruang Tutorial
  • Skillab
  • Ruang OSCE
  • Laboratorium
  • Perpustakaan
  • Ruang dosen
  • Ruang laboratorium biomedik ( anatomi, histologi, da patologi anatomi )
  • Laboratorium fisiologi dan farmakologi
  • Laboratorium parasitologi dan mikrobiologi
  • Laboratorim biokimia dan patologi klinik.
  • Dan masih banyak lagi fasilitas lainya yang dapat anda gunakan.

Nah teman – teman IC yang ingin masuk / bergabung di Program Studi Kedokteran UAD dapat mengikuti UMK ( Ujian Masuk Kedokteran ) yang tahap 1 nya akan di mulai 06 Januari 2020 – 13 Maret 2020.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…