Prospek Kerja Lulusan Jurusan Matematika Itu Luas, Loh!

oleh | Nov 24, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Jurusan Matematika – Matematika merupakan ilmu yang populer dan wajib dipelajari di bangku sekolah. Hanya saja, jurusan matematika sendiri di dunia perkuliahan kurang diminati karena dianggap sulit atau prospek kerjanya sempit. Padahal, pilihan pekerjaan lulusan jurusan ini sangat luas.

Matematika adalah induk dari berbagai disiplin ilmu seperti teknik dan statistika. Jika kamu menguasai matematika, kamu bisa mempelajari ilmu-ilmu lainnya dengan mudah. Tentunya, hal ini akan menguntungkan ketika kamu ingin mencari pekerjaan.

Prospek kerja untuk lulusan jurusan matematika sebenarnya sangat luas. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Tentang Jurusan Matematika

Matematika adalah jurusan yang mempelajari angka dan logika. Selama 4 tahun atau 8 semester, mahasiswa akan belajar tentang teorema matematika, permasalahan matematika kompleks, bahkan juga komputasi dan juga keuangan. Pembelajaran yang beragam ini mungkin karena matematika adalah ilmu yang luas.

Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari banyak hal. Beberapa fokus yang bisa dipelajari oleh mahasiswa yaitu seperti:

  • Aljabar
  • Matematika terapan
  • Komputer
  • Geometri
  • Statistika

Tentunya, matematika di bangku sekolah dan perkuliahan sangatlah berbeda. Kamu tidak hanya menghitung dan mengaplikasikan rumus. Di jurusan ini, mahasiswa akan dilatih kemampuan analitis, logika, dan juga pemikiran yang sistematis. Jurusan ini cocok jika kamu suka dengan dunia hitung-menghitung dan ingin memiliki kemampuan analisis yang kuat.

Baca juga Berapa Nilai UTBK yang Aman untuk masuk PTN?

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Matematika

prospek kerja jurusan matematika

Mahasiswa yang belajar di jurusan matematika memiliki kesempatan besar di dunia kerja. Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Beberapa pilihan profesi untuk lulusan matematika yaitu sebagai berikut.

Data Scientist

Pilihan pekerjaan yang cukup populer untuk lulusan jurusan matematika yaitu data scientist. Seorang data scientist akan berkutat dengan data dan bertanggung jawab untuk mengolahnya. Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan analisis yang akan sangat berguna jika bekerja sebagai data scientist.

Aktuaris

Aktuaris juga termasuk pekerjaan yang banyak dipilih ketika lulus dari jurusan matematika. Seorang aktuaris akan menghitung kemungkinan risiko keuangan di masa depan. Analisis yang dilakukan menggunakan data dan banyak perhitungan sehingga lulusan matematika cocok untuk masuk ke bidang ini.

Programmer

Salah satu fokus pembelajaran atau peminatan yang bisa diambil oleh mahasiswa jurusan matematika yaitu komputasi atau pemrograman. Jika mengambil peminatan ini ketika berkuliah, tentunya kamu bisa berkarir di bidang pemrograman. Kamu bisa mengembangkan perangkat lunak atau aplikasi berbekal ilmu yang didapat dari dunia perkuliahan.

Penilai Properti

Jika tertarik untuk masuk ke bisnis properti, lulusan jurusan matematika bisa menjalani pekerjaan sebagai penilai properti. Pekerjaan ini mengharuskan seseorang untuk membuat penaksiran harga atau nilai properti dengan mempertimbangkan berbagai unsur seperti harga pasaran, kualitas bangunan, tren, dan lain sebagainya.

Analis Investasi

Prospek kerja lulusan jurusan matematika yang selanjutnya yaitu sebagai analis investasi. Pekerjaan ini bergerak di bidang keuangan terutama di bagian investasi. Seorang analis investasi akan melakukan riset tentang investasi di berbagai jenis instrumen. Hasil riset tersebut kemudian bisa digunakan untuk memberikan rekomendasi atau keputusan tentang investasi.

Ahli Statistik

Mahasiswa matematika tidak hanya belajar tentang rumus. Mahasiswa bisa memilih untuk fokus pada pengolahan data untuk bisa menjadi seorang ahli statistik. Kebutuhan untuk ahli statistik saat ini sangat tinggi. Kamu bisa memilih untuk bekerja di berbagai bidang industri seperti bisnis, pemerintahan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Auditor

Auditor merupakan prospek kerja lain yang bisa dipilih oleh lulusan jurusan matematika. Auditor memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan terhadap kinerja perusahaan baik itu operasi internal, laporan keuangan, kepatuhan hukum, dan lain-lain.

Prospek kerja lulusan jurusan matematika itu luas, loh! Kamu bisa masuk ke berbagai jenis perusahaan atau industri dengan berbekal ilmu dan kemampuan yang didapat di dunia perkuliahan. Semakin yakin untuk masuk ke jurusan matematika?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…