PTN Adalah Pilihan untuk Melanjutkan Kuliah, Yuk, Cari Tahu!

oleh | Sep 23, 2021 | Blog, PTN | 0 Komentar

PTN Adalah – Terdapat banyak jenis perguruan tinggi yang bisa dituju ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di Indonesia sendiri, jenis perguruan tinggi terbagi menjadi 3 yaitu Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

Di antara ketiga jenis perguruan tinggi, salah satu yang paling dikenal dan diminati banyak orang adalah PTN. Setiap PTN membuka penerimaan mahasiswa baru, banyak orang menyerbu untuk bisa masuk ke kampus ini. Perguruan tinggi ini banyak dijadikan sebagai tujuan utama ketika ingin melanjutkan kuliah.

Apakah kamu tertarik untuk masuk PTN? Yuk, cari tahu dulu apa itu PTN di penjelasan di bawah ini!

Pengertian PTN Adalah

Perguruan Tinggi Negeri atau PTN adalah perguruan tinggi yang dikelola oleh negara. Perguruan tinggi ini bukanlah milik lembaga atau yayasan tertentu. PTN merupakan milik pemerintah dan pelaksanaan pendidikannya diawasi oleh negara. Artinya, segala hal yang ada di PTN dikelola dan dipertanggungjawabkan ke negara.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai jenis perguruan tinggi yang berstatus milik negara. Perguruan tinggi dengan status negeri tidak hanya berupa universitas, namun ada juga institut, politeknik, dan lainnya. Beberapa contoh PTN di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Akademi Komunitas Negeri Banyuasin
  • Akademi Gizi Surabaya
  • Institut Negeri Sepuluh Nopember
  • Insitut Seni Indonesia
  • Politeknik Negeri Bali
  • Politeknik Negeri Sambas
  • Universitas Mulawarman
  • Universitas Hasanuddin

Pilihan Jenjang Pendidikan di PTN

PTN adalah perguruan tinggi yang beragam dan tentunya menyediakan berbagai jenis pendidikan. Terdapat jenjang pendidikan yang cukup lengkap jika kamu mendaftar ke PTN. Di perguruan tinggi ini, jenjang pendidikan dimulai dari Diploma sampai Doktor atau S3.

Hal yang perlu diketahui yaitu tidak semua PTN membuka pendidikan untuk semua jenjang. Keberagaman ini mungkin ditemukan di universitas atau institut. Namun, untuk akademi dan politeknik, pendidikan yang tersedia hanya di jenjang Diploma.

Baca juga Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Pola Pembiayaan Mahasiswa

Setiap perguruan tinggi memiliki pola pembiayaan yang berbeda. Di PTN sendiri, salah satu pembiayaan yang dibebankan kepada mahasiswa yaitu Uang Kuliah Tunggal atau UKT. UKT adalah pola pembiayaan yang ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi. Besarannya akan ditentukan dengan golongan dan selalu sama setiap semesternya.

Pola pembiayaan UKT tidak diterapkan ke semua program yang ada di PTN. UKT biasanya diterapkan untuk kelas reguler. Sedangkan program non reguler seperti kelas internasional atau kelas ekstensi memiliki pembiayaan yang berbeda.

Selain biaya kuliah per semester, ada juga kampus yang mengharuskan mahasiswanya untuk membayar uang pangkal. Uang pangkal ini memiliki berbagai istilah yang berbeda tergantung masing-masing perguruan tinggi. Berbeda dengan UKT, uang pangkal hanya dibayarkan satu kali saat mahasiswa diterima di PTN.

Jalur Seleksi Masuk PTN

Meskipun PTN merupakan pilihan favorit, kamu yang ingin masuk ke kampus ini tidak perlu khawatir. PTN memiliki berbagai jalur masuk yang bisa dijajal. Secara umum, jalur masuk untuk diterima di PTN dibagi menjadi 2 yaitu penerimaan nasional dan seleksi mandiri.

Penerimaan mahasiswa secara nasional di PTN berlaku untuk jenjang Diploma dan Sarjana kelas reguler. Ada dua jalur yang tersedia yaitu Seleksi Nasional Masuk PTN atau SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk PTN atau SBMPTN. SNMPTN merupakan jalur tanpa tes sedangkan SBMPTN dilakukan dengan nilai UTBK.

Jalur lainnya untuk masuk PTN adalah seleksi mandiri. Setiap perguruan tinggi memiliki ketentuan yang berbeda-beda untuk seleksi jalur ini. Ada kampus yang membuka seleksi mandiri berbagai macam, mulai dari jalur prestasi, jalur UTBK, jalur kerja sama, jalur ujian, dan lain-lain.

Penerimaan mandiri di PTN dilakukan tidak hanya untuk jenjang undergraduate. Seleksi jalur ini dibuka untuk berbagai jenjang seperti Magister dan Doktor. Selain itu, seleksi mahasiswa program non reguler seperti kelas internasional dan ekstensi juga dilakukan secara mandiri.

Itulah informasi tentang PTN adalah pilihan untuk melanjutkan kuliah, yuk, cari tahu! Kamu bisa memilih PTN ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tersedia berbagai pilihan program studi dan jenjang, jadi pilih sesuai keinginanmu, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...