Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!

Rincian Tahapan Seleksi Lanjutan Calon Taruna STMKG

oleh | Mei 29, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Seleksi Lanjutan STMKG – Salah satu sekolah ikatan dinas yang ada di Indonesia, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau STMKG tengah melaksanakan seleksi penerimaan taruna baru tahun ajaran 2021/2022.

Pendaftaran calon taruna telah dilaksanakan di bulan April 2021. Bagi peserta yang telah mendaftar akan diseleksi secara administratif terlebih dahulu. Daftar peserta yang lolos verifikasi dokumen administrasi STMKG bisa dilihat di sini. Peserta yang dinyatakan lolos administrasi kemudian akan menghadapi seleksi lanjutan yang diselenggarakan oleh STMKG dan BKN.

Pembayaran Biaya Pendaftaran dan Tes

Seleksi Lanjutan STMKG

Setelah mengetahui hasil verifikasi dokumen, peserta yang lolos kemudian diharuskan untuk membayar biaya registrasi. Terdapat 2 jenis pembayaran yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut.

  1. Biaya tes STMKG sebesar Rp75.000; dan
  2. Biaya tes SKD CAT BKN sebesar Rp50.000.

Kedua biaya tersebut dibayarkan dengan kode billing yang berbeda. Kode pembayaran bisa didapat melalui laman https://dikdin.bkn.go.id. Pembayaran dilakukan pada tanggal 15 Mei – 23 Mei 2021. Setelah itu, peserta bisa login kembali ke laman http://dikdin.bkn.go.id untuk mendapatkan Kartu Ujian.

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Tahapan lanjutan pertama dalam penerimaan taruna baru STMKG yaitu Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Pelaksanaan tes ini dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test atau CAT yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara atau BKN. SKD akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 12 Juni 2021 dan jadwal lebih detail bisa dilihat melalui laman PTB STMKG pada tanggal 1 Juni 2021.

Ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi ole peserta ketika mengikuti SKD STMKG yaitu sebagai berikut.

  1. Berpakaian rapi (kemeja putih, celana/rok warna gelap atau hitam (bukan jeans), dan bersepatu);
  2. Membawa KTP Asli dan Kartu Ujian (bagi yang belum memiliki KTP bisa membawa KIA, Surat Keterangan Disdukcapil, KK Asli, Kartu Pelajar, atau identitas lain);
  3. Wajib mengikuti protokol kesehatan;
  4. Harus hadir 90 menit sebelum tes dimulai untuk registrasi dan persiapan tes, apabila terlambat atau tidak hadir maka akan dinyatakan gugur.

Baca juga Berapa Passing Grade SKD Sekolah Kedinasan?

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) STMKG

Setelah mengikuti SKD, peserta yang lolos akan melanjutkan seleksi ke tahapan berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB yang diselenggarakan langsung oleh STMKG. Perlu diketahui bahwa terdapat kuota tertentu bagi peserta yang bisa mengikuti SKB. Lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut.

Program Studi Laki-laki Perempuan
Mateorologi 219 93
Klimatologi 66 30
Geofisika 78 30
Instrumentasi MKG 252 27
Total 615 180

Tes SKB STMKG akan dilaksanakan pada 29 – 30 Juni 2021. Tes ini dikerjakan dalam waktu 90 menit. Terdapat 3 mata pelajaran yang diujikan yaitu Fisika (32 soal), Matematika (28 soal), dan bahasa Inggris (20 soal). Ketentuan penilainnya yaitu jawaban benar mendapat nilai 5 dan jawaban salah skornya 0.

Seleksi Lanjutan Terakhir STMKG: Tes Kebugaran dan Wawancara

Berbagai Seleksi Lanjutan Pendaftaran STMKG

Pada rangkaian seleksi lanjutan STMKG, tahapan yang terakhir yaitu tes Kebugaran, Wawancara, dan Pemeriksaan Kesehatan. Seleksi ini akan dilaksanakan secara terpisah yaitu pada tanggal di bawah ini.

  1. Tes Kebugaran dan Wawancara: 5 – 9 Juli 2021
  2. Pemeriksaan Kesehatan: 12 – 16 Juli 2021

Sama seperti tes SKB, pada tahapan tes Kebugaran, Wawancara, dan Pemeriksaan Kesehatan, terdapat kuota peserta yang telah ditentukan oleh STMKG. Jumlah calon taruna yang lolos SKB dan bisa mengikuti tes berikutnya bisa dilihat dalam tabel berikut ini.

Program Studi Laki-laki Perempuan
Meteorologi 146 62
Klimatologi 44 20
Geofisika 52 20
Instrumentasi MKG 168 18
Jumlah 410 120

Perlu diperhatikan bahwa jumlah peserta untuk dua seleksi tersebut belum termasuk kuota afirmasi Papua dan Papua Barat (OAP) serta afirmasi 3T. Kuota untuk kedua peserta afirmasi tersebut akan diinformasikan lebih lanjut.

Itu tadi rincian tahapan seleksi lanjutan calon taruna STMKG tahun 2021. Buat kamu calon taruna, jangan lupa persiapkan diri dengan matang, ya! Semoga lolos!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Geodesi merupakan salah satu cabang keilmuan dengan basis ilmu matematika terapan. Kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Geodesi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

Dilansir dari laman resmi Webometrics, ada beberapa PTKIN yang masuk dalam kriteria pemeringkatan per Juli 2022. Melalui pemeringkatan Webometrics, kamu bisa mengecek daftar PTKIN terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai pilihan kampus. Berikut daftarnya!

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

LPDP 2022 menawarkan 3 kategori beasiswa yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Afirmasi. Di kategori Beasiswa Umum terbagi menjadi 3 beasiswa, apa saja? Yuk, simak di sini info lebih lengkapnya!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!