Rincian Tahapan Tes Seleksi Taruna Baru STMKG

oleh | Okt 4, 2021 | Blog, STMKG | 0 Komentar

Tes STMKG – Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau STMKG merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang menyelenggarakan ikatan dinas. Sekolah ini berada dalam naungan BMKG dan tarunanya dididik untuk bisa menjadi tenaga kerja di lembaga pemerintah tersebut.

Bisa masuk STMKG merupakan impian banyak masyarakat Indonesia. Mengenyam pendidikan di sini akan sangat  menguntungkan. Selama mengikuti pendidikan, taruna tidak dipungut biaya dan berkesempatan mendapat uang saku. Kemudian, taruna juga akan mendapatkan jaminan kerja setelah lulus dari STMKG.

Tentunya, sama dengan perguruan tinggi lainnya, untuk bisa masuk STMKG, ada tes atau seleksi yang perlu untuk dihadapi. Seleksi masuk sekolah kedinasan ini sangat ketat dan dilakukan dalam banyak tahap untuk mendapatkan peserta didik terbaik. Apa saja tahapan seleksi untuk masuk STMKG?

Seleksi Administrasi

Seleksi pertama yang perlu dihadapi oleh pendaftar STMKG yaitu seleksi administrasi. Pada tahapan ini, panitia akan memeriksa kelengkapan dan kesesuaian peserta dengan persyaratan yang telah diberikan. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan akan dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti tes STMKG berikutnya.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Bagi peserta yang lolos Seleksi Administrasi, akan lanjut ke tahapan berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tahapan ini merupakan tes pertama yang harus dihadapi oleh peserta. Seleksi Kompetensi Dasar sendiri diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pada tahapan SKD, peserta akan mengerjakan tes untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan dasar. Ada 3 materi yang diujikan pada tahapan ini yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Peserta harus mengerjakan semua sub tes dengan menggunakan sistem CAT. Jika ingin lanjut ke tahap berikutnya, peserta harus memenuhi nilai ambang batas masing-masing sub tes. Selain itu, peserta yang lanjut tahap beriktunya harus masuk perangkingan yang telah ditentukan oleh STMKG yaitu 3 kali jumlah peserta yang akan diterima.

Baca juga Tahun Ini STMKG Kembali Buka Penerimaan Taruna Baru.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

tes stmkg

Setelah SKD, peserta tes STMKG akan mengikuti tahapan berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB. Tes ini berisi 3 mata pelajaran dengan model soal pilihan ganda. Materi yang diujikan yaitu Fisika (32 soal), Matematika (28 soal, dan Bahasa Inggris (20 soal). Jawaban benar akan dinilai 5 dan salah dinilai 0.

Sama seperti pada tahapan SKD, peserta yang bisa melanjutkan seleksi ke tahapan berikutnya telah ditentukan jumlahnya oleh STMKG. Penentuan peserta dilakukan berdasarkan jumlah nilai yang diperoleh. Kemudian, akan disaring sesuai kuota tahapan berikutnya yaitu 2 kali jumlah peserta diterima.

Tes Kebugaran dan Wawancara

Tahapan terakhir dalam seleksi masuk STMKG yaitu tes kebugaran dan wawancara. Tes ini bisa diikuti oleh peserta yang telah lolos tahapan SKB saja. Pelaksanaannya juga telah ditentukan oleh STMKG baik jadwal maupun lokasi.

Pada tes kebugaran, peserta akan melalui beberapa tahapan. Pemeriksaan yang pertama yaitu ukur tinggi badan dan berat badan. Selanjutnya kebugaran dilakukan dengan metode cooper test yaitu peserta berjalan atau berlari secepat-cepatnya dalam jarak 2,4 km dan akan dilihat waktu yang diperlukan untuk menempuhnya.

Tes selanjutnya dalam seleksi STMKG yaitu wawancara. Pelaksanaan wawancara dilakukan dengan 3 metode yait luring, luring + daring, dan daring. Wawancaranya sendiri akan dilangusngkan selama kurang lebih 30 menit untuk setiap peserta.

Itulah rincian tahapan tes seleksi taruna baru STMKG. Ketentuan pelaksanaan seleksi bisa berubah-ubah setiap tahunnya mengikuti kebijakan pemerintah dan SMTKG. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya bisa lancar mengikuti seleksi, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...