Satu-Satunya di Asia! Yuk Mengenal Spesialis Kedokteran Penerbangan yang Ada di UI

oleh | Feb 19, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah, Kedokteran, Mata Kuliah, PTN | 0 Komentar

Spesialis Kedokteran Penerbangan – Program studi Kedokteran Penerbangan sampai saat ini baru ada satu di UI dan merupakan satu-satunya di Asia, serta hanya terdapat 5 yang serupa di dunia. Namun program studi ini bukan prodi baru, karena sudah ada di Universitas Indonesia sejak tahun 2010 lalu. Hanya saja memang belum banyak yang membukanya, dan bisa dikatakan menjadi program studi yang langka. Yuk ketahui mengenai program spesialis kedokteran penerbangan di Universitas Indonesia!

Mengenal Spesialis Kedokteran Penerbangan

Masih sedikit sekali orang yang mengenal program studi Kedokteran Penerbangan ini. Wajar saja, karena prodi ini langka dan jarang dibahas oleh banyak orang. Nah, kedokteran penerbangan ini akan mengajarkan mahasiswanya untuk bisa menjamin keselamatan penerbangan dengan melalui pengecekan kesehatan.

Dalam pendidikannya, calon dokter penerbangan akan mempelajari mengenai penerbangan, seperti penyakit-penyakit yang khas dengan penerbangan, investigasi kecelakaan pesawat dan syarat-syarat yang harus dipenuhi pilot untuk mendapatkan izin terbang.

Baca juga: Tidak Banyak yang Tau! Ini 7 Macam-Macam Unit Polisi Indonesia

Nantinya gelar yang akan diperoleh adalah Spesialis Kedokteran Penerbangan (Sp.KP), dan nantinya akan bertugas melakukan pengecekan kesehatan dalam kurun waktu tertentu kepada pilot dan kru pesawat lain. Cek kesehatan ini akan dilakukan sebelum pilot mendapatkan izin terbang, untuk memastikan bisa membawa para penumpang dengan aman dan selamat.

Lulusan kedokteran penerbangan bisa juga dibutuhkan di berbagai instansi penting, seperti TNI dan Kepolisian yang memiliki kegiatan pengamanan penerbangan. Untuk ke depannya, prodi ini diharapkan untuk bisa terus menyumbangkan lulusan-lulusan terbaik yang berkompetensi profesional serta bisa berkontribusi bagi keselamatan penerbangan di Indonesia.

Ketua Prodi Kedokteran Penerbangan FK UI, yakni Prof dr Budi Sampurna DFM SH SpF(K) Sp.KP mengungkapkan, “Kedokteran Penerbangan biasa dikenal juga sebagai aerospace atau aviation medicine. Prodi Kedokteran Penerbangan FK UI sudah berdiri sejak 2010 dan merupakan prodi yang sangat langka, karena hanya ada 5 program studi serupa di dunia. Setelah 10 tahun berdiri, program studi ini sudah berhasil mencetak 64 dokter spesialis kedokteran penerbangan”.

Tujuan Pendidikan Kedokteran Penerbangan

Program Studi Kedokteran Penerbangan di UI masuk dalam fakultas kedokteran, dan masuk dalam jenjang Magister, yang dijalankan dalam masa 2 tahun dan memiliki beban SKS kurang lebih 44 SKS.

Tujuan dari diadakannya prodi ini adalah untuk menghasilkan lulusan-lulusan terbaik untuk bisa berkontribusi dalam keselamatan penerbangan internasional. Selama pendidikannya, calon dokter penerbangan akan diajarkan untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan penerbangan sesuai standar internasional dan terlibat dalam kegiatan penelitian demi kemajuan ilmu kedokteran penerbangan baik di Indonesia maupun dunia.

Untuk perkuliahannya, akan mendapatkan beberapa mata kuliah seperti Aerofisisiologi, Higiene Penerbangan & Antariksa, serta Transportasi & Evakuasi Medik Penerbangan. Untuk mata kuliah aerofisisiologi, peserta didik akan memiliki kompetensi untuk mendeskripsikan pengaruh aerofisiologi penerbangan terhadap tubuh manusia, dan mengikuti hypobaric chamber training.

Kemudian untuk mata kuliah Higiene Penerbangan dan Antariksa, mahasiswa akan diajarkan untuk memiliki kompetensi memberikan contoh dan prinsip-prinsip higiene dan sanitasi penerbangan, dan juga higiene dan gizi ruang angkasa.

Sedangkan di mata kuliah Transportasi dan Evakuasi Medik Penerbangan, mahasiswa akan dididik untuk mampu mengidentifikasi faktor-faktor resiko terhadap transportasi dan evakuasi penumpang yang sakit, termasuk kesehatan wisata, mendiagnosis gangguan atau kelainan, sampai dengan membuat disposisi aeromedis untuk penumpang sakit untuk keperluan layak atau tidak layak mengikuti penerbangan.

Untuk pendaftarannya kedokteran penerbangan ini hanya bisa melalui jalur SIMAK. Berikut untuk jadwal pendaftaran tahun 2024:

MAGISTER

KegiatanPendaftaranUjianPengumuman
SIMAK Gasal Gel.121 Februari 2024 – 13 Maret 202417 Maret 2024 (online)29 April 2024
SIMAK Gasal Gel.2Mei – Juni 2024Juni 2024Juli 2024
SIMAK GenapOktober 2024November 2024Desember 2024

Demikianlah pembahasan mengenai program studi kedokteran langka, yakni spesialis kedokteran penerbangan yang hanya ada 1 di Asia. Bagaimana, apakah kamu penasaran ingin mengikuti program studi ini nanti?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…