Seleksi Mandiri Polban: Ketentuan, Persyaratan, dan Jadwal Pelaksanaan

oleh | Jul 11, 2022 | Blog, PTN | 0 Komentar

Seleksi Mandiri Polban – Jalur Seleksi Mahasiswa Baru Mandiri (SMBM) adalah jalur seleksi kelima di Politeknik Negeri Bandung. Seleksi ini merupakan seleksi yang dilakukan secara mandiri oleh Polban dan dilaksanakan melalui seleksi nilai Tes Kemampuan Akademik Dasar (TKAD). Seluruh siswa SMA/MA/SMK dapat memilih program studi baik di jenjang Diploma III (D3/Ahli Madya) maupun Diploma IV (D4/Sarjana Terapan).

Pada tahun akademik 2022/2023, seperti tahun sebelumnya, diperkirakan Polban menerima mahasiswa baru sebanyak 1938 siswa untuk jenjang D3 dan D4. Penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui beberapa jalur, salah satunya yaitu Jalur Ujian Mandiri dengan kuota 30%. Simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Ketentuan

  1. Seleksi Mahasiswa Baru Mandiri Polban (SMBM) membuka 2 jalur pembiayaan kuliah, yaitu:
  • Jalur Uang Kuliah Tunggal (UKT)
  • Jalur Kartu Indonesia Pintar untuk Kuliah (KIP-K)

2. Calon peserta hanya boleh mendaftar pada salah satu jalur saja, yakni Jalur UKT atau Jalur KIP-K.

3. Calon peserta yang sudah melakukan sign in pada aplikasi SMBM Polban, tidak bisa pindah jalur dari KIP-K ke UKT atau dari jalur UKT ke KIP-K.

4. SMBM Polban TA 2022/2023 berupa Ujian Tulis (Paper Based Test) yang akan dilaksanakan secara luring dengan lokasi di Kampus Politeknik Negeri Bandung.

5. Untuk calon peserta dengan Jalur KIP-K, selain ketentuan yang ditetapkan oleh Polban, persyaratan dan ketentuan pendaftaran KIP-K disesuaikan juga dengan yang berlaku pada Kemdikbud:

  • Calon peserta wajib membaca dan mendaftarkan diri di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.
  • Pilihan program studi pada laman KIP-K Kemdikbud harus sama dengan pilihan program studi pada laman pendaftaran SMBM Polban.
  • Setelah mendaftar pada laman KIP-K Kemdikbud, peserta wajib verifikasi nomor pendaftaran KIP-K, mengisi form pendaftaran dan finalisasi di laman https://smb.polban.ac.id/smbm.
  • Apabila tidak mengisi dan finalisasi form pendaftaran pada laman https://smb.polban.ac.id/smbm, dianggap bukan peserta SMBM Polban.

6. Pastikan calon peserta sudah mengetahui prodi yang diselenggarakan di Polban dan sudah menentukan prodi pilihannya sebelum melakukan pendaftaran.

7. Pastikan rumpun jurusan asal SMA/SMK/MA/MAK dan persyaratan status buta warna sudah sesuai dengan program studi yang akan dipilih.

8. Calon peserta hanya bisa mendaftar paling banyak 2 prodi jenjang Diploma 3 atau Diploma 4 di Polban, dengan ketentuan:

  • Bagi lulusan jurusan IPA/MA IPA diperbolehkan memilih 2 prodi di kelompok Rekayasa; atau 2 prodi di kelompok Non Rekayasa; atau 1 prodi di kelompok Rekayasa dan 1 pilihan prodi di kelompok Non Rekayasa; atau 1 prodi di kelompok Rekayasa atau Non Rekayasa.
  • Bagi lulusan jurusan IPS/MA IPS hanya diperbolehkan memilih paling banyak 2 prodi di kelompok Non Rekayasa.
  • Bagi lulusan SMK/MAK hanya diperbolehkan memilih paling banyak 2 prodi dalam 1 rumpun jurusan yang sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh prodi pilihan.

9. Pendaftaran SMBM jalur KIP-K tidak dipungut biaya, tetapi harus mengikuti petunjuk pendaftaran di laman https://smb.polban.ac.id/smbm.

Persyaratan

  • Lulusan SLTA tahun 2020, 2021, dan 2022.
  • Tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 2 Agustus 2022.
  • Calon peserta belum pernah menjadi mahasiswa Polban.
  • Bagi calon peserta yang sudah daftar ulang (calon mahasiswa) di jalur seleksi SNMPN/SNMPTN/SBMPTN/SBMPN Polban, tidak diperkenankan mengikuti jalur SMBM Polban.
  • Telah memenuhi vaksin kedua dengan menunjukkan sertifikat vaksin 2 melalui aplikasi Peduli Lindungi. Bagi peserta yang tidak/belum divaksin dengan alasan kesehatan/komorbid, maka wajib membawa surat keterangan dokter tentang hal tersebut. Bukti vaksin atau surat keterangan dokter harus ditunjukkan/dibawa pada saat pelaksanaan ujian.

Baca juga Informasi dan Jadwal Seleksi Mandiri STP Bandung Jalur Reguler Tahun 2022

Pembayaran UKT Jalur Mandiri

Seleksi mahasiswa baru Jalur Mandiri tahun akademik 2022/2023, peserta yang diterima di jalur SMBM ini, akan ditetapkan UKT serendah-rendahnya level 5 dan dikenai biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Peserta D3 nominal SPI sebesar Rp15.000.000
  • Peserta D4 nominal SPI sebesar Rp17.500.000

Pembayaran UKT dan SPI wajib dibayarkan pada saat daftar ulang peserta diterima di jakur ini, sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Jalur SMBM ini tetap akan mengakomodir calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dengan prestasi yang baik sebagai peserta program KIP-Kuliah.

Program Studi

Politeknik Negeri Bandung memiliki 36 program studi untuk jenjang D3 dan D4 terbagi ke dalam dua bidang, yaitu:

  • Bidang Rekayasa terdiri dari 12 Program Ahli Madya dan 12 Program Sarjana Terapan.
  • Bidang Non Rekayasa terdiri dari 6 Program Ahli Madya dan 6 Program Sarjana Terapan.

Jadwal SMBM Polban

Kegiatan Tanggal
Jalur KIP-K. Pendaftaran Peserta KIP-K di laman https://kipk.kemdikbud.go.id 1 Juni-13 Juli 2022
Jalur UKT. Pembayaran Biaya Pendaftaran di Bank BRI 4-13 Juli 2022
Pengisian Form Pendaftaran SMBM POLBANFinalisasi Form Pendaftaran 5-13 Juli 2022
Mulai Cetak Kartu Ujian 11 Juli 2022
Pelaksanaan Ujian 16-17 Juli 2022
Pengumuman Lulus Utama* 19 Juli 2022
Pengisian Data Induk Lulus Utama 19-25 Juli 2022
Pengumuman UKT/KIP-K Lulus Utama 20 Juli 2022
Daftar Ulang Lulus Utama 21-25 Juli 2022
Pengumuman Lulus Cadangan**Pengumuman UKT/KIP-K Lulus Cadangan 26 Juli 2022
Daftar Ulang Lulus Cadangan 27-28 Juli 2022

* Lulus Utama: peserta yang dinyatakan lulus sesuai seleksi yang dilaksanakan oleh Polban.

** Lulus Cadangan: peserta yang dinyatakan lulus sesuai seleksi yang dilaksanakan oleh Polban untuk pemenuhan kuota apabila peserta Lulus Utama tidak melakukan daftar ulang.

Materi Ujian SMBM Polban Tahun 2022

Ujian Tulis (Paper Based Test) materi Ujian Bidang Rekayasa sama dengan Bidang Non Rekayasa, sebagai berikut.

  1. Tes Potensi Akademik (TPA)
  2. Tes Kompetensi Akademik (TKA)
  • Matematika
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris

3. Sistem Penilaian

Jawaban Nilai
Benar +4
Salah -1
Tidak dijawab/kosong 0

Semoga artikel Seleksi Mandiri Polban: Ketentuan, Persyaratan, dan Jadwal Pelaksanaan di atas bisa kamu jadikan referensi bagi yang ingin mendaftar dan mengikuti seleksi jalur ini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Jalur Ujian Mandiri PNJ: Persyaratan, Materi Ujian, dan Jadwal | LKBB Indonesia college - […] Seleksi Mandiri Polban: Ketentuan, Persyaratan, dan Jadwal Pelaksanaan […]
  2. PMB Politeknik Kelautan dan Perikanan di Lingkungan KKP Tahun 2022 | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Seleksi Mandiri Polban Ketentuan, Persyaratan, dan Jadwal Pelaksanaan […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!