Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Seleksi Sipencatar Poltekpel Surabaya Jalur Non Reguler (Mandiri) Gelombang 2

oleh | Jun 22, 2022 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Poltekpel Surabaya Jalur Non Reguler –  Sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan membuka penerimaan taruna baru melalui jalur Non Reguler (Mandiri). Poltekpel Surabaya, salah satu sekolah kedinasan yang ikut dalam penerimaan ini. Pada seleksi jalur ini, Poltekpel Surabaya membuka pendaftaran gelombang 2 untuk 7 program studi.

Sekolah kedinasan ini mengundang para lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk dididik menjadi perwira transportasi laut. Seleksi penerimaan catar jalur mandiri dilaksanakan di kampus Poltekpel Surabaya dan pendaftaran dibuka pada tanggal 30 Mei sampai 30 Juni 2022.

Bagi kamu yang berminat mendaftar, simak informasinya berikut ini.

Informasi Umum dan Program Studi

  • Pendaftaran dibuka tanggal 30 Mei-30 Juni 2022.
  • Calon taruna/i hanya berhak memilih satu program studi yang ditawarkan.
  • Calon taruna/i wajib memperhatikan dengan saksama program studi yang tersedia sesuai dengan persyaratan ijazah kelulusan/jurusan dari SMA/sederajat sebelum melakukan pendaftaran sehingga tidak terjadi kesalahan pendaftaran.
  • Kesalahan pendaftaran terhadap pilihan program studi tidak dapat dianulir.
  • Calon taruna/i dapat memilih program studi yang ditawarkan tanpa dibatasi domisili asal.

Persyaratan Pendaftaran

  1. WNI.
  2. Berusia minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun pada 1 September 2022.
  3. Tinggi badan minimal pria 160 cm dan wanita 155 cm.
  4. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba.
  5. Calon taruna tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.
  6. Calon taruni tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan).
  7. Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total.
  8. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan.
  9. Belum pernah diberhentikan sebagai taruna/i di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan Perguruan Tinggi lainnya dengan tidak hormat.
  10. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau memperjualbelikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan, dll), melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual).
  11. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen.
  12. Bersedia menandatangani surat pernyataan calon taruna/i (bermaterai 10.000 rupiah).
  13. Memiliki email yang masih aktif disarankan menggunakan gmail.

Baca juga Penerimaan Taruna Baru PIP Semarang Jalur Non Reguler (Mandiri)

Tata Cara Pendaftaran

  1. Calon taruna/i wajib melakukan registrasi (login) pendaftaran melalui www.sipencatar.poltekpel-sby.ac.id.
  2. Calon taruna/i wajib melengkapi data diri pada formulir yang telah disediakan.
  3. Calon taruna/i mengisi data pada formulir yang tersedia dan mengunggah dokumen pendukung dalam bentuk softcopy, terdiri atas:
  • Akta Kelahiran (format file JPEG/JPG/PNG maks 500 kB).
  • Pas foto terbaru berlatar belakang merah, menghadap ke depan ukuran 4 x 6 cm (ukuran 400 x 600 pixel dengan besaran min 300 kB dan maks 500 kB, format jpg).
  • KTP dan KK calon taruna/i yang berusia di atas 17 tahun, bagi yang belum memiliki KTP menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP. Khusus calon taruna/i yang berusia di bawah 17 tahun menggunakan KK (format file JPEG/JPG/PNG maks 500 kB).
  • Ijazah SMA/sederajat (format file JPEG/JPG/PNG maks 500 kB).
  • Surat keterangan lulus/surat keterangan sebagai peserta Ujian Sekolah dari Kepala Sekolah atau pejabat berwenang, bagi taruna/i SMA/SMK/MA kelas 3 (kelas XII) tahun ajaran 2021/2022 sesuai dengan program studi yang dipersyaratkan (format file JPEG/JPG/PNG maks 500 kB).
  • Surat keterangan belum pernah menikah yang ditandatangani oleh Lurah/Kepala Desa sesuai domisili (asli) (bukan surat yang ditandatangani oleh pelamar, ketua RT, ketua RW atau orang tua) (format file JPEG/JPG/PNG maks 500 kB).
  • Surat pernyataan taruna/i bermaterai 10.000 (dapat diunduh di www.sipencatar.poltekpel-sby.ac.id) (format file PDF maks 500 kB).

Tahapan, Jenis, Dan Biaya Seleksi

  • Setiap tahapan seleksi tidak menggunakan sistem gugur.
  • Biaya seleksi setiap tahapan menjadi tanggungan calon taruna/i.
  • Tata cara pembayaran seleksi melalui kode billing/virtual account setelah dokumen diverifikasi oleh panitia.

Jadwal Seleksi

  • Pendaftaran: 30 Mei-30 Juni 2022
  • Pengumuman kelulusan seleksi administrasi: 1 Juli 2022
  • Seleksi: 4-8 Juli 2022
  • Pantukhir: 21 Juli 2022
  • Pengumuman kelulusan akhir: 22 Juli 2022
  • Daftar ulang: 25-29 Juli 2022

Bagi kamu yang ingin mendaftar jalur ini, masih ada kesempatan! Seleksi Sipencatar Poltekpel Surabaya Jalur Non Reguler (Mandiri) Gelombang 2 di atas, ya. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Sipencatar Poltekpel Sumatera Barat Jalur Mandiri Gelombang II Tahun 2022 | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Seleksi Sipencatar Poltekpel Surabaya Jalur Non Reguler (Mandiri) Gelombang 2 […]
  2. Seleksi Penerimaan Catar Poltekbang Surabaya Jalur Non Reguler (Mandiri) | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Seleksi Sipencatar Poltekpel Surabaya Jalur Non Reguler (Mandiri) Gelombang 2 […]
  3. Poltekbang Makassar Jalur Mandiri: Persyaratan Pendaftaran, Jadwal, dan Biaya Seleksi | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Seleksi Sipencatar Poltekpel Surabaya Jalur Non Reguler (Mandiri) Gelombang 2 […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!