Semua Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kedinasan STMKG 

oleh | Feb 25, 2020 | Blog | 0 Komentar

Baik teman – teman IC pada kesempatan artikel kali ini kita akan membahas mengenai Kedinasan STMKG. Kedinasan STMKG ( Sekolah Tinggi Meteorologi Klmatologi dan Geofisika ) mempunyai sejarah yang menarik untuk kalian semua ketahui. Kedinasan STMKG pertama kali didirikan di bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG), pertama kali berada di ITB atau Institut Teknologi Bandung tepatnya pada tahun 1960. AMG di pindahkan ke jakarta tepatnya berada di kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) JL.Arief Rakhman Hakim No.3 Jakarta Pusat. Tahun 1960 sampai dengan 1978 AMG berada di bawah pusat Meteorologi dan Geofisika.

Teapatnya pada tahun 1978, AMG merubah namanya menjadi Balai pendidikan Dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) berada di bawah badan diklat Departemen Perhubungan ( KM.55/OT/PHB-1978 31 Maret 1978 ). Dari tahun 2000, BPLMG berubah mengubah kembali namanya menjadi AMG yang brada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan ( SK. Menhub No.KM 82 Thn 1999 Thn 1999 Tgl 13 – 10 – 1999), pada saat itu kampusnya pindah menjadi berlokasi di Jl. Perhubungan I No.5, Komplek Meteo DEPHUB, Ponduk Bentung, Bintaro.

Sampai tahun 2004 AMG tetap berada di bawah Badan Diklat dengan SK Menhub No.72 Thn 2002 Tgl 2 – 10 – 2002. Dari mulai 1 Januari 2005 AMG berada di bawah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) untuk Lembaga pemerintah Non Departemen (LPND). Pada tahun 2014 menjadi tahun yang sangat bersejarah bagi keluarga besar Kedinasan STMKG, karena di tahun 2014  telah di undangkan peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tertanggal 23 April 2014 yang berisi perubahan Akademi Meteorologi Nomor 35 tahun 2014 pada tanggal 23 April 2014 tentang perubahan Akdemi Meteorologi dan Geofisika (AMG). Berubah menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).

Ketahui Visi Dan Misi Kedinasan STMKG

Selanjutnya kita akan membahas mengenai visi dan misi dari kedinasan STMKG, berikut informasinya teman – teman IC :

Visi Kedinasan STMKG

Visi dari kedinasan STMKG menjadi sebuah sekolah tinggi yang dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai kompetensi dan juga berwawasan global di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan instrumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika.

Misi Kedinasan STMKG

  • Untuk melaksanakan Tridharma STMKG pada bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan insturumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika.
  • Melaksanakan pendidikan guna menghasilkan Sumber Daya Manusia Yang mempunyai ilmu dasar atau ( Basic Sciences) dan juga Ilmu Terapan (Applied Sciences) yang kuat dan juga mampu berpikir analitik konseptual.
  • Untuk membentuk sikap mental dan juga moral peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  • Untuk membentuk Sumber Daya manusia Profesional yang mempunyai Koptensi pada bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan insturumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika.
  • Untuk melaksanakan tata kelola pendidikan yang transparan dan akuntabel.
  • Untuk meningkatkan kualitas pendidik dan juga tenaga kependidikan
  • Untuk melaksanakan kerjasama pada bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan insturumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika.
  • Untuk melaksanakan disiplin dan penjaminan mutu
  • Untuk melaksanakan Sistem Pengendalian Instansi Pemerintah.

Tujuan Kedinasan STMKG

Kedinasan STMKG menjadi salah satu Perguruan Tinggi Yang bertaraf Internasional dan mampu menghasilkan alumni dengan kopetensi pada bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan insturumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika dan dengan standar nasional dan internasional.

Jenjang Dan Program Studi Kedinasan STMKG

  1. Meteorologi

63 Taruna 7 Taruni, STMKG mencetak lulusan Prodi D-IV Meteorologi yang dapat melakukan pengamatan unsur – unsur meteorologi dan juga mempunyai komptensi sesuai dengan jurusanya, yaitu mampu melakukan pengelolaan dan juga analisa meteorologi. Selain hal tersebut para peserta didik mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan di dalam bidang meteorologi yang di punyainya.

  • Klimatologi

27 Taruna 3 Taruni, Kedinasan STMKG mencetak lulusan Prodi D-IV Klimatologi yang dapat melakukan pengamatan pada unsur – unsur klimatologi dan juga mempunyai sebuah kompetensi yang sesuai dengan jurusan yang mereka ambil. Yaitu dapat melakukan pengolahan dan analisa klimatologi. Selain dari itu para peserta didik juga mampu melaksanakan penelitian yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang klimatologi yang mereka punyai

  • Geofisika

27 Taruna 3 Taruni, Kedinasan STMKG mencetak lulusan prodi D-IV Geofisika yang dapat melakukan pengamatan unsur – unsur geofisika dan juga mempunyai kopetensi sesuai dengan jurusan yang dapat melakukan pengolahan dan mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan di dalam bidang Geofisika yang di punyainya.

  • Instrumentasi

120 Taruna, kedinasan STMKG mencetak lulusan Prodi D-IV instrumentasi-MKG yang dapat menghasilkan SDM atau Sumber Daya Manusia yang punya kompetensi dan berwawasan global di bidang Instrumentasi-MKG, sehingga dapat menunjang pelaynanan jasa pada bidang meteorologi,klimatologi dan geofisika. Selain hal tersebut semua perserta juga di didik untuk dapat melaksanakan yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan di dalam bidang instrumentasi yang di punyainya.

Semua Persyaratan Untuk Mendaftar Kedinasan STMKG

Persyaratan umum :

  • Berjenis kelamin jelas Pria/Wanita
  • Merupakan Warga Negara Indonesia
  • Mempunyai kondisi Sehat Jasmani dan Rohani
  • Tidak buta warna
  • Bagi yang berkacamata tidak mempunyai minus lebih dari (-2), spheris dan tidak silinder
  • Umur tidak boleh kurang dari 16 tahun dan tidak boleh melebihi dari 21 tahun pada saat pendaftaran.
  • Terbebas dari Narkoba yang di buktikan dengan tes keehatan
  • Tidak sedang menjalani ikatan dinas dengan sebuah instansi lain.
  • Mempunyai tinggi badan 163cm untuk pria dan 155 cm bagi wanita di dukung dengan berat badan yang ideal.
  • Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku sejak di nyatakan lulus dari pendidikan dan sanggup untuk di tempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Repbulik Indonesia.

Persyaratan akademik untuk mendaftar kedinasan STMKG :

  • Lulus atau akan lulus dari SMA/Madrasah Aliyah (MA) dan dari jurusan IPA atau SMK dengan komptensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknik Komputer Jaringan.
  • Lulusan SMK dengan koptensi yang sudah di jelaskan di poin pertama hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumenta si-Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG). Yang SMK dan mempunyai kopetensi tidak seperti pada poin pertama tidak dapat di terima.
  • Bagi yang lulus sebelum tahun 2018 nilai ijazah untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan juga Bahasa inggris dengan nilai masing – masing 70 dari (skala 100)
  • Untuk yang akan lulus pada tahun 2019, nilai rapor untuk tiga semester terakhir atau (semester 3,4 dan 5 ) pada mata pelajaran Fisika, Matematika dan juga Bahasa Inggris Masing – masing mempunyai nilai minimal 70 dari skala (100)

Jenis Seleksi Dan Ketentuan Lain Pendaftaran Kedinasan STMKG

Seleksi Kedinasan STMKG mempunyai tiga tahapan dengan sistem gugur :

  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris
  • Tahapan seleksi Tes Kebugara, Tes Kesehatan Dan Wawancar

Ketentuan lain pendaftaran Kedinasan STMKG

  1. Tidak di perbolehkan dan diadakan surat menyurat antara calon taruna dengan Panitia PTB STMKG
  2. Jika ada pertanyaan seputar penyelenggaran PTB STMKG 2019 dapat melalui helpdesk live chat di stmkg.ac.id
  3. Selalu memperhatikan kebutuhan pelaksana tugas jabatan yang akan dilaksanakan oleh para calon taruna atau taruni setelah lulus adalah pengamatan, pengelolaan dan juga pelayanan informasi MKG 24 jam dalam seminggu, serta pemeliharaan alat BMKG. Jadi jumlah formasi taruna yang di terima pada tahun 2019 adalah sejumlah 250 orang dengan komposisi 90% Pria dan 10% Untuk wanita pada program studi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika serta 100% pria untuk program studi Instrumentasi-MKG.
  4. Hasil seleksi akan di umumkan secepatnya di situs stmkg.ac.id
  5. Biaya pendaftaran yang sudah di setorkan oleh para pendaftar kedinasan STMKG tidak dapat di tarik kembali baik dengan alasan apapun.
  6. Keputusan yang di berikan oleh Panitia PTB STMKG pada setiap tahapan seleksinya bersifat final dan tidak bisa di ganggu gugat.

Apa Hal Yang Dapat Membantu Anda Dapat Lolos Seleksi Kedinasan STMKG ?

Apa di pikiran anda pernah terpikirkan sebuah bimbel yang khsus untuk meloloskan pesertanya masuk kedinasan STMKG ? banyak orang yang ingin berusaha melebihi kemampuan orang lain pada tahap seleksi. Jadi tidak heran jika banyak orang juga yang mengikuti bimbel khsus masuk kedinasan STMKG, biaya bimbel memang sedikit terjangkau akan tetapi materi yang di berikan sama persis seperti yang akan di ujikan. Bila orang lain saja mengikuti bimbel agar memperbesar peluang lolosnya masuk STMKG apa anda hanya akan diams saja ? anda dapat mengikuti Bimbel Khsus Kedinasan STMKG di Indonesia College.

Kenapa Harus Menggunakan Bimbel Khsus Kedinasan STMKG di Indonesia College ?

Bimbel Indonesia College merupakan lembaga konsultasi dan juga bimbingan belajar yang mengkhususkan membimbing siswa kelas XII SMA atau alumni SMA untuk dapat menembus persaingan masuk Kedokteran, Kedinasan, IUP UGM & KKI UI. Sebagai sebuah lembaga bimbingan belajar yant sudah beridir sejak 1993 pengalaman Indonesia College selama 25 tahun memberi jaminan kualitas dan layanan untuk meluluskan para siswanya ke perguruan tinggi yang mereka Impikan.

Program Bimbingan IC dirancang dengan perpaduan sistematis materi dan modul belajar SPESIFIK sesuai dengan materi tes fakultas kedokteran. Didukung dengan pengajar yang berkualitas, Metode CERDAS (Cepat, Rasional, Mendasar dan Sederhana) yang dipadukan dengan sistem pembelajaran PAKEM (Pendekatan aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) Serta target yang Jelas lulus masuk ke Perguruan Tinggi Favorit yang diimpikan.

Keunggulan Yang Di Miliki Bimbel Indonesia College

Ini dia beberapa keunggulan yang dapat anda rasakan ketika anda mengikuti salah satu program bimbel dari Indonesia College :

  • Pengajar yang ahli : Pengajar terbaik sesuai disiplin ilmu materi uji, Lulusan/Dosen UI/UGM yang telah berpengalaman terhadap materi dan soal seleksi masuk setiap PTN, Kedinasan dan PTS.
  • Menyediakan Asrama Gratis : Bagi siswa luar kota tidak perlu khawatir, Tersedia Asrama gratis yang nyaman.
  • Berpengalaman dan Sudah Terbukti : Berpengalaman sejak 1993 menjadi jaminan kualitas dan layanan, telah terbukti meluluskan Ratusan siswa masuk ke Perguruan Tinggi Pilihan.
  • Mempunyai Lingkungan Belajar Yang Nyaman : indonesia College juga mempunyai lingkungan belajar yang nyaman dengan Eksklusif Small Class di dalam ruang belajar yang luas, nyaman dan mempunyai AC di setiap ruangnya.
  • Tersedia Kelas Khusus Alumni (2018,2019) dan Kelas XII : Terdapat Kelas khusus Alumni SMA dan Kelas Khusus siswa kelas XII aktif agar dapat menyesuaikan kesibukan masing-masing.
  • Memberikan Tes Progresif Berkala : Tes Progresif akan diberikan kepada siswa untuk Monitoring perkembangan siswa dari progress kenaikan nilai siswa yang kemudian akan diberikan treatment yang sesuai.
  • Mempunyai Pelayanan Terbaik : Indonesia college siap membantu dan mendampingi para siswa dan siswi kami dengan sepenuh hati
  • Mempunyai Modul Cerdas : Modul yang berisi variasi soal-soal prediktif dan akurat, yang telah teruji dan tervalidasi disesuaikan dengan materi tes yang sebenarnya
  • Memberikan Konsultasi dan Pendampingan : Team Konsultan dan Pengajar akan siap selalu menerima permasalahan siswa terkait pembahasan dan pemecahan soal/materi yang belum difahami serta Memberikan strategi khusus kepada setiap personal siswa untuk memperbesar probabilitas diterima.
  • Memberikan Simulasi Dan Try Out Yang Sangat Akurat : para peserta bimbel Indonesia College juga akan di ebrikan simulasi Try Out yang sangat akurat dan menginterprestasikan soal tes yang sebenarnya agar para siswa dapat mengukur kemampuan siswa dan juga menambah jam terbang mereka.
  • Memberikan Tes TOEFL GRATIS : Indonesia Colleg juga memberikan para siswa atau siswinya tes TOEFL gratis agar dapat mengukur kemampuan mereka dalam bahasa inggris serta sebagai persiapan untuk menghadapi tes kedinasan, PTN dan juga PTS.
  • Mempunyai Program All in One : Program bimbel Kedinasan, PTN, dan PTS terlengkap.
  • Memberikan Fasilitas Extra : memberikan Disscus Room, Free Hotspot area, Cafetaria, Rest Area dan juga tempat ibadah.
  • Memberikan Materi Yang Lengkap : materi yang di berikan oleh para pemateri disesuaikan dengan variasi materi tes yang telah di uji dan di validasi .
  • Membuat laporan perkembangan para siswa siswinya : bimbel Indonesia College juga membuatkan laporan yang akan di berikan kepada para siswa siswinya untuk sebagai bahan evaluasi bersama dan untuk pengaturan strategi dan treatment yang palign di sukai dalam hal menunjang efektifitas belajar.

Biaya Dan Program Bimbel Kedinasan STMKG Indonesia College

Program PINSUS ( Program Intensif Khusus ) selama 2 pekan

  • Pendaftaran : Reguler ( Rp.1.000.000),  Special ( Rp.500.000), Excellent ( Rp.500.00) dan Excellent Plus (500.000).
  • Operasional : Reguler  (Rp.2.050.000), Special (Rp 2.300.000), Excellent (Rp 3.400.000) dan Excellent Plus ( Rp 4.500.000)
  • Bimbingan : Reguler (Rp 2.000.000), Special (Rp. 2.200.000), Excellent ( 2.400.000 ) dan Excellent Plus ( Rp 2.400.000)

Program Prinsipal ( Program Intensif Spesialis Alumni ) untuk 1 bulan atau 2 bulan

Untuk yang 1 bulan reguler :

  • Pendaftaran ( Rp.1.000.000)
  • Operasional (Rp 7.500.000)
  • Bimbingan (Rp 2.000.000 )

Untuk program 2 bulan Special

  • Pendaftaran ( Rp 2.000.000)
  • Operasional ( Rp 13.000.000)
  • Bimbingan ( Rp 2.200.000)

Untuk program 2 bulan Excellent

  • Pendaftaran ( Rp 2.000.000)
  • Operasional (Rp 16.000.000)
  • Bimbingan ( Rp 2.400.000)

Nah sampai disini dulu ya teman – teman jangan sampai usaha orang lain lebih besar dari pada usaha kalian, pastikan anda usaha semaksimal mungkin agar dapat masuk Kedinasan STMKG.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

STIS –  atau dengan nama lain Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang statistika dan...

6 Cara Sukses Masuk IUP Medicine UGM

6 Cara Sukses Masuk IUP Medicine UGM

IUP MEDICINE UGM - International Undergraduate Program (IUP) juga sudah tersedia di program studi kedokteran  Universitas Gadjah Mada (UGM). IUP Medicine UGM termasuk kedalam bagian dari FKKMK yang ada di UGM, yaitu Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan...

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

6 Tips Sukses Masuk STIS Terupdate

KEDINASAN STIS – bisa juga disebut dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini memiliki sebuah tujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di...

6 Tips Sukses Masuk PKTJ Terupdate

6 Tips Sukses Masuk PKTJ Terupdate

PKTJ TEGAL – PKTJ Tegal atau biasa juga di sebut dengan nama Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Perguruan Tinggi Kedinasan ini memiliki...

Kelebihan Masuk AKMIL Yang Harus Kalian Ketahui

Kelebihan Masuk AKMIL Yang Harus Kalian Ketahui

AKMIL – Akademi Militer atau biasa disebut dengan AMILMerupakan sebuah lembaga Perguruan Tinggi Kedinasan yang mencetak para TNI Angkatan Darat. Sekolah Kedinasan AKMIL sendiri berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan Nasional RI. Akademi Militer atau AKMIL...

6 Tips Sukses Masuk Kedinsan ATKP 2020

6 Tips Sukses Masuk Kedinsan ATKP 2020

KEDINASAN ATKP – Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau yang dikenal dengan ATKP merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Indonesia. Sekolah kedinasan ATKP memiliki tujuan untuk melaksanakan...

6 Tips Sukses Masuk Kedinasan PIP 2020

6 Tips Sukses Masuk Kedinasan PIP 2020

KEDINASAN PIP – bisa juga disebut dengan nama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bidang Pelayaran dan Kepelabuhan yang berada di kota Semarang. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan...

6 Tips Sukses Masuk STIP 2020

6 Tips Sukses Masuk STIP 2020

KEDINASAN STIP – Atau bisa disebut juga dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Dulunya dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran atau...

6 Tips Sukses Masuk STPI Terbaru

6 Tips Sukses Masuk STPI Terbaru

KEDINASAN STPI - Saat ini Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK tengah menjadi sebuah primadona baru di kalangan muda-mudi bangsa untuk melanjutkan studi ke tahap Perguruan Tinggi. STPI ataubisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia merupakan...