Semua Tentang Taruna Taruni STIN Yang Perlu Kalian Ketahui

oleh | Feb 25, 2020 | Blog | 0 Komentar

Halo teman – teman IC, pada artikel kali ini kita akan membahas semua hal tentang STIN yang perlu kalian semua ketahui. Kami akan memebahas dari sejarah, visi, misi hingga sampai persyaratan dan jadwal pelaksanaan seleksi Taruna Taruni STIN. Tentunya belum semua orang tau akan hal itu, jadi di sini kami akan memberikan informasi tersebut kepada kalian semua. STIN sendiri merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Intelijen Negara yang pertama kali di dirikan pada tahun 2004 dan berlokasi di Bogor, Jawab Barat, indonesia.

Sejarah Bedirinya Taruna Taruni STIN ini juga sangatlah menarik untuk di ketahui, berawal dari suatu pemikiran bahwa intelijen merupakan suatu ilmu disiplin yang bisa di pelajari. Maka tepatnya pada tahun 2002 Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal TNI (PURN) Dr.A.M. Hendropriyono memprakasai pendirian perguruan tinggi ini di dalam bidang Ilmu Intelijen. Teptanya pada tanggal 9 Juli 2003 persiden Indonesia meresmikan beridirinya Institut Intelijen Negara (IIN) di tahun 2004 di mulai dengan kuliah perdananya dan berubah menjadi STIN sesuai UU 17/2011 Alumni STIN menjadi sumber utama SDM BIN.

Berikut Visi Dan Misi STIN Yang Sangat Menarik

Visi dari STIN :

STIN mempunyai visi untuk menjadi pusat pendidikan terbaik di dalam penyediaan SDM Intelijen untuk BIN dan juga Instansi pemerintah lainya. Tidak Cuma itu STIN juga ingin menjadi pusat pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi intelijen.

Misi dari STIN :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan sarjana Intelijan yang mempunyai oreientasi pada keunggulan, kejujuran, karakter dan juga intergritas serta kewibawaan akademik yang selalu menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan, HAM, Demokrasi serta hukum dalam rangaka memberikan sumbangan kemajuan masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai loyalitas tinggi, mandiri, profesional, kompetitif dan jgua berakhlka mulia yang dapat memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan dengan menjunjung tinggi kode etik intelijen negara.
  3. Mengembangkan keilmuan pada bidang inteljen melalui kerjasama kemitran dengan berbagai pihak sesuai dengan pengembangan memenuhi kebutuhan pengetahuan intelijen yang luas dan ketrampilan berpikir analisis yang tajam serta keunggulan di dalam penyelidikan, pengamanan dan penggalangan baik di tingkat nasional dan internasional.
  4. Mengembangkan gagasan kreatif dan inovatif melalui kajian intelijen strategis yang ilmiah dan proses belajar dan mengajar aktif, sehingga dapat beradaptasi untuk mengantisipasi perubahan serta perkembangan ilmu, teknologi dan juga seni inteljien mutakhir berkelanjutan.

Yuk Mengenal Tugas, Fungsi dan Tujuan Dari STIN

Selanjutnya kita akan membahsa tugas dan fungsi dari STIN nih teman – teman IC, agar kalian semua yang akan mendaftar di STIN sudah tau apa tugas dan fungsinya. Berikut tugas dan fungsi STIN :

Tugas Dari STIN

Menyelenggarakan pendidikan akademik pada bidang intelijen dan dapat menyelenggrakan pendidikan profesi sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang – undangan

Fungsi Dari STIN                                                                                

  1. Melaksanakan dan pengembangan pendidikan pada bidang intelijen
  2. Pelaksanaan penelitian
  3. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat
  4. Pelaksanaan pembinaan sivitas akademika
  5. Pelaksanaan kegiatanpelayanan administrasi

Tujuan Dari STIN :

  1.  Mengambangkan Kurikulum aktual yang berbasis kompetensi
  2. Mengembangkan pengembangan program studi agen intelijen dan analisis intelijen, baik pada jenjang pendidikan ataupun perkembangan kajian dan kompetensi di agen dan analisis intelijen.
  3. Meningkatkan lulusan yang dapat bersaing internasional dan sesuai dengan kebutuhan di masyarakat.
  4. Meningkatkan kuantitas dan juga kualitas sarana dan prasarana akademik serta penunjanganya di dalam lingkungan kampus STIN.
  5. Mengembangkan sistem informasi akademik yang berbasi data dan teknologi informasi berupa LAN, Ethernet, dan juga internet. Sehingga para mahasiswa dapat melakukan pendaftaran ulang mengurus KRS dan melihat nilai secara online.
  6. Meningkatkan partisipasi sivitas akademika STIN dalam berbagai kegiatan, baik di dalam lingkup sekolah tinggi dalam cakupan lokal, nasional dan internasional.
  7. Mengembangkan jaringan kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak baik institusi negri ataupun swasta yang berskala lokal ataupun internasional.
  8. Menerapkan pengelolaan kelembagaan yang sinergis, efisian dan juga produktif dengan cara kerja dan manajemen yang profesional.
  9. Mengembangkan kepemimpinan yang transparan , konsisten dan juga selalu mengutamakan kebersamaan melalui partisipasi aktif, menyeluruh dan juga terbuka baik dari sivitas akademika dan melalui penguatan peran aktif unit – unit dasar.
  10. Bertujuan untuk meningkatkan apresiasi terhadap tenaga pendidik tenaga, kependidikan dan mahasiswa berbasis kinerja yang sesuai dengan peran dan juga tugas nya masing – masing.
  11. Untuk meningkatkan layanan kepada mahsiswa, baik di dalam hal layanan administrasi ataupun tersedianya layanan untuk menggunakan perangkatan teknologi dan mengakses informasi secara online dari berbagai sumber.
  12. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sivitas akedmika sesuai dengan peran dan juga tugas dan bidang garapanya masing – masing.

Sasaran Dan Strategi STIN Memang Terbaik

Berikut sasaran dari STIN :

  • Untuk terwujudnya kurikulum aktual yang berbasis kompetensi
  • Untuk terwujudnya pengembangan program studi agen intelijen dan juga analisis intelijen, baik pada jenjang pendidikan ataupun di dalam perkembangan kajian dan juga kompetensi pada agen dan analisis intelijen
  • Untuk tercapainya lulusan yang berdaya saing internasional dan sesuai dengan ekbutuhan masyarakat.
  • Untuk meningkatkan kuantitas dan juga kualitas sarana dan prasarana dalam akademik serta penunjanganya pada lingkungan kampus STIN
  • Untuk terbangungya sistem informasi akademik berbasi data dan juga teknologi iformasi yang berupa LAN, Ethernet dan internet sehingga para mahasiswa / mahasiswi dapat melakukan pendaftaran ulang atau mengurus KRS , dan melihat nilai secara online.
  • Untuk terwujudnya partisipasi sivitas akademika STIN di dalam berbagai kegiatan baik di dalam lingkup sekolah tinggi ataupun di dalam cakupan lokal, nasional dan juga internasional.
  • Untuk terjalinya jaringan kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak, baik institusi negri maupun swasta yang berskala lokal ataupun internasional.
  • Untuk terwujudnya pengelolaan kelembagaan yang sinergis, efisien dan juga produktif dengan carakerja dan manajemen yang sudah profesional.
  • Untuk terwujudnya kepemimpinan yang trasnparan konsisten dan juga mengutamakan kebersamaan melalui sebuah partisipasi aktif, yang menyeluruh, dan terbuka dari sivitas akademika dan melalui penguatan peran aktif unit – unit dasar.
  • Untuk terwujudnya apresiaisi terhadap tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang ebrbasis kinerja sesuai dengan peran dan juga tugasnya masing – masing.
  • Untuk terwujudnya layanan kepada mahasiswa, baik di dalam hal layanan administrasi maupun tersedianya layanan untuk emnggunakan perangkat teknologi untuk mengakses ebuah informasi secara online dan dari berbagai sumber.
  • Untuk terwujudnya kompetensi dan juga profesionalisme sivitas akedmika yang sesuai dengan peran dan tugas bidang garapanya.

Strategi dari STIN :

  1.  Penguatan peraturan : peraturan pemerintah tentang STIN atau peraturan presiden pada nomor 14/2009 ttg STIN, peraturan KaBIN tentang STIN ( rekrutmen calon mahasiswa, pembinaan mahasiswa, tenaga pendidik dan juga kependidikan ), Permenristekdikti tentang Statuta STIN, Perminristekdikti tentang Orktaker STIN.
  2. Penguatan pada Personil : penambahan personil ( tenaga pendidik dan juga kependidikan baik kuantitas atau kualitas ), status kepegawaian dan karir.
  3. Akreditasi Program Studi dan Institusi STIN, yang sesuai dengan standar BAN-PT
  4.  Penyempurnaan kurikulum yang merujuk ke kerangaka kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan juga standar mutu BAN-PT
  5. Penataan pada bidang akademis, administrasi, keungan dan juga SDM
  6. Sebahlangkah pembinaan dan juga pengasuhan mahasiswa untuk memantapkan kehidapan di area kampus
  7. Melakukan pengembangan sarana dan juga prasarana kampus dengan harapan pada 5 tahun kedepan, seluruh kegiatan belajar dan juga mengajar terdukung secara maksimal.

Alur Pendaftaran Jalur Umum STIN                                        

Jalur umum merupakan sebuah jalur penerimaan yang sudah di siapkan untuk para peserta seleksi yang telah memnuhi persyaratan umum seleksi penerimaan Taruna Taruni STIN Tahun kademik 2020/2021.

Prosedur Pendaftaran Menggunakan Portal SSCASN – BKN :

  1. Calon peserta seleksi harus masuk ke portal SSCASN https://sscasn.bkn.go.id
  2. Para calon peserta seleksi pilih menu Sekolah Kedinasan agar dapat masuk ke portal Sekolah Kedinasan,
  3. membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id.
  4. Calon peserta seleksi wajib mengunduh file buku petunjuk pendaftaran di menu Alur
  5. (https://dikdin.bkn.go.id/alur)
  6. Calon peserta seleksi melakukan resigtrasi di (https://dikdin-daftar.bkn.go.id/akun)
  7. Calon peserta seleksi harus memiliki akun e-mail aktif yang akan digunakan selama masa pendaftaran
  8. dan seleksi.
  9. Calon peserta seleksi melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah
  10. didaftarkan.
  11. Calon peserta seleksi memilih STIN, melengkapi biodata, dan memilih lokasi ujian. Calon peserta
  12. seleksi hanya boleh mendaftar di salah satu Instansi atau Lembaga Pendidikan Kedinasan, dan apabila
  13. mendaftar di dua lembaga atau lebih maka dinyatakan gugur.
  14. Calon peserta seleksi menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek resume dan mencetak bukti
  15. pendaftaran.
  16. Calon peserta seleksi akan mendapatkan link registrasi STIN berupa portal https://stin.ac.id/login
  17. melalui e-mail masing-masing dan resume bukti pendaftaran.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

STIS –  atau dengan nama lain Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang statistika dan...

6 Cara Sukses Masuk IUP Medicine UGM

6 Cara Sukses Masuk IUP Medicine UGM

IUP MEDICINE UGM - International Undergraduate Program (IUP) juga sudah tersedia di program studi kedokteran  Universitas Gadjah Mada (UGM). IUP Medicine UGM termasuk kedalam bagian dari FKKMK yang ada di UGM, yaitu Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan...

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

6 Tips Sukses Masuk STIS Terupdate

KEDINASAN STIS – bisa juga disebut dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini memiliki sebuah tujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di...

6 Tips Sukses Masuk PKTJ Terupdate

6 Tips Sukses Masuk PKTJ Terupdate

PKTJ TEGAL – PKTJ Tegal atau biasa juga di sebut dengan nama Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Perguruan Tinggi Kedinasan ini memiliki...

Kelebihan Masuk AKMIL Yang Harus Kalian Ketahui

Kelebihan Masuk AKMIL Yang Harus Kalian Ketahui

AKMIL – Akademi Militer atau biasa disebut dengan AMILMerupakan sebuah lembaga Perguruan Tinggi Kedinasan yang mencetak para TNI Angkatan Darat. Sekolah Kedinasan AKMIL sendiri berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan Nasional RI. Akademi Militer atau AKMIL...

6 Tips Sukses Masuk Kedinsan ATKP 2020

6 Tips Sukses Masuk Kedinsan ATKP 2020

KEDINASAN ATKP – Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau yang dikenal dengan ATKP merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Indonesia. Sekolah kedinasan ATKP memiliki tujuan untuk melaksanakan...

6 Tips Sukses Masuk Kedinasan PIP 2020

6 Tips Sukses Masuk Kedinasan PIP 2020

KEDINASAN PIP – bisa juga disebut dengan nama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bidang Pelayaran dan Kepelabuhan yang berada di kota Semarang. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan...

6 Tips Sukses Masuk STIP 2020

6 Tips Sukses Masuk STIP 2020

KEDINASAN STIP – Atau bisa disebut juga dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Dulunya dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran atau...

6 Tips Sukses Masuk STPI Terbaru

6 Tips Sukses Masuk STPI Terbaru

KEDINASAN STPI - Saat ini Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK tengah menjadi sebuah primadona baru di kalangan muda-mudi bangsa untuk melanjutkan studi ke tahap Perguruan Tinggi. STPI ataubisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia merupakan...