Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Seperti Apa Prospek Kerja Untuk Lulusan Jurusan Kehutanan? Cek Di Sini!

oleh | Okt 6, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Kehutanan – Jurusan Kehutanan merupakan studi yang mempelajari dan mengelola hutan dan perkebunan, serta sumber daya alam yang terkait. Di jurusan ini, kamu akan memahami dan mempraktikkan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan, serta pembangunan berkelanjutan.

Lulusan jurusan Kehutanan sangat dibutuhkan perannya, sehingga banyak prospek kerja untuk lulusannya. Kamu penasaran apa saja prospek kerja untuk lulusan jurusan Kehutanan? Yuk, cek satu per satu di bawah ini.

Mengenal Jurusan Kehutanan

Ilmu Kehutanan adalah studi yang mempelajari bagaimana mengelola sumber daya hutan, konservasi, dan ekologi restorasi, dan di bidang kebijakan dan perencanaan. Di jurusan Kehutanan, kamu akan mempelajari Ekologi, Biologi Konservasi, Ilmu lingkungan dan alam, Pembangunan berkelanjutan, Geografi, Kehutanan Kota, Perencanaan, dan masih banyak lainnya.

Sebagai mahasiswa Kehutanan, kamu juga akan mengkaji konsep kehutanan dan tujuan pengelolaan kehutanan serta strategi yang digunakan untuk menjaga kesehatan hutan, seperti reboisasi dan pelestarian.

Prospek Kerja Lulusan Kehutanan

Bekerja di Perusahaan Kehutanan

Bekerja di perusahaan kehutanan bertugas mengelola lahan untuk meningkatkan habitat satwa liar dan meningkatkan profitabilitas hutan. Profesi ini akan terlatih untuk mengembangkan dan menerapkan pengelolaan hutan untuk meningkatkan potensi pendapatan lahan sekaligus meningkatkan habitat satwa liar.

Tenaga Inventarisasi Hutan

Prospek kerja selanjutnya yaitu Tenaga Inventarisasi Hutan. Inventarisasi hutan akan menentukan lokasi kayu dan memperkirakan kuantitasnya berdasarkan spesies, potensi produk, ukuran, kualitas, atau karakteristik lainnya. Selain itu juga dapat dilakukan untuk pembebasan atau penjualan tanah, penjualan kayu, atau tujuan lainnya.

Bekerja di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Prospek kerja selanjutnya yaitu bekerja di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Bekerja di kementerian ini bertugas untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Baca juga Mari Berkenalan dengan Jurusan Kehutanan, Tertarik untuk Masuk?

Konsultan Kehutanan

Konsultasi kehutanan adalah proses di mana para ahli memberikan saran dan bimbingan tentang cara terbaik untuk mengelola dan merawat lahan hutan. Layanan ini sangat membantu dalam menjaga hutan yang sehat dan berkelanjutan serta mencegah deforestasi. Konsultan kehutanan juga dapat memberikan saran tentang pemanenan kayu, reboisasi, dan pengelolaan taman.

Analis SIG

Analis SIG adalah mapmaker yang menggunakan teknologi Geographic Information System (GIS) untuk menyajikan informasi spasial dalam format digital. Mereka mengumpulkan data geografis, mengatur data dari gambar dan survei dan memperbarui peta yang ada.

Analis SIG biasanya memfokuskan karir mereka pada pembuatan peta, analisis, atau pengembangan perangkat lunak SIG. Beberapa analis SIG menggabungkan pembuatan peta dengan area lain, seperti perencanaan kota dan riset pasar.

Tenaga Ahli Sertifikasi Hutan

Sertifikasi hutan adalah proses di mana pihak ketiga yang independen (pemberi sertifikasi) menilai kualitas pengelolaan hutan dan produksi terhadap serangkaian persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya oleh organisasi sertifikasi publik atau swasta. Hutan sertifikasi, dan pelabelan terkait merupakan cara untuk memberi tahu konsumen tentang keberlanjutan hutan dari mana kayu dan hasil hutan lainnya dihasilkan.

Semoga artikel Seperti Apa Prospek Kerja Untuk Lulusan Jurusan Kehutanan? Cek Di Sini! di atas memberikan kamu referensi terkait prospek karir untuk lulusan Kehutanan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!