Sering Diremehkan, Ini Keunggulan Kuliah di UT

oleh | Nov 6, 2023 | Blog, PTN | 0 Komentar

Kuliah di UT – Saat lulus SMA, pasti rata-rata kamu ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang bergengsi, kan? Mungkin untuk sekelas UT masih banyak sekali yang meremehkan. Padahal UT atau Universitas Terbuka menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki mahasiswa terbanyak di dunia, lho! Penyebarannya sangat merata di banyak wilayah di Indonesia.

7 Keunggulan Kuliah di UT

Walaupun seringkali bangunannya tidak berdiri sendiri, atau bisa dikatakan menumpang di gedung lain, tapi ada banyak keunggulan yang sangat bisa kamu pertimbangkan. Seperti:

1.    Waktu Belajar Fleksibel

Pertama, mereka yang memutuskan kuliah di UT adalah yang rata-rata tidak memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan dengan jadwal yang normal. Hal ini bisa disebabkan karena ada aktivitas lain seperti diharuskan bekerja atau lainnya.

Perguruan tinggi ini menyediakan solusi untuk mereka dengan membuka kelas malam dengan program ekstensi. Jadi nantinya akan tetap ada pertemuan kelas tatap muka di jam malam. Dengan begitu perkuliahan ini tidak akan mengganggu waktu bekerja.

Baca juga: Cara Belajar Anak Kuliah yang Efektif, Auto Jadi Mahasiswa Berkualitas!

2.    Universitas Negeri

Masih banyak yang belum tahu kalau UT ini sudah jadi perguruan tinggi negeri, lho! Universitas terbuka ini didirikan dan diresmikan pada 4 September 1984 oleh pemerintah. Tujuannya sendiri adalah untuk mengatasi keterbatasan daya tampung di perguruan tinggi.

3.    Biaya Kuliah Terjangkau

Kedua, kamu yang terhalang melanjutkan pendidikan karena faktor ekonomi wajib mempertimbangkan UT ini. Untuk sekelas perguruan tinggi negeri banyak sekali yang menerapkan biaya semester yang terbilang mahal. Hal ini sangat disayangkan karena jadi memberatkan mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Nah sedangkan untuk UT ini menjadi PTN yang biaya kuliahnya jauh lebih terjangkau. Biasanya besaran biaya akan menyesuaikan dengan program yang kamu pilih. Kalau kamu memilih pembelajaran online, maka tidak akan dikenakan uang pangkal atau uang gedung.

4.    Bisa Jarak Jauh

Inovasi ini sebenarnya sudah banyak diterapkan di banyak kampus. Tapi untuk sekelas PTN belum banyak yang menggunakan sistem pembelajaran ini. Rata-rata pihak swasta dengan penyediaan kelas karyawan yang juga menerapkan pembelajaran jarak jauh.

Jadi meskipun nantinya kamu berasal dari wilayah yang berbeda dengan UT yang didaftar, kamu tetap bisa melakukan PJJ atau pembelajaran jarak jauh yakni dengan online. Untuk sistem ujiannya juga akan dilakukan online, menggunakan ujian berbasis online proctoring.

5.    Tidak Ada Batasan Umur

Tidak hanya masa sekolah saja yang menerapkan batasan umur, ada juga perguruan tinggi yang menerapkan hal ini dengan usia maksimal sekian tahun setelah lulus SMA/SMK/Sederajat. Ini semakin menjadi batasan dan penghalang untuk melanjutkan kuliah bagi orang yang baru memiliki kesempatan.

Nah, untuk Universitas Terbuka ini tidak memiliki batasan usia. Jadi bisa menjadi solusi untuk kamu yang kemungkinan dituntut untuk bergelar S1.

6.    Tidak Ada Skripsi

Skripsi menjadi beban yang terasa menakutkan bagi sebagian mahasiswa. Hal ini juga menjadikan banyak orang berpikir ulang karena tidak sedikit mahasiswa semester akhir yang memutuskan berhenti padahal hanya tinggal menyelesaikan skripsi.

Uniknya, di UT ini tidak ada yang namanya skripsi. Terus diganti apa? Nantinya kamu akan menghadapi ujian TAP yaitu ujian uraian yang akan berisi pertanyaan untuk menjawab kemampuan analisis mahasiswa untuk suatu kasus.

7.    Sistem Pembelajaran Lebih Banyak (Diploma, Sarjana dan Pasca-Sarjana)

Tidak cuma Sarjana, UT juga menyediakan program diploma dan juga pasca-sarjana untuk S2 dan S3. Ada banyak sekali pilihan jurusan yang bisa kamu sesuaikan. Untuk yang diploma contohnya ada jurusan kearsipan (D4) dan perpajakan (D3).

Untuk pasca-sarjananya juga ada banyak jurusan, seperti: Magister studi lingkungan, Magister Manajemen Perikanan, Magister Administrasi Publik, Magister Pendidikan Dasar, Doktor Ilmu Manajemen, Doktor Administrasi Publik dan banyak lagi lainnya.

Bagaimana, masih meremehkan yang kuliah di UT? Nyatanya keunggulan di atas tidak bisa diremehkan, ya. Tertarik untuk masuk UT?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…