Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Simak! 7 Prospek Kerja untuk Lulusan Jurusan Geografi

oleh | Mei 10, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Geografi – Geografi menjadi salah satu jurusan yang cukup kurang diminati namun prospek kerjanya cukup luas. Jurusan ini fokus mempelajari hal yang berhubungan dengan tata ruang penggunaan dan penempatan tanah serta permukaan bumi.

Jurusan Geografi ruang lingkupnya luas karena jurusan ini menggabungkan ilmu fisik dan ilmu sosial. Bagi kamu yang menyukai bidang kebumian, jurusan ini bisa menjadi pilihan untukmu melanjutkan studi. Yuk, simak apa saja prospek kerja untuk lulusan Geografi berikut ini.

Apa Itu Jurusan Geografi?

Geografi adalah ilmu yang berhubungan dengan deskripsi permukaan bumi. Geografi merupakan bidang multi-disiplin yang mempelajari pola dan fenomena spasial. Di jurusan ini kamu akan mengkaji bentuk permukaan bumi dan proses perubahannya.

Geografi adalah studi tentang tempat dan hubungan antara orang-orang dan lingkungan sekitarnya. Jurusan ini juga menyangkut pemahaman tentang dinamika budaya, masyarakat ekonomi, dan lingkungan. Di jurusan ini, kamu juga dibekali pengetahuan untuk merancang model aplikasi penginderaan jarak jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG).

Baca juga Masuk Rumpun IPA dan IPS, Yuk, Kenali Apa Itu Jurusan Geografi!

Prospek Kerja Geografi

Jurusan Geografi termasuk jurusan yang memiliki cukup banyak prospek kerja yang luas. Lulusan Geografi memiliki peranan penting dalam beberapa aspek pekerjaan. Berikut beberapa prospek kerja untuk lulusan jurusan ini.

Perencana Tata Kota

Profesi ini dituntut untuk memiliki keahlian yang berkaitan dengan perencanaan wilayah atau tata kota. Kamu bisa bekerja di instansi pemerintah yang berhubungan dengan perencanaan tata kota. Perencana Tata Kota bertugas untuk mengatur tata kota sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi warga.

Kartografer

Kebutuhan meningkat seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. Apalagi kemajuan teknologi sudah semakin maju, peta digital lebih sering digunakan. Pada era ini banyak dikembangkannya teknologi peta digital dan proses pembuatannya dilakukan oleh Kartografer.

Peneliti

Kamu bisa menjadi peneliti di bidang terkait dan bekerja di lembaga penelitian seperti LIPI, LAPAN, atau BPPT. Terlebih kamu bisa menyumbangkan hasil penelitian dalam bidang kelingkungan. Sebagai peneliti, kamu akan terlibat melakukan riset, penelitian lapangan, dan menulis laporan.

Bekerja di Lembaga Manajemen Lingkungan

Kamu yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan bisa bekerja di lembaga Manajemen Lingkungan. Profesi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan milik pemerintah maupun swasta untuk menangani berbagai masalah lingkungan yang terjadi. Berbagai masalah lingkungan yang ada diperlukan ahli penilaian lingkungan dan analis lingkungan yang handal.

Staf BMKG

Profesi selanjutnya yaitu Staf BMKG yang banyak diminati oleh lulusan jurusan Geografi. BMKG membutuhkan ahli yang memiliki kemampuan khusus dalam mengetahui segala cuaca dan menganalisisnya. Kamu dapat turut berperan dalam pengawasan kondisi lingkungan dan berkontribusi ke masyarakat.

Tenaga Pendidik

Jika kamu ingin mengabdikan diri pada bidang pendidikan, bisa memilih karir sebagai tenaga pendidik. Peluang untuk menjadi tenaga pendidik Geografi sangat luas, kamu bisa menjadi guru atau dosen. Jika berminat sebagai dosen, kamu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan mendapat gelar master.

Bekerja di Lembaga Manajemen Bencana

Indonesia merupakan wilayah yang rentan bencana alam seperti banjir, longsor, gempa bumi, dan gunung meletus. Karena indonesia merupakan wilayah yang rawan terdampak bencana alam, dibutuhkan ahli yang bekerja di lembaga mitigasi bencana nasional. Sebagai lulusan jurusan ini, kamu bisa memanfaatkan ilmu untuk menjadi bagian dari tim yang menanggulangi bencana serta meminimalisir dampak ketika bencana terjadi.

Itulah Simak! 7 Prospek Kerja untuk Lulusan Jurusan Geografi. Kesempatan pekerjaan untuk lulusan Geografi  ternyata cukup banyak dan menjanjikan. Apakah kamu semakin yakin untuk kuliah di jurusan ini? Semoga artikel ini membantu kamu terkait peluang kerja lulusan Geografi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!