Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Simak Beberapa Beasiswa di Universitas Brawijaya yang Bisa Kamu Ikuti

oleh | Jun 21, 2022 | Blog, PTN | 0 Komentar

Beasiswa UB – Universitas Brawijaya (UB) merupakan salah satu PTN yang banyak peminatnya. Banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di UB. UB juga menyediakan beragam beasiswa untuk mahasiswa berprestasi maupun kurang mampu yang bersumber dari instansi pemerintah dan non-pemerintah. 

Beasiswa di UB ditawarkan oleh berbagai lembaga dengan keuntungan yang berbeda-beda. Kampus ini juga menyediakan beasiswa untuk berbagai jenjang. Kamu tertarik untuk mendapatkan beasiswa? Yuk, cek informasinya di bawah ini!

Beasiswa Unggulan

Program Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa dalam negeri untuk mahasiswa S1, S2, dan S3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menawarkan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi bagi masyarakat Indonesia. Beasiswa Unggulan termasuk beasiswa penuh yang menanggung sebagian besar keperluan studi.

Para peserta yang dapat mengikuti program ini adalah calon mahasiswa (mahasiswa baru) yang sudah mendapatkan surat keterangan lulus di perguruan tinggi atau mahasiswa yang baru melaksanakan perkuliahan di semester 1 dan belum mendapatkan KHS atau mahasiswa on-going yang sudah memulai perkuliahan maksimal semester 3 untuk semua jenjang.

Untuk melihat pengumuman yang berkaitan dengan pengajuan permohonan Beasiswa Unggulan lengkap dengan persyaratan dan panduannya, kamu bisa kunjungi laman https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.

Beasiswa Tanoto

PROGRAM TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan) adalah inisiatif dari Tanoto Foundation berupa beasiswa kuliah dan pelatihan kepemimpinan untuk mahasiswa S1 semester 1 yang berkuliah pada perguruan tinggi mitra Beasiswa Tanoto. Peserta yang dapat mengikuti program TELADAN adalah mahasiswa semester pertama dari perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation yang mempunyai skill, prestasi, serta potensi untuk menjadi pemimpin yang unggul, cakap, dan bertanggung jawab.

Untuk melihat pengumuman yang berkaitan dengan pengajuan permohonan Beasiswa Tanoto lengkap dengan persyaratan dan panduannya, kamu bisa kunjungi laman https://tanotofoundation.org/id/

Baca juga UAD Punya 3 Jalur Seleksi Beasiswa, Simak di Sini!

Beasiswa Djarum

Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship) yang dikenal sebagai Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia. Selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum (penerima program Djarum Beasiswa Plus) juga mendapatkan berbagai macam pelatihan soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure.

Untuk melihat pengumuman yang berkaitan dengan pengajuan permohonan Beasiswa Djarum lengkap dengan persyaratan dan panduannya, kamu bisa kunjungi laman https://djarumbeasiswaplus.org/

Beasiswa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristedikti). Beasiswa PPA diberikan dan ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air. Beasiswa ini dimaksudkan bisa membantu biaya pendidikan mahasiswa demi kelancaran studi.

Penerima beasiswa PPA akan mendapatkan Rp400.000/bulan dan akan dibayarkan langsung untuk 1 semester (6 bulan) sebesar Rp.2.400.000 dan langsung diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Kuota beasiswa tidak sama tiap semester, tergantung pemberian dari Kemenristekdikti yang akan disampaikan melalui surat tertulis kepada perguruan tinggi penerima.

Tujuan Pemberian Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik):

  • Meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
  • Meningkatkan prestasi mahasiswa baik dalam akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler.
  • Menjamin Penyelesaian studi mahasiswa tepat waktu.

Beasiswa LPDP

Beasiswa Reguler LPDP ditujukan bagi setiap WNI yang telah lulus S1/D4 atau lulusan S2 dan ingin lanjut studi ke jenjang master maupun doktor. Beasiswa S2 LPDP reguler bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan studi S2 di dalam maupun luar negeri, begitu pun beasiswa S3 reguler LPDP.

Beasiswa LPDP adalah beasiswa penuh, sehingga semua kebutuhan studi, seperti biaya kuliah, biaya hidup, biaya keberangkatan dan kepulangan akan ditanggung oleh LPDP. Selain itu, biaya seperti tunjangan keluarga (khusus doktoral), tunjangan buku, tunjangan tesis/disertasi, seminar, publikasi jurnal, visa, hingga asuransi kesehatan juga akan disediakan. Ada pula fasilitas lain semisal biaya pendaftaran ke universitas, tunjangan kedatangan, hingga dana keadaan darurat.

Beasiswa LPDP sendiri termasuk salah satu beasiswa prestasi. Pelamar harus memiliki kemampuan akademik yang unggul serta mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat. Untuk universitasnya LPDP menetapkan Daftar Universitas Tujuan LPDP. Pelamar bisa memilih universitas yang diminati dari daftar yang telah ditetapkan tersebut.

Untuk melihat pengumuman yang berkaitan dengan pengajuan permohonan Beasiswa LPDP lengkap dengan persyaratan dan panduannya, kamu bisa kunjungi laman https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/home

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di UB, Simak Beberapa Beasiswa di Universitas Brawijaya yang Bisa Kamu Ikuti di atas. Semoga kamu bisa mendapatkan salah satu beasiswa di atas. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Seleksi Beasiswa Calon Mahasiswa Baru Universitas Pertamina Tahun 2022/2023 | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Simak Beberapa Beasiswa di Universitas Brawijaya yang Bisa Kamu Ikuti […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!